Indonesia memiliki salah satu ekonomi berkembang tercepat di dunia, dengan pasar konsumen yang berkembang mendorong ekspansi ekonominya. Kelas menengahnya yang berkembang sangat ingin barang dan jasa asing, sementara pemerintahnya berfokus pada pengembangan infrastruktur vital. Akibatnya, Indonesia menawarkan banyak peluang bisnis asalkan pemasok potensial mendekati pasar yang menjanjikan ini dengan cara yang benar.

Itulah sebabnya laporan ini dibuat, karena Reseller Indonesia, untuk semua peluangnya, bukanlah negara yang paling mudah untuk berbisnis. Sementara beberapa hambatan untuk perdagangan telah dikurangi oleh deregulasi, eksportir asing masih dapat menghadapi birokrasi yang memakan waktu.

Tetapi bagi eksportir yang berpikiran maju Reseller Indonesia, ini adalah pasar yang pantas untuk dikejar. Ini telah menunjukkan pertumbuhan yang solid selama beberapa tahun terakhir: tren yang akan terus berlanjut. Sudah merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, selama dekade berikutnya diperkirakan akan masuk dalam sepuluh besar dunia.

Pilih agen atau distributor lokal Anda dengan cermat

Perusahaan asing yang ingin menjual produk atau layanan mereka di Indonesia mungkin berguna untuk menunjuk agen atau distributor lokal. Pengaturan semacam itu harus didaftarkan ke Kementerian Perdagangan (MOT), yang membuat perbedaan yang jelas antara agen dan distributor.

Agen adalah perantara prinsipal asing, sementara distributor bertindak sendiri dalam memasarkan dan menjual barang dan jasa prinsipal. Perjanjian keagenan / distribusi, yang diaktakan oleh notaris, dan surat pernyataan dari Atase Perdagangan di Misi Indonesia di negara asal kepala sekolah, adalah di antara dokumen yang harus diserahkan ke Kementerian Perhubungan.

Adaptasi model bisnis Anda agar sesuai dengan pasar

Persaingan untuk bisnis Indonesia kuat, dengan perusahaan-perusahaan social commerce indonesia dan dari banyak negara Asia lainnya bersaing untuk Rupiah Indonesia. Pelajari preferensi konsumen dan praktik kompetitif dan dapatkan saran dari agen Anda yang ditunjuk. Walaupun konsumen Indonesia sensitif terhadap harga, ada juga persepsi bahwa barang-barang asing memiliki kualitas unggul.

Apakah Aturan yang dapat Membantu Membuat Reseller Indonesia?

Strategi penetapan harga Anda harus memperhitungkan pergudangan, pengiriman, dan distribusi akun, serta layanan purna jual. Juga, ingatlah bahwa, meskipun kelas menengah Indonesia tumbuh cepat, pendapatan rata-rata di Indonesia jauh lebih rendah daripada di pasar yang lebih matang.

Sistem distribusi Indonesia sangat kompleks dan infrastrukturnya yang buruk adalah sesuatu yang perlu Anda pertimbangkan ketika berencana untuk memasuki pasar: walaupun Indonesia merupakan salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, infrastrukturnya masih merupakan yang terburuk.

Buat nama untuk diri sendiri

Pengakuan dan loyalitas merek sangat dihargai di Indonesia. Pemasaran surat langsung ada di sana, untuk banyak jenis produk dan layanan. Beriklan di media lokal bisa efektif di area-area dengan daya beli terkonsentrasi seperti Jakarta dan Jawa Barat. Iklan televisi akan memberikan liputan nasional, menjangkau sebagian besar konsumen.

Selain memberi merek dan produk Anda profil tinggi, pastikan perwakilan lokal Anda dapat memberikan dukungan penjualan dan purna jual yang kuat. Loyalitas merek orang Indonesia dapat dibangun dan dipertahankan hanya jika mereka dapat mengandalkan layanan lokal yang cepat dan efisien.

Lindungi kekayaan intelektual Anda

Sejak pertengahan 1990-an, upaya Indonesia untuk memerangi pencurian kekayaan intelektual telah membuat beberapa kemajuan. Mereka telah mereformasi undang-undang untuk sejalan dengan perjanjian Organisasi Perdagangan Dunia Hak-Hak Kekayaan Intelektual Terkait Perdagangan (TRIPS), yang mensyaratkan sistem hukum anggota WTO untuk mencakup standar perlindungan IP yang ditetapkan.

Pelanggan sulit didapat dan terlebih lagi di pasar baru. Jadi, setelah Anda menginvestasikan sumber daya untuk memenangkan kontrak, Anda ingin pelanggan baru Anda menjadi pelanggan tetap. Jika ada masalah pembayaran yang muncul, penyelesaian damai karenanya lebih disarankan daripada tindakan pemulihan berat. Atradius Collections dapat membantu.

Jangan berasumsi bahwa, jika Anda memiliki retensi klausa judul dalam kontrak penjualan Anda, ini akan diakui oleh pengadilan Indonesia. Tindakan pengadilan di Indonesia dapat menjadi bias terhadap debitur, mahal dan ditarik keluar, tanpa jaminan kesuksesan.

Di Indonesia, hak kekayaan intelektual dapat didaftarkan untuk paten, merek dagang, desain dan hak cipta. Ini penting, karena pendaftaran di negara Anda sendiri tidak akan melindungi hak-hak Anda di Indonesia. Demikianlah Artikel tentang Aturan yang dapat Membantu Membuat Reseller Indonesia semoga bermanfaat.