Apa Sih Hasil Pertanian Utama di Kawasan Dieng

  • 2 min read
  • Dec 22, 2020
Hasil Pertanian Utama di Kawasan Dieng

Sekilas Tentang Dataran Tinggi Dieng

Dieng dikenal sebagai tempat wisata ternama yang terletak di Jawa Tengah. Tak hanya itu, Dieng yang terletak di dataran tinggi, terkenal sebagai penghasil pertanian unggulan. Bahkan hasil pertanian dari Dieng kerap dihargai lebih mahal dari hasil pertanian daerah lain. Salah satu hasil pertanian tersebut adalah kentang Dieng. Tercatat hasil pertanian di Dieng naik pesat setiap tahunnya. Hasil pertanian kentang di Dieng menjadi komoditas terbesar di Indonesia. Saat itu kentang Dieng mencapai kejayaan pada tahun 1980 sampai 2000 an. Selain panen tanaman kentang yang berlipat ganda, serta modal tak banyak. Membuat petani Dieng berlomba-lomba membuka lahar pertanian baru untuk menanam kentang.

Mengenal Tanah Subur di Dieng

Kabarnya sebagian besar masyarakat di Dieng mempunyai profesi sebagai petani. Kebanyakan tanaman yang mereka tanam berada di ketinggian lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut. Jenis tanaman yang ditanam di Dieng biasanya berupa tanaman semusim. Sebagian tanaman yang ditanam bisanya tumbuh subur di Dieng. Hal yang wajar, pasalnya dataran tinggi Dieng memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Kawasan Dieng sendiri memang sebuah daerah pegunungan berapi, kala itu sempat terjadi letuas gunung berapi. Akibat dari letusan tersebut membuat tanah di kawasan Dieng menjadi tanah yang subur.

Macam-macam Hasil Pertanian di Kawasan Dieng

Menurut situs Virday.com diketahui bahwa Dieng menjadi penghasil Wortel, Cabai, Kacang Kapri, hingga Kubis terbaik di tanah air.

  1. Kentang Dieng

Dieng memang menjadi sentra komonditi penghasil kentang unggulan di tanah air. Jenis Kentang yang ditanam di Dieng, yakni jenis kentang Atlantik dan Gronola.

  1. Wortel Organik Dieng

Wortel menjadi salah satu hasil pertanian unggulan lain di Dieng. Wortel organik yang terbebas dari dari bahan pestisida dalam penaman dan perawatan tengah juga dihasilkan di Dieng.

  1. Cabe Gendol Dieng

Cabai dari Dieng dikenal memiliki ukuran lebih besar dibandingkan ukuran cabai pada umumnya. Jenis cabai jumbo yang ditanam di Dieng, yakni jenis cabai Habanero.

Mayarakat Dieng menyebut cabai ini dengan nama Cabai Gendol.

  1. Kacang Kapri

Kacang Kapri kerap dijual dalam keadaan matang di tempat wisata Dieng. Rasa kacang kapri yang ditanam di Dieng, kabarnya memiliki rasa lebih enak.

  1. Kubis Dieng

Sayuran terkahir yang cukup banyak ditanam di Dieng adala Kubis. Namun masyarakat Dien meyebut kubis dengan nama Kol.

Kerusakan Lingkungan Alih Lahan Menjadi Pertanian

Menurut penelitian dari salah satu peniliti dari kampus negeri ternama dari Yogyakarta, mengungakpan terkait data kerusakan yang parah pada lahan di Dataran Tinggi Dieng. Kerusakan tersebut tak lain akibat penebangan hutan lindung yang telah dijadikan sebagai lahan pertanian. Beberapa jenis sayuran dalam penanaman dilakukan pada lahan yang kemiringan lerengnya tinggi tanpa teknik konservasi yang tepat. Kabarnya lapisan tanah atas yang subur di Dieng akan habis dalam waktu sekitar 20 tahun lagi.

Upaya Meningkatkan Produksi Pertanian Tanpa Merusak Lingkungan

  1. Melakukan penerapan pemupukan yang berimbang
  2. Melakukan penggunaan pestisida dalam pertaniang dengan bijaksana
  3. Melakukan pengembangan budidaya pertanian secara organik
  4. Melakukan pengembangan dalam pengendalian hama secara terpadu
  5. Melakukan pengolahan lahan yang tak terlalu intensif

Setelah mengikuti beberapa upaya di atas, diharapkan tingkat kerusakan lahan di Dieng dapat berkurang dan menurun.

Tentu saja, untuk mencapai hal tersebut perlu perhatian dari semua pihak. Baik dari masyarakat sendiri hingga pemangku kebijakan dari instansi terkait di pemerintahan.