Apa Itu Online Banking? Simak Beserta Fungsinya!

  • 3 min read
  • Jun 21, 2021
Online Banking

Teknologi yang berkembang kian pesat, memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya yaitu keberadaan online banking di bidang keuangan. Bukan hanya nasabah yang memperoleh efisiensi serta efektifitas dari kehadiran teknologi tersebut. Namun, begitu juga dengan lembaga keuangan yang meluncurkannya.

Kenali Pengertian Online Banking

Online banking adalah teknologi yang memungkinkan kegiatan atau transaksi perbankan yang berbasis digital atau dilakukan secara digital. Masyarakat lebih mengenal ini sebagai mobile banking atau m-banking dimana aktivitas perbankan dijalankan melalui aplikasi yang dihadirkan oleh bank penerbit.

Perangkat yang digunakan untuk mengakses layanan ini yaitu smartphone atau ponsel pintar. Anda hanya perlu memastikan bahwa memiliki koneksi internet untuk mengunduh dan menginstall aplikasinya. Setelah aplikasi m banking telah terpasang, maka Anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan hanya dengan ujung jari.

Sebut saja seperti aktivitas transfer, pembelian pulsa ataupun token listrik, pembayaran tagihan PDAM, bahkan melakukan mutasi rekening. Semua aktivitas perbankan tersebut dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa harus menyita banyak waktu maupun tenaga.

Banyak Fungsi Online Banking

Setelah memahami definisi atau pengertiannya, kini kita beralih ke fungsinya. Ada beberapa fungsi dari layanan ini, yang akan memberikan Anda banyak kemudahan juga keuntungan. Berikut adalah fungsi dari layanan digital banking ini:

  1. Layanan Transfer dan Top Up Digital Wallet

Dengan layanan digital banking atau mobile banking, Anda bisa melakukan transfer antar bank maupun top up saldo dompet digital. Semua bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui smartphone Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu keluar rumah atau meninggalkan pekerjaan untuk mengantri di bank.

  1. Melakukan Pembayaran

Dengan layanan perbankan digital ini, Anda juga bisa melakukan pembayaran berbagai macam tagihan dengan lebih praktis dan mudah. Sebut saja tagihan listrik, PDAM, kartu kredit, BPJS dan juga asuransi swasta. Selain itu, melalui layanan ini Anda juga bisa melaksanakan kewajiban sebagai wajib pajak yaitu membayar pajak.

  1. Memberikan Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang dimaksud di sini adalah seperti mutasi rekening dan juga pemberitahuan atau notifikasi terkait aktivitas transaksi keuangan Anda. Anda tidak perlu lagi pergi ke bank untuk melakukan print out buku tabungan. Lebih hemat waktu juga tenaga bukan?

  1. Update Informasi Bank Penerbit

Layanan digital banking atau online banking juga memberikan informasi terkini terkait program yang tengah diadakan oleh bank penerbit tersebut. Dari layanan ini, Anda juga dapat memperoleh informasi lokasi mesin ATM maupun kantor cabang terdekat.

Untuk bisa merasakan berbagai fungsi di atas, sebelumnya Anda harus pastikan jika seluler Anda kompatibel untuk aplikasi tersebut. Sebab layanan ini hanya bisa diakses melalui smartphone yang cukup canggih, dengan koneksi jaringan internet yang baik.

Layanan Online Banking Recomended

Dari sekian banyak Bank pemerintah maupun swasta yang meluncurkan layanan online banking, PermataMobile X adalah salah satu yang terbaik. Dimana layanan ini menjadi salah satu inovasi terbaru digital banking yang membuat transaksi perbankan lebih praktis, menawarkan ratusan fitur dan cek mutasi hingga 12 bulan bisa dilakukan dalam satu aplikasi mobile banking.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk digital banking dari PermataBank ini. Keuntungan-keuntungan tersebut diantaranya adalah:

  • Memiliki 200 fitur untuk berbagai pilihan transaksi perbankan
  • Lebih praktis karena seluruh akun ditampilkan dalam satu layar
  • Cek mutasi rekening lebih mudah dan bisa sampai dengan rentang waktu 12 bulan
  • Baik Giro, tabungan, deposito, obligasi, reksa dana dan juga kartu kredit serta KPR maupun KTA dapat di cek mutasi transaksinya selama 12 bulan kebelakang
  • Dapat melakukan transaksi investasi reksa dana
  • Dapat melakukan penambahan kartu kredit dan kenaikan limit sementara
  • Lebih cepat dalam mengajukan cicilan dan pinjaman dana tunai
  • Log in lebih cepat dan praktis sebab tidak perlu menunggu sms kode OTP dan bisa dilakukan dengan pengenalan wajah maupun fingerprint.
  • Lebih mudah dalam berbelanja produk perbankan dengan adanya PermataStore. Jadi, Anda tidak perlu repot datang ke kantor cabang. Hemat waktu, hemat tenaga dan juga hemat biaya.

Dengan beragam keuntungan yang diberikan oleh layanan digital banking ini, ada efek yang harus bisa Anda antisipasi. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan, jangan sampai membuat Anda kebablasan.

PermataMobile X juga membuat proses transfer hanya dalam hitungan detik. Pembayaran melalui scan QR pun juga bisa Anda lakukan. Jangan sampai karena kemudahan ini, lantas Anda belanja online hingga tak terkendali. Terlebih lagi, PermataBank juga sering kali mengadakan promo untuk transaksi belanja menggunakan produk perbankan mereka.

Penasaran ingin merasakan berbagai kemudahan di atas? Yuk! Segera unduh dan install online banking dari PermataBank ini. Nikmati beragam kemudahan juga keuntungan yang mereka tawarkan bagi nasabahnya di seluruh Nusantara. Dengan PermataMobile X, segala macam aktivitas perbankan ada dalam genggaman Anda.