Home Berita Patung Raksasa di Kelenteng Tuban Ditutup Kain Putih

Patung Raksasa di Kelenteng Tuban Ditutup Kain Putih

24

Gema Rakyat – Menyusul polemik soal perizinan, patung dewa raksasa di Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban ditutup dengan kain putih. Suasana di Tuban tetap kondusif.

Patung dewa Khong Co Kwan Sing Tee Koen di komplek Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban menghabiskan dana sekitar Rp 2,5 milyar. Patung ini terpaksa ditutup dengan kain putih karena masalah perizinan yang belum beres.

Proses penutupan patung berlangsung pada Sabtu sore (5/8/2017). Penutupan disaksikan pihak pengurus kelenteng serta dibantu dari beberapa petugas dari Satpol PP, BPBD, PMK Kabupaten Tuban dan juga terlihat petugas polisi bersama mobil patrolinya serta petugas dari Kodim Tuban.

Kain putih panjang disiapkan dan dijahit. Proses penutupan menggunakan crane untuk mengangkat kain putih yang nantinya menyelubungi patung.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussain saat dikonfirmasi detikcom, membenarkan adanya proses penutupan monumen patung yang sedang ramai diperbincangkan semua kalangan. Proses penutupan menggunakan kain itu memang inisiatif dari pihak kelenteng setelah ditegur oleh Pemkab Tuban karena belum terbit izin IMB-nya.

“Saya tidak di lokasi, cuma tadi yang kasih kabar kalau mau ada penutupan patung. itu inisiatif pihak kelenteng. Yang jelas kita sudah menegur, untuk masyarakat Tuban kondusif meski di luar ramai bahas ini, ya karena warga Tuban itu sebenarnya baik,” tegas Wabup Tuban Noor Nahar Hussain melalui sambungan telepon.

Terpisah, Kapolres Tuban juga membenarkan adanya proses penutupan patung yang dilakukan oleh pihak kelenteng. Namun Polisi hanya melakukan pengamanan dan pengawasan saja agar Tuban tetap kondusif.

” Kita hanya patroli dan pengamanan dari pintu gerbang depan saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, Alhamdulillah sebenarnya masyarakat Tuban itu kondusif dan baik baik saja,” jelas AKBP Fadli Samad kepada detikcom. [Gema Rakyat / dtk]

Loading...