Cara Menghemat Batterai Android yang Cepat Habis

  • 3 min read
  • Jul 05, 2020
Cara Menghemat Batterai Android yang Cepat Habis

Masalah baterai handphone yang cepat habis cukup banyak dialami oleh para pengguna Android. Bahkan walaupun kaapasitas baterai smartphone saat ini sudah semakin besar, masalah seperti ini masih sering terjadi. Dulu pada saat ponsel belum canggih seperti sekarang, ponsel biasa saja mampu bertahan selama lebih dari 2 hari.

Tetapi sekarang ketika kapasitas baterai ponsel sudah semakin besar, daya baterai tersebut justru cepat habis. Hanya beberapa jam setelah diisi penuh, ponsel sudah harus tersambung dengan pengisi daya atau power bank.

Bagi para pengguna smartphone yang aktif, memiliki ponsel dengan baterai yang mudah habis tentu sangat menyebalkan. Pasalnya hanya baru digunakan sebentar saja baterainya sudah drop atau bahkan mati. Apalagi pengguna sosial media aktif biasanya akan terus mengaktifkan berbagai jejaring sosial yang diikutinya.

Padahal sebenarnya kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan itulah yang menjadi salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, cobalah untuk menyimak beberapa tips hemat baterai Android https://joshswiller.com/ yang cepat habis.

Pada dasarnya, baterai ponsel yang mudah drop biasanya disebabkan karena pemakaian yang berlebihan atau tidak wajar. Hal ini akan mengonsumsi daya baterai secara lebih besar. Jika masalah tersebut dianggap sudah tidak wajar, tips berikut ini akan membantu Anda mengatasi baterai handphone yang cepat habis. Yang terpenting, cara yang akan diulas berikut ini tidak akan meminta Anda untuk mengunduh aplikasi penghemat baterai.

Cara Menghemat Baterai HP Android Cepat Habis

Berikut ini adalah cara menghemat baterai pada smartphone Android agar tidak cepat habis. Cara ini sangat praktis dan dapat langsung Anda coba dan membuktikannya sendiri, ok yuk kita lihat selengkapnya dibawah ini:

Menonaktifkan Scan WiFi

Ini termasuk salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis. Alasannya, ketika Anda mengaktifkan WiFi di Android, WiFi secara otomatis akan melakukan scan WiFi yang terjangkau dan terdekat dengan ponsel pintar Anda. Untuk mengatasi masalah ini agar baterai ponsel tidak cepat habis, Anda dapat melakukan disable scan WiFi. Setelah itu tekan tombol Menu kemudian masuk ke menu Settings atau Pengaturan > WiFi > More > Always Allow Scanning > Scan only while WiFi is On.

Mengontrol Konsumsi Daya Baterai

Untuk mengatasi baterai yang cepat habis, Anda tentu harus mengetahui apa saja aplikasi yang mengonsumsi daya baterai lebih besar. Untuk mengetahuinya, masuk ke menu Settings > Battery > Abnormal Battery Usage. Nanti Anda akan menemukan list atau daftar aplikasi aktif yang sedang digunakan dan kebutuhan baterai untuk setiap aplikasi.

Mematikan Koneksi

Jika Anda sudah tidak menggunakan smartphone, sebaiknya matikan koneksi yang tidak perlu. Matikan koneksi seperti Bluetooth, GPS, dan WiFi. Cara ini selain menghemat daya baterai juga akan membantu masa pakai baterai secara keseluruhan lebih awet. Koneksi tersebut dapat dimatikan sebelum tidur dan diaktifkan kembali saat pagi hari.

Mematikan Aplikasi Background

Berbagai aplikasi yang berjalan aktif di background ponsel secara terus mengonsumsi daya baterai yang cukup banyak. Selain itu, aplikasi tersebut jugaa akan mengonsumsi RAM pada perangkat. Untuk menghentikan aplikasi background tersebut, masuk ke menu Settings > Applications > Applications Manager.Pilih aplikasi yang akan didisable dengan tap pada aplikasi tersebut kemudian klik button force close.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi pada smartphone. Adanya aplikasi yang tidak penting dibiarkan hanya akan menumpuk memori RAM. Hasilnya bacteria pun akan cepat habis. Selain itu, gunakan wallpaper yang sederhana saja. Proses pengambilan gambar dari galeri dapat menyebabkan loading, terutama jika ukuran gambar sangat besar. Hal ini dapat menyebabkan loading RAM dan mempercepat baterai habis.

Atur Tingkat Kecerahan

Hindari menggunakan kontras kecepatan yang berlebihan. Kecerahan layar smartphone dapat diturunkan sesuai dengan kebutuhan. Jika di dalam ruangan, Anda dapat mengaturnya ke tingkat yang lebih rendah. Kecerahan pada smartphone merupakan salah satu faktor yang memerlukan daya baterai terbesar.

Screen Time Out Maksimal 15 Menit

Ketika smartphone tidak digunakan, biasanya perangkat akan langsung mengunci dan mematikan layar ponsel. Ketika layar sudah tidak aktif, konsumsi daya baterai tentu akan berkurang. Untuk pengaturannya, masuk ke menu Settings > Display > Screen Time Out. Pilih durasi screen out time di 15 detik.

Demikian trik menghemat baterai Android yang cepat habis. Hal ini akan membantu baterai smartphone berumur lebih panjang. Selain itu, menggunakan baterai asli dari merek ponsel yang digunakan juga merupakan salah satu cara untuk menghemat baterai karena biasanya dayanya mampu bertahan lebih lama.