Custom Kaos Polosmu dengan Pilihan Sablon Terbaik

  • GemaRakyat
  • Apr 26, 2022

Kaos sablon kerap jadi busana dasar untuk berpakaian bagi semua orang tanpa terkecuali. Banyak orang memilih custom kaos supaya memiliki kaos yang unik, berbeda, dan juga diproduksi terbatas. Dengan adanya sebuah jasa Sablon Baju Makassar kamu akan di berikan pelayanan dan juga sablonan terbaik

Ada beberapa pilihan teknik sablon terbaik seperti sablon DTG yang bisa jadi pilihan kamu seperti berikut ini:

1. Teknik DTG

Metode sablon terbaik saat ini menurut kami yaitu teknik DTG atau direct to garment yang tergolong dalam sablon digital. Mesin DTG sudah semakin banyak digunakan karena memang metode ini terbilang lebih hemat serta lebih praktis.
Sablon DTG adalah teknik proses penyablonan secara langsung ke kaos di dalam mesin DTG. Tidak ada lagi kertas sablon karena nantinya komputer akan mengatur printer untuk mencetak desain sablon secara langsung pada kaos.
Kelebihan lainnya yaitu hasil sablon DTG punya resolusi tinggi, lebih halus, dan juga memiliki detail tinggi. Lama waktu penyablonan juga sangat singkat, hanya 20-30 menit saja untuk satu kaos. Sablon DTG tidak akan mengelupas saat kamu cuci karena bahannya yang kuat!
Kekurangan sablon DTG hanya terletak pada pembelian alat sablon di awal yang cukup mahal yakni sekitar 20 juta untuk setiap unit.

2. Teknik Sublimation

Metode selanjutnya yaitu teknik sublimasi yang menggunakan transfer paper sebagai media untuk pencetakan desain pada kaos. Metode ini terlebih dahulu mencetak desain pada transfer paper dengan tinta khusus bernama tinta sublim.
Selanjutnya ada proses memindahkan desain tersebut ke kaos lalu menggunakan mesin press khusus.
Kelebihan metode ini terletak pada tidak adanya batasan warna pada desain dan memberikan hasil sablon yang cerah. Sayangnya, sablon sublimasi ini kurang memadai pada bahan kaos berwarna hitam.

3. Heat Press Printing

Selanjutnya ada teknik heat press printing yang memang mirip dengan metode sublimasi dari seluruh prosesnya. Hanya saja pada metode ini menggunakan kertas khusus bernama heat press.
Perbedaan utama teknik ini yaitu heat press akan terlihat bagus pada kaos gelap maupun cerah, tidak berbatas pada warna kaos. Proses ini juga bisa meratakan permukaan kaos sehingga tidak akan ada kerutan pada sablon.

4. Screen Printing atau Manual

Selanjutnya ada metode manual atau screen printing yang menjadi metode tertua dan masih bertahan sampai saat ini. Metode ini memberikan hasil sablon dengan warna maksimal.
Biaya produksi dengan metode manual ini sangat murah karena alat yang ada masih sederhana. Sayangnya, metode ini memerlukan alat yang cukup banyak dan cukup rumit dengan proses pembuatan yang lama.

5. Vinyl Cutting

Teknik terbaik terakhir yaitu metode vinyl cutting yang menggunakan stiker vinyl di kaos. Stiker terlebih dahulu melalui proses printing kemudian tinggal menempelkan stiker pada kaos sesuai keinginan.
Pada teknik ini, tidak memerlukan tinta sama sekali dan hanya perlu bahan stiker yang banyak di pasaran. Setelah itu tinggal mencetaknya menggunakan mesin dengan memasukkan pada program komputer.
Teknik ini memerlukan alat heat press supaya bahan stiker bisa menempel sempurna pada kaos. Sayangnya, metode ini biasanya menghasilkan sablon yang rawan kering dan pecah, jadi kamu harus merawatnya dengan benar.