Setiap tubuh manusia memiliki kelenjar keringat yang jumlahnya berbeda-beda. Mereka yang memiliki jumlah keringat yang berlebih dan tidak menjaga kebersihan tubuh akan menimbulkan bau badan dan bau ketiak. Meskipun memang pada umumnya keringat memang tidak bisa menimbulkan bau, tetapi terkadang ada orang yang memiliki keringat berlebih dan hal tersebut membuat bau ketiak dan bau badan. Akan tetapi tidak perlu khawatir, ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tubuh yang mengeluarkan keringat memang merupakan hal yang wajar dan normal. Hal ini dikarenakan keringat berguna untuk membantu dalam mengatur suhu tubuh. Akan tetapi perlu juga diketahui bahwa keringat yang berlebihan atau tidak berkeringat sama sekali mampu digunakan untuk melakukan identifikasi medis yang terjadi pada tubuh seseorang. Tidak menutup kemungkinan ada sebagian orang yang mengalami bau ketiak dan tentunya keadaan tersebut akan membuat malu dan merasa tidak percaya diri. Perlu diketahui bahwa ketiak memang bagian tubuh yang paling mudah dan umum untuk berkeringat. Dan apabila seseorang tidak bisa merawat tubuh dan dirinya keadaan tersebut yang menjadi penyebab bau ketiak.

Apabila saat ini Anda sedang mengalami masalah bau ketiak, tidak perlu khawatir ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dan mengantisipasi keadaan tersebut. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau ketiak tersebut adalah rutin menggunakan deodorant dan mandi secara teratur. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu rajin mencukur bulu yang ada di ketiak. Dengan begitu akan membantu Anda untuk menghilangkan bau ketiak tersebut. Selain hal-hal tersebut, berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau ketiak dengan mudah:

  • Daun Kemangi

Merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada ketiak. Kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam daun kemangi memang dipercaya sangat ampuh menghilangkan bau ketiak dan bisa juga digunakan sebagai antiseptik. Bagi yang suka lalapan bisa memanfaatkan daun kemangi sebagai lalapan pada pagi dan sore hari saat makan. Tetapi bisa juga diseduh dengan mengeringkan kemangi, ditumbuk, campur dengan air panas dan saring.

  • Jahe

Tanaman satu ini memang memiliki banyak sekali khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, namun ternyata jahe juga mampu digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya cukup mudah konsumsi jahe sebagai minuman dengan air hangat secara rutin setiap hari dan hal tersebut mampu untuk menghilangkan bau ketiak yang sangat mengganggu.

  • Temulawak

Kandungan minyak atsiri yang ada pada temulawak ditambah dengan adanya zat-zat yang lain seperti contohnya yaitu sapomin dan flavoinoida sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan bau ketiak yang sangat membandel. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah parut temulawak kemudian saring airnya bila perlu tambahkan madu dan minum sari temulawak tersebut secara rutin.

Memiliki bau ketiak memang akan sangat mengganggu dan menjadi tidak percaya diri ketika harus berkumpul dengan orang lain. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tubuh memang sangat diperlukan selain dengan menggunakan bahan tersebut di atas sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Dengan tubuh yang bersih dan ketiak yang wangi akan membuat rasa percaya diri meningkat dan tentunya juga memberikan rasa nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa dihantui bau-bau tidak sedap yang keluar dari dalam diri sendiri.