Apakah Ada Cara Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat? Inilah Jawabannya!

  • 2 min read
  • Sep 28, 2021
Cara Meredakan Nyeri Haid

Sebagai wanita mengalami haid setiap bulan sudah bukan hal yang aneh, karena itu terjadi pada semua wanita. Yang membedakan disini antara satu wanita dengan wanita lain adalah kondisi saat haid, ada beberapa orang yang biasa tidak merasakan apa-apa. Tetapi sebaliknya tidak sedikit wanita yang selalu nyeri ketika haid tiba, meskipun umumnya hanya dihari pertama saja. Namun rasa sakit yang tidak tertahan membuat beberapa perempuan mengeluhkan masalah tersebut. Apakah Anda salah satu orang yang merasakan? Lalu, ada tidak cara meredakan nyeri haid  yang langsung manjur?

Dalam ilmu kedokteran nyeri saat haid itu dinamakan dengan dismenore, umumnya nyeri dirasakan pada perut bagian bawah. Mulai dari nyeri yang bisa atau ringan sampai dengan yang berat dan mengganggu kegiatan seseorang sehari-hari. Tidak sedikit pula yang merasakan tanda itu disertai dengan gejala lain seperti pusing, mual, sakit kepala, diare, muntah, nyeri paha, punggung dan banyak lagi lainnya. Bagi perempuan yang tahan akan rasa sakit, itu semua bisa dilalui secara mudah dan nyaman saja. Tetapi ada pula yang tidak tertahan sehingga perlu cara mengurangi nyerinya, apa yang dapat dilakukan?

Ketika memilih mengkonsumsi obat, tidak sedikit perempuan berfikir efek samping membahayakannya. Nah, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan dirumah seperti:

  1. Oleskan minyak esensial.

Pertama bisa menggunakan cara ini, bahkan ini sudah dibuktikan melalui penelitian antara perempuan yang dipijat dengan minyak biasa dan jenis esensial. Terbukti aroma dan pijatan bisa meredakan, seperti minyak campuran kayu manis, lavender, mawar, cengkeh dan lainnya.

  1. Kompres air hangat.

Cara selanjutnya bisa menggunakan botol yang diisi dengan air hangat, kemudian tempelkan pada bagian perut. Panas yang ada pada botol akan mengendurkan otot perut sehingga mengurangi rasa nyeri dan kram berlebihan. Selain itu bisa coba cara meredakan nyeri haid dengan berendam air hangat.

  1. Akupuntur.

Dalam sebuah penelitian dikatakan jika akupuntur dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi pada perempuan. Hal itu karena adanya dorongan pelepasan endorphin selain itu perawatan yang dilakukan dapat mengurangi terjadinya perangsangan dan membuat perempuan lebih rileks.

  1. Pujat.

Melakukan pijatan menjadi cara yang selanjutnya bisa Anda lakukan, lakukan dengan lembut pada bagian atas perut. Cara ini bisa membuat lebih rileks otot panggul serta meminimalisir kemungkinan nyeri lebih parah. Pijatan dilakukan bisa menggunakan lotion, minyak esensial ataupun yang lain.

  1. Mengubah gaya hidup.

Makan sembarangan, istirahat kurang, olahraga jarang juga termasuk dalam pemicu masalah nyeri saat haid. Tidak heran ini menjadi salah satu cara yang perlu Anda usahakan untuk mengurangi kram ketika menstruasi tiba. Cobalah untuk mengubah gaya hidup seperti aturan seimbang pada umumnya. Dari olahraga rutin, makan makanan bergizi, istirahat cukup sampai dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan terutama pada bagian intim wanita.

Beberapa cara diatas memang terlihat sederhana tetapi perlu waktu yang lama untuk melihat khasiatnya. Bagi Anda yang ingin segera tidak merasakan nyeri saat haid, bisa konsumsi obat herbal ataupun tanaman herbal. Untuk lebih praktisnya bisa gunakan produk dari Herbana yang banyak menawarkan khasiat baik bagi kesehatan. Jangankan produk sebagai pendukung cara meredakan nyeri haid untuk produk menjaga kesehatan lainnya juga lengkap mereka tawarkan. Harga terjangkau dari produk membuat Herbana laris manis dipasaran. Mudah ditemukan diberbagai apotik ataupun toko obat online, yuk beli dan rasakan manfaatnya.