Home Dunia Islam 5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah

5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah

50
keutamaan bulan dzulhijjah
Loading...

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang istimewa, karna dibulan ini seluruh orang melakukan rukun Islam yang ke-5. Tidak cuma itu, nyatanya bulan Dzulhijjah mempunyai keutamaan, terlebih pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Hadits Rasulullah SAW :
” Tidak ada hari-hari yang lebih agung di bagian Allah serta lebih disenangi-Nya untuk dipakai jadi tempat beramal seperti 10 hari ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah). Karena itu perbanyaklah pada hari-hari itu bacaan tahlil, takbir, serta tahmid, ” (HR. Ahmad)

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Berikut ini keutamaan dari 10 hari pertama bulan Dzulhijjah :

1. Saat yang paling disayangi Allah SWT untuk manusia beramal.

Beramal ini bermacam memiliki bentuk, dari mulai berikan sedekah pada anak yatim, ataupun memberi sumbangan untuk pembangunan masjid, dan lain-lain. Tidak hanya itu disarankan untuk perbanyak tahlil, takbir serta tahmid.

2. Saat yang mulia.

Dapat dikatakan saat yang mulia, karna pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah semua mal shalih yang dikerjakan adalah yang paling penting diambil oleh Allah SWT.
Seperti dalam satu hadits :
“Tidak ada hari-hari di mana amal shalih di dalam hari itu lebih disayangi oleh Allah dari pada hari-hari ini yaitu hari-hari 10 pertama bulan Dzulhijjah-. Teman dekat ajukan pertanyaan : “Ya Rasulullah, apa tidak juga jihad fi sabilillah? ”. Rasulullah menjawab : “Tidak juga jihad fi sabilillah, terkecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwanya serta hartanya, lantas tidak kembali dengan suatu hal apapun”. (HR. Abu Daud, At-Turmidzii serta Ibnu Majjah).

3. Ada hari Arafah didalamnya.

Hari Arafah adalah hari di mana beberapa jamaah haji diwajibkan lakukan wukuf, karna wukuf adalah puncak beribadah haji.
Mengenai untuk orang yang tidak melakukan beribadah haji disunnahkan untuk berpuasa.
Karna puasa pada hari arafah mempunyai keutamaan yang besar yaitu bisa menghapus dosa sepanjang dua th., setahun di awal serta setahun selanjutnya.

4. Proses beribadah haji.

Puncak beribadah haji terjadi pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah persisnya tanggal 8, 9, serta 10 Dzulhijjah.

5. Berkumpulnya semua beribadah yang besar.

Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini dikatakan bulan yang istimewa karna pada saat ini semua induk-indul beribadah terjadi pada 10 hari pertama bulan ini.
Seperti salat, puasa, sedekah, serta haji.

Mengenai berpuasa di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah mempunyai keutamaan yakni :

Hari Ke-1

Yaitu hari dimana Allah swt mengampuni dosanya Nabi Adam AS.
Siapa saja berpuasa pada hari itu, Allah swt juga akan mengampuni semua dosanya.

Hari Ke-2.

Yaitu hari dimana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus AS dengan mengeluarkannya dari perut ikan.
Siapa saja berpuasa pada hari itu seakan-akan sudah melaksanakan ibadah sepanjang setahun penuh tanpa melakukan perbuatan maksiat sedikit juga.

Hari Ke-3.

Yaitu hari di mana Allah SWT mengabulkan doa nabi Zakaria.
Siapa saja berpuasa pada hari itu, Allah juga akan mengabulkan semua dosanya.

Hari Ke-4.

Yaitu hari di mana Nabi Isa AS dilahirkan.
Siapa saja berpuasa pada hari itu juga akan terlepas dari kesengsaraan serta kemiskinan.

Hari Ke-5.

Adalah hari di mana Nabi Musa AS dilahirkan.
siapa saja yang berpuasa pada hari itu juga akan terlepas dari kemunafikan serta azab pendam.

Hari Ke-6.

Yaitu hari di mana Allah SWT buka pintu kebajikan untuk nabi-Nya, siapa saja berpuasa pada hari itu juga akan dilihat oleh Allah SWT dengan penuh rahmat serta tidak juga akan di azab.

Hari Ke-7.

Adalah hari ditutupnya pintu jahannam serta tidak juga akan di buka saat sebelum hari ke-10 lewat.
Barangsiapa berpuasa pada hari itu, Allah juga akan tutup tiga puluh pintu kemelaratan serta kesukaran dan juga akan buka 30 pintu kesenangan serta keringanan.

Hari Ke-8.

Adalah hari tarwiyah, siapa saja berpuasa pada hari itu juga akan peroleh pahala yang tidak di ketahui besarnya terkecuali oleh Allah SWT.

Hari Ke-9.

Adalah hari Arafah, siapa saja berpuasa pada hari itu puasanya jadi tebusan dosanya satu tahun waktu lalu serta satu tahun mendatang.

Hari Ke-10.

Yaitu hari Raya Idul Adha, siapa saja menyembelih qurban, pada tetesan pertama darah qurban diampunkan dosa-dosanya serta dosa anak-anak dan dosa istrinya.

Demikianlah 5 Keutamaan bulan dzulhijjah, Semoga kita dapat mengamalkan ibadah-ibadah tersebut di bulan dzulhijjah. Sehingga kita bisa mendapatkan keutaman-keutamaan bulan dzulhijjah.

Loading...