Cara Membuat Barcode Maps dan Menggunakannya

  • 2 min read
  • Jan 28, 2021
Barcode Maps

Ketika menginjak usia dewasa tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya undangan pernikahan. Mungkin ada beberapa dari teman seangkatan SD, SMP, SMA, dan kuliah yang menemukan pasangan hidupnya. Ketika kalian membuat undangan tentunya ingin mempermudah tamu undangan yang ingin hadir. Banyak orang yang memilih menggunakan denah untuk memberikan gambaran lokasi acara yang akan berlangsung. Namun usaha ini tidak sepenuhnya berhasil karena terkadang malah justru membingkan dan lebih parah lagi apabila denah yang dibuat salah dan tersesat. Maka dari itu sekarang banyak yang memilih menggunakan alamat google Map karena lebih simpel, praktis dan mudah digunakan.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas salah satu komponen yang ada dalam undangan itu yakni barcode maps. Dengan menggunakan Barcode maps kalian bisa dengan mudah men scan dengan smartphone. Barcode maps atau Google maps ini juga menawarkan tampilan lengkap dan foto preview lokasi secara langsung yang bisa kalian akses secara simpel. Dengan keunggulan dan kelebihan yang banyak penggunaan barcode maps sekarang lebih banyak diminati oleh kalangan milenial dibandingkan denah lokasi. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut cara membuat barcode maps dan cara mengaksesnya.

Cara untuk membuat barcode maps terbilang sederhana. Jika kalian ingin membuat barcode maps di gadged maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser, kunjungi Google dan buka Maps
  • Cari lokasi yang mana kalian inginkan dengan pada kolom pencarian
  • klik tombol bagikan tempat, kemudian akan muncul Salin Link
  • Pilih lokasi yang diinginkan kemudian tap Share
  • Buka situs barcodesinc.com
  • Tunggu beberapa saat, kemudian jenis barcode yang kalian inginkan
  • salin link pada tempat yang telah disediakan
  • klik menu create QR code
  • setelah mncul kode QR kalian bisa meng-klik gambarnya agar lebih jelas
  • Untuk menyimpan Barcode kalian bisa memilih menu simpan gambar atau menekan tombol Screenshots dan gambar pun akan tersimpan di galeri hp

Setelah kode QR atau Barcode maps sudah jadi dan tersimpan lalu bagaimana cara menggunakanya..? barcode yang dibuat ini sebenarnya merupakan pengganti link google map yang biasanya berupa tulisan huruf abjad dan simbol-simbol. Cara menggunaka barcode maps ini terbilang cukup mudah. Kalian yang memiliki gadged dengan fitur scane barcode otomatis bisa langsung men scan barcode maps dengan hp kemudian gadged kalian secara tidak langsung akan mendeteksi informasi terkait alamat yang dimaksud di dalam barcode maps tersebut.

Jika gadged kalian tidak dilengkapi dengan fitur membaca barcode secara otomatis, kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi browser. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka situs webr.com kemudian arahkan kamera pada barcode maps yang tertera diundangan. Setelah itu selang beberapa saat akan muncul link alamat pada bagian scaning. Alamat inilah yang dimaksud oleh pemberi undangan

Karena saat ini hampir semua gadged sudah dilengkapi dengan scan, penggunaan barcode maps ini kian banyak diminati karena simpel dan akurat. Sebagai pengundang tamu seseorang tentunya ingin memberikan pelayanan terbaik pada tamu undanganya. Pelayanan ini bisa dilakukan dengan memberikan informasi alamat yang akurat. Disisi lain sebagai pihak yang diundang juga tidak mau direpotkan apalagi sampai tersesat ketika mencari alamat undangan. Maka dari itu penggunaan barcode maps ini seakarang marak digunakan diberbagai undangan. Selain undangan pernikahan penggunaan barcode maps ini juga biasa dipakai sebagai penunjuk alamat dalam pamflet sekolahan, tempat event tertentu seperti konser, dan acara-acara lainya .