Cara Menerbitkan Buku Secara Digital, Solusi Tepat Wujudkan Impian Menjadi Penulis dengan Cepat dan Kekinian!

  • 3 min read
  • Aug 25, 2021
cara menerbitkan buku

Berbagai macam cara menerbitkan buku yang perlu Anda tahu. Bukan hanya secara konvensional dengan menerbitkan karya melalui penerbit buku. Namun, juga dapat mempublikasikan via digital yang sesuai dengan era kekinian. Banyak platform yang telah memberikan wadah untuk menulis sebuah karya.

Mulai dari blog, portal, media opini, hingga website dan aplikasi. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja berikut beberapa platform digital yang dapat menjadi cara menerbitkan buku secara cepat dan tepat!

  • Wattpad

Wattpad, menjadi salah satu platform menerbitkan buku secara digital paling popular dan tertua. Tentunya, sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan, ini telah digunakan oleh banyak user secara global. Platform yang berupa website dan aplikasi. Sehingga, Anda dapat mengunjungi langsung via browser ke laman website atau download aplikasinya di Google Playstore. Berbagai macam genre penulisan buku boleh diterbitkan melalui Wattpad. Cukup dengan membuat akun untuk login ke dalamnya. Selain menjadi Penulis, disini Anda juga dapat membaca karya-karya orang di seluruh dunia.

  • NovelMe

Selanjutnya, platform yang memiliki role model bisnis hampir mirip dengan Wattpad adalah Novelme. Baru didirikan sekitar November 2018 silam, yang dapat diakses melalui website maupun aplikasi. Sama-sama digunakan untuk membaca, menulis, dan menerbitkan karya berupa buku digital. Namun, perbedaannya terletak pada genre buku. Jika Wattpad menampung segala lintas genre, berbeda dengan NovelMe yang hanya khusus untuk novel. Sehingga, cocok bagi kalian yang memiliki passion di bidang sastra untuk mencetuskan cerita terbaikmu disini. Terkait royalti, hanya membayar Penulis yang memiliki rating di atas. Jadi, pastikan Anda layak menduduki posisi tersebut ya Guys!

  • NovelToon

Platform yang juga berguna untuk membaca, menulis, dan menerbitkan karya buku bergenre novel secara digital. Namun, NovelToon hanya dapat diakses melalui aplikasi mobile dan tidak menyediakan versi website. Sehingga, untuk menerbitkan buku disini Anda harus download aplikasi melalui Google Playstore. Kemudian, Anda perlu membuat akun untuk login ke dalamnya. Lakukan pendaftaran sesuai dengan panduan di aplikasi. Biasanya user baru diminta untuk mengisi jenis kelamin dan tanggal lahir untuk identitas diri. Nah, kabar menariknya buat kalian yang ingin menjadi Penulis buku disini adalah terkait royalti. Bukan hanya sekedar menulis untuk hobi saja, namun Anda juga akan dibayar dengan reward serta tanda tangan MOU untuk pencairan uang. Syaratnya, karya buku digital Anda minimal harus sudah mencapai 30 ribu kata. Jadi sebelum mencapai target, tulisan Anda belum menghasilkan income.

  • Webtoon

Nah, bagi kalian yang passion dalam menulis buku bergenre komik sangat cocok bila menerbitkannya melalui Webtoon. Mewadahi para Penulis komik untuk menerbitkannya dalam bentuk buku digital. Merupakan perusahaan yang berasal dari Korea Selatan. Awalnya, pada 2003 Naver mencetuskan sebuah portal berjenis komik. Namun, dengan berjalannya kemajuan fitur dia mengembangkan menjadi platform menulis komik digital berbasis website dan aplikasi.

  • KBM App

Siapa yang tidak kenal dengan platform satu ini? Meskipun masih terbilang baru, namun KBM App sudah merajai industri penerbitan buku digital. Apalagi aplikasi tersebut dimiliki dan dipimpin langsung oleh Penulis paling best seller dan terpopuler di Indonesia, Asma Nadia. Serta dibantu oleh suaminya yang menjadi Admin di aplikasi, yakni Isa Alamsyah. Yapz benar banget, menjadi produk digital di bawah naungan Asma Nadia Publishing House. Sukses menjadi platform berbasis aplikasi yang mewadahi berbagai lintas Penulis untuk menerbitkan bukunya secara digital. Agar tergabung di dalamnya, Anda cukup mendaftarkan akun. Selanjutnya, bagi pembaca maka Anda perlu membayar setiap slide atau halaman buku dengan melalui top up ewallet seperti Ovo atau Gopay. Sedangkan, bagi para Penulis maka karya Anda akan mendapatkan income bila ada pembaca yang membayar melalui uang virtual. Namun, penghasilan tersebut masih harus dibagi hasil dengan pihak platform.

Demikianlah artikel dari kami mengenai cara menerbitkan buku secara digital yang kekinian. Sehingga, bisa lebih efektif dan efisien untuk menjangkau target pembaca secara luas. Dengan begitu, karya Anda akan cepat sampai di depan pembaca dan segera mendapatkan feedback. Apakah mereka menyukai karya Anda atau perlu perbaikan. So, tunggu apa lagi? Langsung saja dicoba Guys! Salam sukses dan semangat untuk terus berkarya.