Cara Membuat Usaha Kecil Tetap Bertahan Di Masa Pandemi

  • 2 min read
  • Sep 03, 2021
Usaha Kecil

Pandemi virus ini belum henti-hentinya hingga sekarang dan banyak membawa dampak bagi kehidupan masyarakat khususnya dari sisi ekonomi. Mereka harus berjuang bertahan hidup di masa seperti ini meskipun ada beberapa peraturan terkait PPKM. Dengan peraturan ini membuat semua usaha bisnis berjalan tidak normal dan omset dari pengusaha banyak yang menurun.

Bahkan hal yang lebih memprihatinkan banyaknya dari mereka yang gulung tikar karena omsetnya sangat rendah. Dengan itu maka perlu adanya cara khusus agar usaha-usaha kecil itu bisa tetap bertahan. Dengan adanya tips ini tentu akan membuat usaha kamu bisa terbantu untuk kembali mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang dijualnya.

Manfaat Sosial Media

Hal paling mudah dalam mengembangkan usaha ini tidak lain dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, dll. Banyak orang yang rela berjam-jam stay di sosial media ini untuk melihat berbagai postingan dari banyak orang serta melihat story. Dengan adanya data yang seperti ini tentu bisa kamu manfaatkan untuk menjual berbagai produk.

Jadi kamu bisa posting jualan tersebut di jam-jam sekiranya banyak orang online. Misalnya saja pada saat pagi-pagi ketika jam 5 atau 6 pagi sebelum berangkat kerja. Selain itu, waktu yang tepat juga bisa dilakukan ketika habis kerja di jam-jam 7 atau 8 malam. Pada jam tersebut tentu banyak orang yang rela untuk membaca berbagai postingan hingga berjam-jam di depan smarpthone.

Privot Bisnis

Selain dari sosial media, kamu juga bisa melakukan privot bisnis dari semua usaha yang dijalankan. Privot ini tidak lain adalah belajar strategi baru untuk mengembangkan dan memajukan usaha yang kamu jalankan. Jadi di masa seperti ini tentu otak harus berputar agar bisnis yang kamu jalani ini tetap survive.

Dengan adanya peraturan dari pemerintah ini tentu salah satu jalannya dengan memanfaatnya internet. Jadi kamu bisa melakukan peralihan bisnis tersebut ke dunia online misalnya dengan membuat situs atau yang lainnya. Dengan seperti ini tentu bisnis tersebut akan tetap berjalan dan seiring berjalannya waktu akan mendapatkan profit yang maksimal.

Menghemat Pengeluaran

Dalam menjalan suatu bisnis atau usaha pasti selalu ada pengeluaran untuk bisa memajukan bisnisnya. Untuk itu, kamu perlu mengevaluasi semua pengeluaran yang ada untuk dihapus atau diminimalisir. Dengan jalan seperti ini tentu tidak akan banyak kerugian yang akan kamu alami dari bisnis tersebut.

Untuk menghemat pengeluaran ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan iklan di internet daripada media cetak. Hal seperti ini tentu bisa menghemat beberapa persen agar tidak banyak pengeluaran dari sisi periklannya. Selain itu, kamu juga perlu berpikir terkait apa saja yang sekiranya kurang penting untuk dihapus dari daftar pengeluaran.

Bantuan Pemerintah

Hal penting lain dari tips untuk tetap bertahan di masa pandemi ini adalah memanfaatkan bantuan pemerintah. Untuk bantuan dari pemerintah ini tentu dapat kamu manfaatkan untuk bisa membuat bisnis tersebut bertahan misalnya saja seperti bantuan UMKM. Dengan bantuan ini setidaknya dapat meringankan beban dan juga membantu untuk tambahan modal bisnis.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa bertahan di masa pandemi seperti sekarang. Berusaha dan berpikir di masa seperti ini memang sangat penting agar bisa survive dan mendapatkan penghasilan yang maksimal. Tetapi dari berbagai tips ini yang paling bisa dimanfaatkan adalah beralih dari yang awalnya usaha offline ke usaha online. Untuk membaca terkait berbagai berita terbaru baik tentang bisnis atau kategori lainnya bisa langsung kunjungi situs baaca.id.