Tes Produk Multi Wrench Bisa Buat Segala Ukuran

Mungkin sebagian orang masih awam dengan yang namanya multi wrench. Sebuah perangkat yang kegunaannya mirip dengan adjustable wrench. Sebenarnya sebelum multi wrench hadir, adjustable wrench atau yang lebih dikenal dengan sebutan kunci inggris sudah lebih populer.

KARTU KREDIT, KARTU KREDIT CIMB, KARTU KREDIT MEGA, TIRTO.ID, asuransi mobil murah, harga mobil terbaru, kecantikan wanita, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS,

Dari sisi kepraktisan dan kegunaan memang mirip. Namun, adjustable wrench punya kelemahan jika penempatannya tidak presisi baut atau mur bisa aus.

Saat ini di pasar banyak ditemukan multi wrench atau kunci yang bisa mengencangkan atau mengendurkan baut dan mur hanya dengan satu kunci. Di beberapa multi wrench bahkan tidak hanya difungsikan untuk baut atau mur yang memiliki ukuran segi enam, tapi juga bisa berfungsi untuk membuka baut L. Bahkan, bisa berfungsi maksimal untuk mengendurkan baut atau mur yang aus.

Kami menguji 5 model kunci segala ukuran yang ada di pasar untuk mengetahui siapa yang terbaik.

Uolima Heavy Duty

Multi Wrench

Rating : 5 bintang [BEST BUY]
Harga : Rp 100.000
Rentang ukuran kunci: 9-22 mm
Dimana Mendapatkannya : Jl. Tegalan 1 No. 40, Matraman, Jakarta Timur

Soal keprakitsan, alat ini bisa dijadikan andalan. Memiliki rentang ukuran luas antara 9 mm hingga 22 mm, dimensi yang kecil membuatnya tidak menyita banyak ruang serta ringan ketika dibawa atau disimpan.

Cara penggunaannya juga terbilang mudah, cukup letakkan lubang kunci di antara mur atau baut lalu tinggal tarik ke arah Anda akan membuka atau mengencangkan baut. Nantinya lubang tersebut akan mengikuti ukuran baut ketika dikencangkan. Harganya pun terbilang terjangkau untuk ukuran kunci yang memiliki rentang ukuran luas.

Uolima Tools

Uolima Tools

Rating : 2 bintang
Harga : Rp 200.000
Rentang ukuran kunci: 9-32 mm
Dimana Mendapatkannya : Jl. Tegalan 1 No. 40, Matraman, Jakarta Timur Telp. (021) 51182247

Salah satu kelebihan produk ini, rentang ukuran yang sangat luas. Dalam kemasannya terdiri dari dua kunci yang bisa membuka mur atau baut dari ukuran 9 mm sampai 32 mm.

Bahkan, kelebihan kunci ini bisa membuka baut atau mur yang sudah aus hingga baut L yang memiliki bentuk bulat karena di setiap anak kunci terdapat gerigi yang menjadi tahanan di baut.

Sayangnya dari sisi kualitas karet pegangan tampak kurang rapi. Karet gagangnya juga terbilang keras. Ditambah harganya paling mahal di antara keempat produk lainnya.

Maxpower

Multi Wrench

Rating : 2 bintang
Harga : Rp 168.000
Rentang ukuran kunci: 12-19 mm
Dimana Mendapatkannya : PT Multindo Sejahtera, Jl Raya Perancis 77, Ruko A–12 Tangerang, Banten

Bila dilihat dari bentuknya, kunci ini menyerupai socket wrench yang dijadikan satu. Terdapat delapan ukuran, mulai dari 12 mm hingga 19 mm dengan masing-masing empat ukuran di setiap sisinya.

Secara material, sebenarnya kualitas Maxpower ini sangat baik. Sayangnya ukuran yang terbatas serta harganya cukup tinggi di antara yang lain. Tidak hanya itu, alat ini hanya bisa digunakan untuk baut atau mur yang masih memiliki kualitas yang baik. Bila sudah aus akan sulit menggunakan alat ini.

Steel-Celik

Multi Wrench

Rating : 4 bintang
Harga : Rp 95.000
Rentang ukuran kunci: 9-32 mm
Dimana Mendapatkannya : Glodok Elektronik, BSD Plaza Jl. Raya Serpong, Banten

Dari segi bentuk, sebenarnya produk ini sama seperti Uolima Tools. Tapi produk ini memiliki kualitas jauh lebih baik. Pertama dari sisi material karet pegangan yang lebih lembut.

Selain itu, finishing dari produk ini lebih presisi dengan karet yang dibuat rapi. Pegangan pada bagian yang menyerupai paruh juga terbilang rapat dan presisi. Harganya juga ada di rentang menengah serta rentang kunci yang lebih luas. Tidak heran jika kami merekomendasikan produk ini.

Sellery

Multi Wrench

Rating : 3 bintang [RECOMENDED]
Harga : Rp 70.000
Rentang ukuran kunci: 17-27 mm
Dimana Mendapatkannya : PT Jameson Jumbo Permai, Jl. Meruya Ilir Raya, Taman Kebon Jeruk A2 No. 1, Jakarta Barat

Bentuknya yang seperti huruf Y, awalnya cukup meragukan apakah alat ini bisa digunakan untuk mengendurkan atau mengencangkan baut. Tapi faktanya alat ini sangat meyakinkan ketika digunakan. Baut atau mur sangat mudah ketika dikencangkan atau dikendurkan menggunakan alat ini.

Gagangnya yang terbuat dari material karet sangat ergonomis ketika dipegang meski sedikit licin ketika digenggam. Finishing-nya juga terbilang baik dengan harga yang paling terjangkau.

How We Tested

Untuk uji ketangguhan dari kunci berbagai ukuran ini, pertama tentu saja kami tes soal kenyamanan dari ergonomika gagang. Karena dari masing-masing kunci menggunakan material berbeda yakni besi maupun karet.

Selanjutnya yang kami tes yaitu kualitas material dan buatan. Berkat kepresisian dan desainnya akan baik dan mantap ketika digunakan. Yang tidak kalah penting yaitu harga karena harga murah tak berarti murahan, dan mahal belum tentu lebih baik secara kualitas.

 

 

368/74-77(31Mei-13Jun2017)

Loading...