4 Tips Memilih Sepatu Olahraga Terbaik

  • 2 min read
  • Nov 10, 2020
4 Tips Memilih Sepatu Olahraga Terbaik

Untuk menunjang aktivitas harian terutama bagi yang memiliki hobi olahraga, sepatu memiliki fungsi yang sangat penting. Sepatu kini bukan hanya sekedar alas kaki akan tetapi juga sudah menjadi trend fashion. Jika Anda penggemar sepatu atau senang memakai sepatu maka penting untuk mengetahui tentang tips memilih sepatu olahraga terbaik.

Di pasaran Anda akan dengan mudah menemukan berbagai macam sepatu yang modelnya sangat beragam. Sepatu olahraga adalah salah satu yang banyak digemari karena sangat nyaman digunakan serta cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai macam outfit.

Bagi pecinta olahraga memang sepatu ini menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung hobi mereka. Selain itu sepatu olahraga sebenarnya bukan hanya bisa dipakai ketika olahraga saja akan tetapi juga bisa dipakai untuk berbagai macam kegiatan lain. Pickybest Indonesia akan membantu anda untuk memilih sepatu olahraga terbaik yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memilih Sepatu Olahraga

Ada beberapa tips memilih sepatu olahraga yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan sepatu olahraga yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah tips-tipsnya:

1. Memahami Perbedaan Jenis Sepatu

Hal yang pertama adalah Anda harus mengetahui tentang perbedaan jenis sepatu yang ada. Banyak orang yang masih belum memahami tentang perbedaan antara sepatu training, sepatu casual dan juga sepatu untuk lari.

Perlu untuk diketahui bahwa sepatu olahraga di desain berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Desain dari sepatu untuk olahraga lari tentu akan jauh berbeda dengan sepatu untuk olahraga sepak bola.

Jenis sepatu yang pertama yaitu sepatu training. Sepatu ini biasanya memiliki desain yang sangat nyaman apabila digunakan untuk melakukan olahraga di tempat fitnes atau gym. Kelenturan dari sepatu ini tidak perlu diragukan. Desainnya yang begitu nyaman dan memiliki alas anti slip membuatnya sangat nyaman dipakai ketika melakukan training di tempat fitnes.

Sepatu berikutnya yaitu sepatu running yang desain nya sangat lentur dan dibuat sangat nyaman apabila dipakai untuk berlari. Bahan yang digunakan untuk membuat sepatu running juga sangat kuat akan tetapi ringan agar pengguna bisa leluasa dalam bergerak.

Jenis sepatu yang terakhir yaitu sepatu casual yang desainnya terlihat sporty akan tetapi lebih mengutamakan pada desain tampilan.

2. Memilih Sepatu Berdasarkan Fungsinya

Tips menentukan sepatu terbaik berikutnya Anda perlu untuk memilih sepatu berdasarkan dari fungsi atau kebutuhan Anda. Setelah mengetahui perbedaan yang selanjutnya tinggal memilih apakah ingin membeli sepatu training atau sepatu running.

Apabila Anda ingin menggunakan sepatu tersebut ketika berolahraga di jalanan maka sepatu lari atau sepatu running adalah pilihan yang tepat. Sepatu running sendiri bisa dibagimen jadi beberapa jenis lagi misalnya saja sepatu trail running, road running dan juga cross training.

3. Membeli Sepatu dengan Ukuran Tepat

Tips berikutnya adalah memilih sepatu yang memiliki ukuran sesuai dengan kaki Anda. Banyak orang yang lebih senang untuk menggunakan sepatu dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran kaki. Hal ini karena ketika memakai sepatu biasanya juga memakai kaos kaki.

Ukuran sepatu yang terlalu pas dikhawatirkan membuat kaki mendapatkan tekanan yang lebih terutama apabila Anda memakai kaos kaki. Ukuran kaki di sore hari hingga malam hari juga cenderung lebih besar karena aktivitas seharian.

Kekeliruan dalam memilih ukuran sepatu misalnya saja terlalu kecil atau terlalu besar membuat sepatu kurang nyaman apabila dipakai untuk berolahraga.

4. Memilih Sepatu Sesuai Kemampuan Gerak

Tips memilih sepatu yang terakhir adalah sebaiknya memilih sepatu yang disesuaikan dengan kemampuan gerak. Semakin aktif serta semakin berat jenis olahraga yang dilakukan, jenis sepatu yang sebaiknya dipilih adalah sepatu yang nyaman dan kuat.

Beberapa rekomendasi sepatu olahraga yang bisa Anda pilih antara lain seperti Nike Tanjun, Eagle Aero Running Shoes, Adidas Duramo 9, Phoenix Women Voleta dan lain sebagainya. Demikian beberapa informasi tentang tips memilih sepatu olahraga yang bisa dilakukan. Semoga artikel dari kami dapat memudahkan Anda untuk memilih sepatu olahraga terbaik.