First Impression LaFerarri Aperta

Ferrari memang sering memberi hadiah di setiap ulang tahunnya. Pada ulang tahun yang ke-40, mereka meluncurkan Ferrari F40. Tak berhenti, di ulang tahunnya yang ke-50, mereka pun menghadiahi dirinya dengan Ferrari F50. Dan kini di ulang tahunnya yang ke-70, Ferrari meluncurkan LaFerrari Aperta.

Kado ulang tahun kali ini bisa dibilang paling spesial. Mengapa? Karena Ferrari membuat versi spesial dari LaFerrari. Jadi jika LaFerrari saja sudah sangat spesial, layak rasanya jika LaFerrari Aperta ini menyandang status super-spesial.

KARTU KREDIT, KARTU KREDIT CIMB, KARTU KREDIT MEGA, TIRTO.ID, asuransi mobil murah, harga mobil terbaru, kecantikan wanita, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS,

Lantas apa saja perbedaan dengan versi ‘standar’ LaFerrari? Jika diperhatikan, perbedaan paling terlihat adalah, penggunaan atap terbuka pada LaFerrari Aperta.

Pada mobil ini, atapnya menggunakan bahan kanvas yang diikat oleh sebuah rangka. Proses buka-tutup atapnya terbilang mudah, dengan hanya melepas dua buah pengait di ujung pilar A. Saat terlepas, Anda bisa melipatnya dan menyimpan di bagasi depan. Selain itu, ubahan yang cukup terlihat adalah sudut bukaan pintunya. Bukaan butterfly door Aperta, lebih sempit dari LaFerrari standar.

Ternyata, penggunaan atap terbuka, menuntut banyak ubahan di LaFerrari Aperta. Sistem rigiditas sasis ditingkatkan, agar Aperta punya torsion rigidity yang sama baiknya dengan LaFerrari. Selain itu, arah embusan uap panas dari radiator depan juga diarahkan ke kolong mobil. Mengapa? Karena jika tetap diarahkan ke atas, penumpang di kabin akan terganggu dengan uap panas, khususnya saat atap sedang terbuka.

Karena uap panas dialirkan ke bawah, vortex generator juga diset lebih rendah dari LaFerrari untuk menjamin downforce tetap baik.

Oh ya, terdapat pula deflector berbentuk L pada sudut kaca bagian atas. Komponen ini berfungsi untuk meminimalkan turbulensi udara saat atapnya terbuka. Jadi, meski hanya mengubah konstruksi atap, banyak ubahan teknis dilakukan pada LaFerrari Aperta.

Secara keseluruhan, sulit rasanya jika Anda tidak suka dengan desainnya. Desain LaFerrari Aperta, seolah membuat Ferrari lainnya terlihat biasa saja.

Bagaimana soal mesin? Unitnya masih sama dengan LaFerrari. Mesin ini menjadi proyek paling ambisius yang pernah dilakukan tim insinyur di Maranello. Unit V12 6.262 cc, berpadu dengan motor listrik. Ya, LaFerrari Aperta mengusung mesin hybrid, atau bernama HY- Kinetic Energy Recovery System (HY-KERS).

Tapi tidak seperti rivalnya, McLaren P1 atau Porsche 918 Spyder, LaFerrari Aperta tidak bisa hanya mengandalkan motor listriknya untuk menggerakkan mobil. Salah satu alasannya, para insinyur Ferrari tidak tertarik untuk mengembangkan mobil elektrik.

Seperti mobil hybrid lain, LaFerrari juga dibenamkan baterai. Jumlahnya mencapai 120 cell yang dirangkai menjadi 8 modul. Bobot baterainya diklaim hanya seberat 60 kg saja. Energi listrik untuk mengisi baterai bisa diperoleh dari dua cara. Regenerative braking, dan saat mesin bakar memproduksi terlalu banyak torsi saat tidak diperlukan. Alih-alih ditransfer ke roda, torsi berlebihan itu lantas dikonversi jadi energi listrik, untuk kemudian disimpan pada baterai.

Loading...