Jerawat adalah masalah besar pada wajah. Selain bisa membuat minder, jerawat juga bisa meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang mata. Masalah pada wajah ini bisa dialami baik oleh pria maupun wanita.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan wajah secara permanen. Salah satunya adalah dengan mengunjungi klinik dan melakukan pemencetan. Namun, pemencetan sering mengakibatkan luka yang membuat kulit wajah terlihat tidak rata. Menjalani perawatan dokter juga tidak murah.

Cara yang paling murah, aman, dan ampuh sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Anda tinggal mengumpulkan beberapa bahan yang bisa ditemukan di sekitar kita. Apa saja bahan-bahannya? Yuk, kita simak di bawah ini.

  1. Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut, ternyata lidah buaya juga sangat bagus untuk menghilangkan jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan untuk membasmi jerawat secara permanen. Anda hanya perlu menghaluskan gel atau daging lidah buaya dan mengaplikasikannya pada bagian wajah yang terkena jerawat. Diamkan selama 20 hingga 30, lalu bilas dengan air.

  1. Bawang Putih

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan sulfur pada bawang putih dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Cukup potong-potong satu siung bawang putih menjadi lembaran tipis dan tempelkan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan.

  1. Air Lemon atau Jeruk Nipis

Air yang terkandung pada buah citrus, seperti seperti lemon dan jeruk nipis terkenal sebagai obat jerawat karena mengandung asam askorbat-L. Air jeruk ini bisa terlalu asam untuk kulit yang bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, diamkan air jeruk yang telah dioles pada jerawat tidak lebih dari 15 menit, kemudian bilas. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan cara ini.

  1. Madu

Madu yang sering dipakai sebagai pengganti gula yang sehat ternyata mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti bakteri. Dengan demikian, jerawat yang disebabkan oleh bakteri bisa disembuhkan dengan madu. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada jerawat. Diamkan hingga 30 menit sebelum dibilas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkuminoid yang berkhasiat mengobati kulit yang meradang. Anda bisa membuat pasta kunyit dengan mencampur bubuk kunyit dengan air dan mengaplikasikannya pada jerawat. Anda juga bisa menggunakan parutan kunyit dan air perasan kunyit.

  1. Minyak dan Susu

Minyak dapat membuat jerawat cepat matang dan mengering. Oleskan minyak zaitun atau minyak alami lainnya pada jerawat. Lakukan selama beberapa hari hingga jerawat mengering. Setelah kering, jerawat biasanya berubah menghitam, gunakan susu untuk memudarkan warna hitam tersebut untuk memperoleh kulit wajah yang mulus.

  1. Cuka Apel

Cuka apel yang biasa digunakan dalam diet sehat ternyata mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Ambil 1-2 sendok cuka apel dan aplikasikan pada jerawat menggunakan kapas. Diamkan selama 2-5 menit kemudian bilas hingga bersih.

Jika cara-cara di atas dirasa ribet, Anda bisa menggunakan Collaskin Facial Cleanser dari NASA. Produk yang bagus ini dipakai dan disukai oleh banyak wanita Indonesia.