Begini Syarat Tumbuh Tanaman Durian Montong

  • 2 min read
  • Jun 12, 2020
Durian Montong

Indonesia, Malaysia, Thailand dan beberapa negara lain dapat jadi tempat tumbuh ideal bagi durian unggul di atas maupun durian unggul lainnya. Hal tersebut karena iklim, curah hujan, sampai keadaan tanahnya cocok bagi pertumbuhan buah ini.

Bagi pembudidaya durian, ada baiknya mengenal dulu beberapa persyaratan tumbuh buah ini. Dengan demikian, upaya menanam pohon bibit buah durian unggul tidak akan sia-sia.

Curah hujan untuk pertumbuhan tanaman durian monthong

Tanaman dan bibit durian montong dapat tumbuh dengan baik pada curah hujan setidaknya 1500 mm. Indonesia adalah salah satu tempat yang cocok untuk budidaya buah ini. Apalagi pohon durian montong juga relatif tahan pada keadaan kering di mana satu sampai dua bulan masa kemarau akan menstimulasi pertumbuhan bunga durian.

Mempunyai keadaan tanah yang optimal untuk pertumbuhan tanaman

Tanaman varietas ini tumbuh begitu baik di area tanah yang subur penuh dengan nutrisi dengan tingkat keasaman yang bagus 6-6-5.  Tanaman durian monthong ini dapat tumbuh lebih baik tanpa pot atau ditanam di lahan atau kebun.

Hal ini karena kondisi tersebut dapat membuat tanaman durian tumbuh maksimal pada bagian akar-akarnya. Dengan demikian, pohon ini dapat kuat menopang batang dan cabang-cabangnya dengan kuat dan dapat melindunginya dari perubahan cuaca yang ekstrim.

Perkebunan untuk budidaya durian montong

Menanam buah durian untuk memberikan tujuan yang komersial dilakukan pada bidang lahan atau tanah. Dengan ini yang dapat membuat durian tumbuh dengan baik dan memudahkan petani dalam merawatnya. Nah budi daya durian monthong ini di tanam pada jarak 10X10m sampai dengan 12X12m dan tergantung pada ukuran tanaman. Selanjutnya perlu dilakukan perawatan yang konsisten, terlebih untuk mengurangi gangguan gulma dan juga hama atau penyakit.

Perbanyakan Bibit Durian Monthong

Kini budidaya durian jenis montong dapat dilakukan oleh siapa saja. Penanaman dilakukan dengan bibit yang telah disiapkan sebelumnya. Selain membuat bibit sendiri, kamu dapat membelinya di penjual bibit buah dan tanaman. Biasanya memperbanyak durian monthong adalah dari vegetatif dan generatif.

Perbanyakan secara generatif

biasanya, budidaya durian di banyak tempat melalui penaburan biji durian. Cara ini memungkinkan tanaman tumbuh dengan baik meski untuk dapat panen pertama, kamu harus menunggu cukup lama. Akan tetapi kelebihan dari penaburan benih dari biji durian ini juga membawa keuntungan. Pohon mempunyai umur yang lebih lama dari metode vegetatif. Selain itu, tanaman juga lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Untuk penanaman buah ini, maka harus ditanam segera setelah membuka buah. Hal ini karena tanpa perawatan khusus, biji hanya bertahan seminggu sebelum embrio mati. Akan tetapi ada pula teknik-teknik khusus pembuatan bibit dengan biji yang lebih rumit, akan tetapi menghasilkan bibit tanaman yang dapat dibudidaya dalam tingkat hidup yang tinggi. Cara ini dapat menghasilkan buah setelah usia tanaman 4 hingga 5 tahun.

Perbanyakan secara vegetatif

Masa panen tanaman durian dapat dipercepat. Caranya adalah dengan menanam bibit durian montong dari perbanyakan vegetatif. Secara umum, teknik yang digunakan adalah okulasi dan cara mencangkok. Dengan cara ini, maka petani lebih diuntungkan.  Pasalnya, pohon dapat berbunga setelah 2-3 tahun.

Artinya, untuk tujuan komersial, maka tanaman budidaya dari perbanyakan vegetatif dapat dipilih. Buah lebih cepat dipanen dengan kualitas sama dengan induk pohon. Jumlah buah juga melimpah dengan perawatan yang konsisten dilakukan.