Home Berita Besok Pagi, Dinkes Kesehatan DKI Panggil RS Mitra Keluarga Terkait Bayi Debora

Besok Pagi, Dinkes Kesehatan DKI Panggil RS Mitra Keluarga Terkait Bayi Debora

42

Gema Rakyat – Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan memangil pengelola Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat terkait meninggalnya Tiara Deborah Simanjorang. Bayi berusia empat bulan itu meninggal karena tak mendapat perawatan intensif khusus karena keterbatasan dana orang tuanya.

“Besok di panggil,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto kepada CNNIndonesia.com, Minggu (10/9).

Pengelola diminta datang ke Kantor Dinkes. Koesmedi mengatakan, pengelola sudah menyatakan bakal hadir memenuhi panggilan Dinkes untuk memberikan keterangan soal meninggalnya bayi Debora.

Menurutnya, Dinkes DKI juga akan melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dan Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) saat meminta keterangan pengelola.

Loading...

Koesmedi mengatakan, sejauh ini belum bisa diambil kesimpulan soal praktik layanan kesehatan RS Mitra Keluarga Kalideres meski pengelola sudah angkat suara soal tewasnya bayi Debora.

Bayi Debora meninggal pekan lalu di ruang Instalasi Gawat Darurat RS Mitra Keluarga. Meski dalam kondisi kritis, bayi Debora tak juga dirujuk ke ruang perawatan intensif khusus anak karena orang tuanya, Henny Silalahi dan Rudianto Simanjorang tak punya uang cukup.

Untuk bisa dirawat di ruang khusus, orang tua bayi Debora harus menyediakan uang muka Rp19,8 juta. Sementara mereka hanya punya uang Rp5 juta. BPJS Kesehatan yang dimiliki tak bisa dipakai lantaran RS swasta itu tak bekerja sama.

Proses mendapatkan rumah sakit pengganti yang bekerja sama dengan BPJS butuh waktu. Saat rumah sakit pengganti didapat, bayi Debora sudah tak tertolong.

RS Mitra Keluarga Kalideres melalui keterangan tertulis menyatakan, orang tua keberatan dengan biaya Rp19,8 juta. Rumah sakit juga sudah berupaya membantu mencari rumah sakit yang punya fasilitas untuk peserta BPJS. Pengelola juga menyatakan sudah memberikan penanganan semestinya pada bayi Debora selama di IGD.[CNN]

Loading...