5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Efektif Mengatasinya

  • 2 min read
  • Mar 25, 2021
Penyebab Rambut Rontok

Salah satu masalah yang sepertinya hampir pernah dialami oleh semua orang adalah rambut rontok. Kerontokan rambut ini bisa dialami oleh siapa saja, baik yang muda ataupun tua. Jumlah rambut rontok yang dialami setiap orang itu berbeda beda. Ada yang beberapa helai rambut saja, namun ada juga yang mengalami kerontokan parah.

Rambut rontok tentu akan merusak penampilan karena membuat rambut tampak tipis hingga yang terparah mengalami kebotakan. Lantas, apa sebenarnya penyebab rambut rontok dan bagaimana cara efektif untuk mengatasinya? Temukan jawabannya dengan menyimak penjelasan penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya dibawah ini :

  1. Faktor Genetik

Ternyata masalah rambut rontok bisa disebabkan faktor genetic bawaan orang tua. Jika kedua orang tuamu memiliki riwayat rambut rontok, maka risiko kerontokan rambut ini juga semakin besar. Kerontokan rambut yang terjadi secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia juga termasuk penyebab dari sisi genetik.

  1. Stres Berlebih

Kondisi mental seseorang juga turut berpengaruh pada kondisi kesehatan rambut. Jika kamu sedang banyak masalah hingga stress maka berpotensi lebih besar mengalami kerontokan rambut. Namun, biasanya rambut rontok karena stress ini sifatnya hanya sementara saja. Karena ketika pikiran serta suasana hatimu mulai membaik, kondisi rambutmu juga akan turut normal kembali.

  1. Kekurangan Vitamin Dan Protein

Makanan juga mempengaruhi kondisi kesehatan rambut. Ketika kamu kekurangan vitamin B dan protein, maka bisa dialaminya masalah rambut rontok. Protein dan vitamin merupakan salah satu pembangun utama sel sel tubuh. Jika asupan vitamin dan protein kurang, maka struktur rambut akan melemah, mudah rontok, hingga terhambatnya pertumbuhan rambut.

  1. Perawatan Rambut Yang Salah

Perawatan rambut yang salah juga penyebab rambut rontok yang terjadi karena kebiasaan perawatan rambut yang biasa dilakukan. Hal yang paling sering dilakukan adalah keramas setiap hari.

Kebiasaan tersebut bisa membuat rambut kehilangan minyak alami sehingga membuat rambut kering dan rapuh juga mudah rontok. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah penggunaan produk styling rambut seperti hair dryer, catokan, serta hair gel. Terlalu sering mencatok bisa berpotensi tinggi merusak kutikula rambut sehingga menyebabkan kerontokan rambut.

  1. Gangguan Kelenjar Tiroid

Jika kamu mengalami gangguan kelenjar tiroid seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, maka kamu juga berpotensi mengalami kerontokan rambut. Pasalnya, kelenjar tiroid ini tidak bisa berfungsi maksimal atau justru berlebihan dalam memproduksi hormone metabolism tubuh. Hal tersebut menyebabkan kuku, kulit, juga rambut menjadi lemah sehingga patah atau rontok.

  1. Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Ketika kamu mengalami rambut rontok, jangan terburu buru panik. Pasalnya, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, seperti :

  • Menggunakan sampo khusus untuk mengatasi rambut rontok.
  • Tidak keramas setiap hari.
  • Harus menjaga pola makan.
  • Menghindari stress berlebihan.
  • Hindari juga terlalu sering menggunakan produk styling rambut.

Selain cara cara diatas, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok yaitu menggunakan bahan bahan alami. Salah satunya adalah memanfaatkan lidah buaya. Memang sudah lama tanaman lidah buaya ini dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan rambut. Kandungan alami pada lidah buaya bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Sekarang, kamu sudah tahu kan penyebab dan penanangan rambut rontok yang efektif?