Home Berita Waspada Jebakan Betmen! Jonru: Postingannya Anti Jokohok & Pro Islam, Sebenarnya Penyusup

Waspada Jebakan Betmen! Jonru: Postingannya Anti Jokohok & Pro Islam, Sebenarnya Penyusup

50

Gema Rakyat – Kabar hoax yang beredar tentang Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang tengah berenang membuat penggiat sosial media Jonru ikut berkomentar. Ia mencurigai akun @ICM212 yang mengunggah foto tersebut lantaran diketahui saat ini Ahok sedang menjalani hukuman atas kasus penistaan agama.

Jonru menilai, akun yang menyebar hoax tersebut, memposting foto Ahok yang lama tapi di dalam keterangan foto seolah mendapatkan perlakuan khusus saat ditahan di Mako Brimob. Oleh karena itu, ia mengimbau agar yang berseberangan dengan Jokowi-Ahok untuk lebih waspada dan jangan mudah percaya terhadap berita yang diposting akun anonim.

Hal itu ia sampaikan melalui akun media sosial facebook miliknya. Berikut pernyataan lengkap Jonru terkait berita hoax tantang Ahok yang sedang berenang.

Seperti Inilah Cara Kerja JEBAKAN BETMEN di Sosmed

Ada akun-akun tertentu di sosmed, umumnya anonim, rutin bikin posting-posting anti jokohok. Lalu sesekali mereka posting info hoax. Tapi kita mengira itu info valid, sebab selama ini mereka selalu bikin posting yang isinya pro kita.

Karena itu, tanpa pikir panjang kita pun segera men-share info tersebut. Dan bisa ditebak, kubu sebelah pun segera menuduh kita tukang hoax. Seperti itulah cara kerja JEBAKAN BETMEN di sosmed. Mereka dengan sengaja membuat akun-akun anonim, yang posting-postingnya anti jokohok dan pro Islam. Namun sebenarnya itu cuma akun penyusup, yang tujuannya agar kita percaya pada info apapun yang mereka sebarluaskan.

Contohnya adalah akun @ICM212 di Twitter yang beberapa hari lalu men-share foto Ahok berenang. Fotonya sih asli, kejadian tahun 2014. Namun si @ICM212 ini menambahkan info hoax, bahwa katanya itu adalah foto terbaru Ahok di sebuah pantai pribadi, di mana Ahok yang berstatus narapidana kok bisa bebas berkeliaran seperti itu.

Saya mulai curiga si @ICM212 ini akun penyusup, setelah melihat:

1. Dia justru ngeyel dan ngeles, merasa tidak bersalah ketika banyak orang berkata bahwa foto itu hoax.

2. Dia juga mengejek saya. Ini tentu aneh. Jika dia memang pro Islam, seharusnya dia tidak bersikap seperti itu.

3. Saya sudah “mendamprat” dan menasehati dia di Twitter. Namun setelah dua hari berlalu, dia belum merespon, dan belum ada tweet baru apapun dari dia.

Jadi teman-teman sekalian, WASPADALAH !!!

Jangan terlalu lugu. Jangan terlalu mudah percaya pada akun apapun di medsos – khususnya akun anonim – yang isi posting-postingnya pro Islam dan Anti Jokohok. Bisa saja mereka cuma penyusup, yang salah satu tugas mereka adalah menyebarluaskan hoax jebakan betmen.

Waspadalah!!! [Gema Rakyat / jnc]

Loading...