8 Cara Supaya Hp Tidak Cepat Panas

  • 3 min read
  • Dec 29, 2020
Cara Supaya Hp Tidak Cepat Panas

Di masa sekarang ini siapa sih yang tidak suka mengotak-atik hp? Banyak yang sampai lupa waktu karena sibuk bermain hp. Tapi terkadang kita juga merasa kesal jika tiba tiba hp terasa panas.

Temperatur yang tiba tiba naik tentu menjadi penyebab kenapa hp kita menjadi panas. Sebenarnya ketika hp terasa hangat bukanlah hal yang mengkhawatirkan, karena itu salah satu efek dari bekerjanya sistem hp tersebut. Akan tetapi jika panas yang dihasilkan sudah sangat berlebihan, maka itu sudah menjadi masalah yang harus diperhatikan.

Semakin panas hp yang kita gunakan, maka bisa mengakibatkan hp kita semakin lemot. Untuk itu kalian perlu mengetahui beberapa tips android seperti yang dibahas oleh junesia.com supaya hp kalian tidak lemot.

Supaya hp kalian tidak cepat panas, maka lakukanlah beberapa cara seperti yang berikut ini:

1. Gunakan Charger Original

Terlalu sering menggunakan hp maka akibatnya baterai hp tersebut akan semakin cepat habis. Karena baterai yang cepat habis, maka kita pun akan semakin sering mengisi daya baterai hp kita.

Tahu kah kalian jika terlalu sering menggunakan charger, maka kualitas dari charger tersebut akan menurun, akibatnya charger akan cepat rusak. Jika charger kalian rusak, beli lah charger yang original. Karena jika menggunakan charger yang “abal-abal” bisa mengakibatkan hp cepat panas.

2. Jangan Menggunakan Hp Ketika Sedang Mengisi Daya

Masih berkaitan dengan charger hp, tips berikutnya yaitu jangan memainkan atau menggunakan hp ketika sedang mengisi daya. Sebaiknya kalian hindari hal tersebut karena bisa berdampak juga kepada baterai hp, yang akibatnya akan membuat hp menjadi cepat panas.

3. “Istirahatkan” Hp Sejenak

Sering kali kita lupa waktu saat menggunakan hp, apalagi jika sedang bermain game maupun streaming youtube. Karena terlalu lama hp “bekerja” maka akibatnya hp tersebut menjadi panas. Untuk itu kalian perlu menghentikan sejenak aktivitas kalian dari penggunaan hp.

4. Tempatkan Hp di Tempat yang Dingin

Saat hp sudah terasa sangat panas maka sebaiknya kalian jangan memainkan hp tersebut. Sebaiknya kalian letakkan hp tersebut di tempat yang dingin, seperti lantai atau di ruangan yang ber ac. Hal ini dimaksudkan supaya temperatur hp tersebut cepat kembali normal.

5. Gunakan Aplikasi Pendingin Hp

Untuk menjaga hp supaya tidak cepat panas, maka ada baiknya kalian menggunakan aplikasi pendingin pada hp kalian. Ada banyak aplikasi pendingin yang bisa kalian dapatkan dari google play store, diantaranya seperti Super Cooler-CPU, Cool Master, EaseUS Coolphone, dan sejenisnya.

6. Gunakan aplikasi Penghapus File Sampah

Terjadinya overheating pada hp tidak hanya dipengaruhi oleh faktor eksternal saja, namun bisa juga karena faktor internal, seperti banyaknya file sampah pada hp kita. Jika kalian terlalu lama membiarkan file sampah menumpuk, maka ini akan berakibat pada RAM hp yang menyebabkan Hp cepat panas.

Maka dari itu sebaiknya kalian rutin membersihkan file sampah dari hp kalian. Untuk melakukannya bisa coba menggunakan aplikasi Ccleaner atau sejenisnya yang bisa kalian dapatkan dengan mudah dari playstore.

7. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ketika membuka sebuah aplikasi maupun game di hp, setelahnya kita langsung menekan tombol home untuk menutupnya. Akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya menutup aplikasi yang telah digunakan, aplikasi tersebut masih tetap bekerja di belakang layar.

Untuk itu setelah kalian selesai menggunakan aplikasi, sebaiknya kalian tekan juga tombol Recent App untuk mengetahui aplikasi mana saja yang masih terbuka. Setelah itu kalian tekan hapus untuk menghentikan semua aplikasi tersebut secara otomatis.

8. Hindari Cahaya Matahari Secara Langsung

Tahu kah kalian jika hp mampu menangkap cahaya dan panas dari matahari yang kemudian menyimpan panas tersebut di dalam hp? Ya, jika kalian membiarkan hp terkena cahaya matahari secara langsung maka bisa dipastikan hp kalian akan cepat panas. Untuk itu kalian perlu mengamankan hp dari cahaya matahari supaya hp tidak cepat panas.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya hp yang digunakan tidak cepat panas. Untuk itu rawatlah hp kalian supaya tidak ceppat panas berdasarkan tips yang telah kami sebutkan di atas. Terima kasih dan selamat mencoba.