Home Otomotif Alasan Toyota Indonesia Tetap Pakai Airbag Takata Meski Bermasalah

Alasan Toyota Indonesia Tetap Pakai Airbag Takata Meski Bermasalah

46

Tidak hanya menyerang mobil di mancanegara, airbag merek Takata yang bermasalah, juga mengancam keselamatan pengguna mobil di Indonesia. Salah satunya PT Toyota Astra Motor (TAM) yang secara resmi mengumumkan recall mobil Toyota tertentu, yang menggunakan airbag bermasalah dari Takata.

Masalah yang terjadi adalah, potensi terlontarnya serpihan logam yang dapat membahayakan saat airbag penumpang bagian depan mengembang. Jika terjadi kecelakaan, airbag tersebut bukannya melindungi penumpang, melainkan dapat melukai pengendara.

Kasus bermasalahnya airbag Takata, tidak hanya terjadi sekali dan tidak hanya menyerang Toyota. Airbag Takata juga pernah menimbulkan masalah dan menuntut PT Honda Prospect Motor untuk recall Honda Accord.

Loading...

Kalau masih bermasalah, kenapa masih tetap pakai airbag Takata?

“Memilih vendor untuk komponen yang ada pada mobil Toyota bukanlah kebijakan kami, melainkan dari negara asal Toyota, yaitu Jepang. Namun kami dapat memastikan bahwa Toyota telah berkordinasi dengan Takata untuk memperbaiki kerusakan tersebut agar tidak berakibat fatal, dan Toyota masih menggunakan komponen dari Takata untuk sistem airbag-nya.” Ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM)

Agung Budiwicaksana, selaku kepala bengkel Auto2000 Kelapa Gading pun menambahkan, airbag yang digunakan untuk proses recall masih dari Takata, namun dengan beberapa pembaruan yang dapat dipastikan sudah tidak lagi ada masalah. "Maka dari itu, segera datangi dealer Toyota untuk perbaikan dan mencegah Anda dari ancaman keselamatan," tutup Agung.

Source link

Loading...