Dibalik Manisnya Buah Apel Tersimpan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

  • 2 min read
  • Sep 01, 2021
Apel

Salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi masyarakat adalah apel, tentunya tak asing dengan jenis buah yang satu ini bukan. Dimana apel termasuk buah yang mudah sekali untuk dijumpai di pasaran, bahkan jika dilihat dari segi jenisnya juga tergolong begitu beragam. Mulai dari produk apel lokal sampai dengan impor tersedia dengan harga yang cukup bervariatif, mulai dari yang murah sampai dengan mahal tersedia.

Kandungan Gizi Buah Apel

Di dalam buah apel ini sendiri tersimpan begitu banyak senyawa bernutrisi yang bagus untuk kesehatan, seperti diantaranya adalah:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin C.
  • Kalsium.
  • Serat.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Tembaga.
  • Vitamin B2.
  • Zinc.

Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Tak hanya rasanya saja yang enak, karena ada banyak manfaat apel, khususnya adalah bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung, apel kaya akan senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan, dimana senyawa yang satu ini memang bagus untuk mencegah radikal bebas, juga karena terkandung zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, seperti yang diketahui bahwa kolesterol tinggi pada dasarnya adalah faktor utama penyebab penyakit jantung.
  2. Membantu untuk turunkan berat badan, apel mengandung serat yang bersifat tidak larut maupun serat larut. Dimana hal ini berguna untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Membuat Anda merasa kenyang lebih lama juga untuk mengendalikan nafsu makan. Sehingga bagus bagi yang sedang dalam program diet sehat.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini tak terlepas dari kandungan antioksidan yang terdapat didalam apel tersebut, seperti yang diketahui bahwa antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas. Jadi akan membantu tubuh terhindar dari beberapa jenis penyakit, termasuk diantaranya adalah kategori penyakit musiman.
  4. Dapat menurunkan resiko diabetes, apel mengandung polifenol yang dapat mencegah kerusakan jaringan dalam sel pankreas, dimana organ ini memiliki peran penting dalam menghasilkan insulin.
  5. Cegah penyakit kanker, apel juga mengandung antosianin yang bermanfaat sebagai antiradang maupun antikanker, ia dapat melindungi Anda dari beberapa jenis kanker diantaranya adalah kanker paru dan kanker usus.

Tips Memilih Apel yang Bagus

Hendaknya Anda juga jangan asal beli, ketahui tips memilih yang bagus berikut ini, yaitu:

  1. Hendaknya belilah apel yang masih keras, lihat dengan cara memencetnya.
  2. Coba mengetuk buah apel tersebut, lihat apakah ia mengeluarkan bunyi nyaring ataukah tidak. Jika bunyinya nyaring artinya apel dalam kondisi yang masih renyah.
  3. Hindari membeli buah apel yang sudah memar, karena artinya pada bagian yang memar tersebut kondisinya memang sudah tidak renyah lagi.
  4. Carilah buah apel yang bagian kulit luarnya masih mulus dan tidak terdapat bercak-bercak.
  5. Cium aromanya, apel yang sudah matang akan mengeluarkan aroma khas.

Mudah bukan, bisa langsung dipraktekkan. Anda juga bisa membeli apel dengan jaminan masih segar dan baik tanpa harus memilihnya, yaitu beli online langsung dari TaniHub. Lewat TaniHub ini Anda bisa berbelanja beragam jenis kebutuhan dapur secara lengkap dengan harga yang terjangkau. Kondisinya juga dijamin masih fresh karena didapatkan secara langsung dari para petani lokal. Tak sekedar berbelanja tentunya, karena dengan belanja lewat TaniHub maka Anda sudah berkontribusi dalam memajukan pertanian di Indonesia, dengan menggunakan produk-produk dari petani lokal.