Contoh Makalah yang Baik dan Benar

  • 2 min read
  • Jan 10, 2021
Contoh Makalah

Hampir seluruh siswa hingga mahasiswa pasti pernah mendapatkan tugas untuk membuat makalah. Makalah sendiri merupakan sebuah karya tulis yang berfungsi sebagai hasil laporan mengenai suatu topik tertentu. Meskipun sudah cukup sering mendapat tugas membuat makalah, tidak jarang siswa maupun mahasiswa masih merasa kesulitan. Terutama berhubungan dengan sistematika penulisan yang baik dan benar.

Jika saat ini kamu sedang mendapatkan tugas membuat makalah dan ingin tahu bagaimana cara penulisan makalah yang benar, pas sekali karena berikut akan diulas sususan apa saja yang ada dimakalah beserta dengan contoh makalah. Yuk simak artikelnya

Cover

Dalam cover makalah yang baik harus memiliki susunan yang terdiri dari judul makalah, nama penulis, logo institusi, serta tempat dan tahun terbit. Judul diharuskan ditulis secara kapital dan dicetak tebal. Sebisa mungkin, judul makalah harus jelas, singkat, namun informatif menjelaskan isi dari makalah. Seperti pada contoh berikut ini.

PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM

BAGI KEHIDUPAN SOSIAL SISWA SMA PERTAMA SURABAYA

LOGO INSTITUSI

Disusun oleh:

Nama Siswa (NIS)

Nama Siswa (NIS)

SMA PERTAMA SURABAYA

2020/2021

Kata Pengantar

Umumnya, dalam kata pengantar akan terdiri dari ucapan syukur kepada Tuhan, ucapa terima kasih kepada pihak yang membantu proses penyusunan makalah, menjelaskan sekilas tentang makalah, harapan penulis makalah terhadap makalah yang ditulis, dan menerima segala kritikan yang diberikan. Contoh penulisan kata pengantar bisa dilihat sebagai berikut.

 

Daftar Isi

Daftar isi menjadi bagian penting dalam sebuah makalah karena bagian ini yang biasanya akan dilihat terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja yang akan dibahasa oleh penulis makalah. Dalam daftar isi, juga dilengkapi dengan halaman dari suatu bab dan sub-bab dari makalah. Dalam pembuatan daftar isi, usahakan untuk menatanya dengan rapi dan sistematis. Hal ini dikarenakan tampilan daftar isi yang tidak sistematis akan membuat pembaca jadi tidak nyaman. Nah, berikut contoh daftar isi yang sistematis:

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, terdapat sub bab yang umumnya terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan makalah. Di bagian latar belakang harus menjelaskan permasalahan yang akan diangkat secara umu. Kemudian, di bagian rumusan masalah berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan diteliti. Untuk di bagian tujuan penelitian, berisikan tujuan apa yang ingin dicapai oleh penulis makalah dalam penelitian yang ada.

Pembahasan

Bagian pembahasan menjadi bagian inti dari makalah yang berisikan penjabaran mengenai data-data yang telah ditemukan dilengkapi dengan sumber-sumber yang terpercaya. Selain itu, di bagian isi pun terkadang juga mencakup beberapa pembahasan lain seperti landasan teori, penyelesaian masalah, dan solusi penelitian.

Penutup

Bagian penutup menjadi bagian paling akhir yang ada di makalah. Secara umum, makalah yang baik dan benar akan mempunyai kesimpulan dan saran dalam bagian penutupnya ini. Kesimpulan merupakan ringkasan dari hasil penelitian yang didapatkan, sedangkan saran merupakan bagian yang ditujukan oleh penulis kepada pembaca dalam mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan tersebut.

Daftar Pustaka

Untuk melengkapi seluruh isi makalah, bagian daftar pustaka ini pun tidak boleh dilupakan. Setidaknya, daftar pustaka untuk sebuah makalah harus berjumlah di atas 10 dan usahakan untuk tidak mengambilnya dari sumber yang tidak terpercaya seperti website-website yang bisa diedit oleh banyak orang. Contoh penulisan daftar pustaka yang tepat bisa kamu lihat di bawah ini:

Itulah tadi sekilas contoh struktur makalah yang baik dan benar yang dapat kamu terapkan jika akan membuat makalah. Pembuatan makalah memang butuh ketelitian dan keuletan dari penulisnya, dan semoga contoh di atas bisa memberikan gambaran mengenai bagaimana makalah yang baik dan benar.