Home Dunia Islam 10 Keutamaan Surat Al-Waqiah

10 Keutamaan Surat Al-Waqiah

77
keutaman surat al-waqiah
Loading...

Surah al waqiah mempunyai banyak keutamaan al waqiah bila dibanding dengan surat lain, walau tiap surat dalam al quran tentu memilikinya juga seperti keutamaan ar rahman. Nah, apa saja sih keutamaan surah al waqi’ah? Mari kita simak sedetailnya jadi berikut ini :

1. Surah Waqiah jadi pengingat kuasa Allah dan menaikkan Iman

Keutamaan surat al waqiah yang pertama terdapat dalan kandungan surah waqiah itu sendiri, salah satunya yaitu kalau Allah yang berkuasa didunia dan akhirat dengan tidak ada seseorangpun yang tau kapan terjadinya hari qiyamat. dari itu, sebaiknya kita bisa menaikkan keimanan kita dengan menghayati pembacaan surat waqiah bersama berarti.

2. Surah al Waqiah bisa jadi pelindung dari kefakiran

Keutamaan sural al waqiah ke dua yaitu menjadi pelindung dari kekafiran. Seperti yang diriwayatkan Abu Ubaid :

Abdullah bin Mas’ud Rodiyallahu Anhu berkata : “saya mendengar nabi bersabda : ‘barang siapa membaca surah al waqi’ah tiap malam, ia tidak juga akan tertimpa kefakiran selama-lamanya. ’ Ibnu Masud berkata, “aku sudah memerintahkan anak perempuanku membacanya tiap malam. ” (H. R. Abu Ubaid dalam Fadhoil Al quran)

dari itu, banyak beberapa orang muslim memiliki pendapat kalau Al Waqiah bisa memperlancar rizki kita berdasarkan hadits di atas.

3. Surah Waqi’ah di baca Nabi Muhammad ketika subuh

Keutamaan surat al waqiah berikutnya yaitu surat al waqiah menjadi surat yang dibaca oleh nabi Muhammad ketika subuh. Seperti yang diterangkan dalam hadits sohih :

Jabir bin Samurah rodhiyallahu Anhu berkata : “sholat yang dikerjakan Nabi Muhammad seperti solat yang kalian lakukan sekarang. Tetapi kadang-kadang beliau memperingannya. Sholat yang beliau lakukan lebih ringan dari solat kalian. Dalam shalat subuh terkadang beliau membaca surah al waqi’ah serta yang semacamnya. ”

4. Surah Waqiah bisa menghindari kita dari sifat lupa

Rasulullah sempat bersabda : “barang siapa yang membaca surat al Waqi’ah, ia juga akan dicatat tidak termasuk pada seorang yang lupa. ”

Hadits ini diriwyatkan oleh Ubay bin Ka’ab.

Al waqi’ah yaitu surat yang berisi keadaan alam akhirat, amat paling utama sekali bila al waqi’ah yaitu jadi pengingat kita supaya kita tidak lupa sepanjang hidup didunia.

5. Pengingat juga akan kematian

Kematian kita tidak bisa kita pahami, serta tidak juga bisa kita pahami selesai khusnul khotimah atau demikian sebaliknya. dari itu, untuk tetap melindungi iman kita serta terlindung dari kekafiran, kita sebaiknya membaca surah Al Waqi’ah dengan hati yang terbuka hingga kita bisa mengingat kematian serta melakukan perbaikan diri saat sebelum kematian itu tiba.

6. Al Waqiah buat rambut Rasulullah beruban

Ibnu Abbas rodliyallahu anhu berkata : Abu Bakar Ash-Shiddiq rodliyallahu anhu berkata pada Nabi Muhammad SAW : “wahai Rasulullah, engkau sudah beruban. ” Beliau berkata : “aku beruban karna surah Hud, Al Waqi’ah, al Mursalat, an Naba’, serta at takwir. ”

7. Mengetahui sifat penghuni surga

Dalam syarah Tafsir Ibnu Katsir diterangkan kalau Allah berfirman seraya memberitahu mengenai beberapa orang yang paling dahulu masuk surga serta didekatkan kepadaNya, kalau mereka yaitu sekumpulan besar dari beberapa orang terdahulu, serta beberapa kecil dari beberapa orang yang hidup paling akhir. Beberapa ulama memiliki pendapat kalau yang disebut yaitu firman Allah dalam surah al Waqi’ah “tsullatum minal awwaliin, (13) wa qoliilun minal aalkhiriin (14) ”. Rasulullah bersabda :

“sesungguhnya saya amat mengharapkan kalian jadi seperempat penghuni surga. ”

8. Ketahui keindahan sifat Surga

Jelas sekali kalau ada beberapa ayat dalam surah al Waqiah yang menerangkan secara gamblang mengenai sifat-sifat keindahan surga seperti pada ayat 27 s/d 40. Di antara ayat-ayat itu yaitu “wa dzillim mamduud. (30) ” yang berarti serta naungan yang terbentang luas.

Lantas Imam Bukhori juga meriwayatkan dari Abu Hurairah yang di sampaikan pada Nabi Muhammad, beliau bersabda : “sesungguhnya didalam surga ada sebatang pohon, (bila) orang yang berkendaraan jalan dibwahnya selam seratus th., ia tetap ada dibawah naungannya serta tidak sempat berhasil mengalahkannya. Bila kalian berkehendak, bacalah –wa dzillim mamduud-. ” (H. R. Muslin serta At Tirmidzi)

Serta banyak sekali lagi sifat keindahan surga yang diterangkan dalam surah Al Waqi’ah.

9. Mengetahui sifat neraka

Pada ayat 41 hingga 56 demikian sebaliknya diterangkan mengenai sifat-sifat neraka dengan gamblang. Seperti ayat : “fi samuumiin wa khamiim (42), wa dhillim min yakhmuum (43) ” yang atrinya : “dalam (siksaan) angin yang amat panas serta air yang mendidih (42), serta dalam naungan asap yang hitam (43). ”

Bila kita membacanya dengan hati yang terbuka, tanpa merasa tubuh kita juga akan bergetar karna takut juga akan siksa Allah.

10. Pengingat atas kebenaran Al Quran

Keutamaan surat al waqiah yang terahir yaitu sebagai pengingat atas kebenaran Al-Qur’an. Diakhir surat Al-Waqiah, banyak kalimat tanya seperti “afaroaytumun Naarolladzi tuuruun (71), a antum ansya’tum syajarotahaaaa am nahnul munsyiuun (72), ” yang berarti : “maka, terangkanlah kepadaku mengenai api yang anda nyalakan (dari gosokan-gosokan kayu) (71), anda kah yang jadikan kayu itu, atau Kami kah yang membuatnya? (72) ”

Masya Allah, kalimat yang indah membuat kita tersadar. Masih banyak kalimat-kalimat begini dalam surah al Waqiah yang bisa mengingatkan kita atas kebenaran Al Quran serta kebenaran Allah Tuhan sekalian alam.

Dalam ayat 77 juga dijelaskan “wainnahu laquranun kariim” yang berarti “sesungguhnya Al Quran ini adalah bacaan yang amat mulia (77). ” Ayat-ayat sesudahnya juga menerangkan kalau Al Quran tidak bisa disentuh terkecuali oleh orang yang suci, serta banyak lagi ayat yang membuat kita makin percaya kalau Allahlah yang menurunkan Al Quran dan kalau al Quran adalah kalam Ilahi yang tidak ada banding keindahannya didunia ini.

Sekian beberapa keutamaan Al Waqiah yang diharapkan bisa membuat kita makin menyukai al quran, makin bertambah iman, makin rajin melaksankan beribadah pada Allah, serta lain sebagainya. Apa pun ibadah yang kita lakukan dengan ikhlas, Insya Allah juga akan hasilkan keutamaan-keutamaan untuk diri kita. Seperti membaca surah Al Waqiah baik saat malam ataupun siang hari. Wallahu A’lam.

Loading...