Home Otomotif Peter Hackett: Mengemudi Tidaklah Sederhana

Peter Hackett: Mengemudi Tidaklah Sederhana

1
SHARE

Peter Hackett
Chief Driving Instructor Mercedes-AMG GmbH

Teknologi keselamatan mobil memang semakin berkembang. Mulai dari rem anti mengunci, hingga mobil yang kini bisa melaju tanpa perlu sopir. Teknologi keselamatan jelas dikembangkan atas satu tujuan utama, yaitu mencegah terjadinya kecelakaan.

Namun, sebaiknya pengemudi tidak boleh hanya mengandalkan teknologi keselamatan seutuhnya. Peran pengemudi jauh lebih vital dan tidak bisa menggantikan peran fitur keselamatan.

Loading...

Sebagai contoh, fenomena aquaplaning yang sangat mungkin terjadi di musim hujan seperti saat ini. Aquaplaning adalah situasi dimana ban mengambang di atas aspal, karena menerjang genangan air. Saat aquaplaning, fitur electronic stability control dan traction control jadi tidak berguna. Hal ini dikarenakan ban yang tidak bersentuhan dengan aspal.

Hal penting lain yang sering diabaikan adalah soal pengereman. Pengereman itu memindahkan bobot ke depan mobil, agar ban depan bisa mendapat footprint lebih besar untuk memaksimalkan pengereman. Jika pengereman dilakukan secara mendadak dan brutal, tidak ada perpindahan bobot dan bisa berbahaya meski mobil sudah pakai rem anti mengunci.

"Pengemudi tidak boleh hanya mengandalkan teknologi keselamatan."

 

 

369/98(14-27Jun2017)