Home Otomotif First Drive Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

First Drive Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

154

Belum lama ini, kami mencoba Daihatsu Ayla dengan mesin baru 1.200 cc bertransmisi manual. Berbeda dengan sekarang, karena kami penasaran rasa berkendara pada mesin yang menghasilkan tenaga lebih besar itu, jika dikawinkan dengan transmisi otomatis.

Unit yang saat ini kami bahas adalah Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT yang merupakan varian termahal dengan fitur terlengkap. Sebelum membahas lebih jauh mengenai performa yang dimiliki Ayla terbaru ini, Anda harus mengetahui perbedaannya terlebih dahulu di bagian eksterior.

Ternyata perbedaan harga Rp 10 juta dengan Daihatsu Ayla 1.2 R MT yang merupakan varian di bawahnya, tak hanya memiliki perbedaan di transmisi saja. Pada bagian eksterior dibedakan dengan hadirnya aero kit yang disematkan pada bagian depan dan belakang, stiker bodi bertuliskan Ayla dan chrome list window.

Loading...

Sayang tak ada emblem yang menjadi pertanda bahwa ia memiliki transmisi otomatis, sehingga cukup sulit untuk membedakan dengan varian 1.2 R MT. Hal serupa ketika Anda memasuki bagian interior. Dibandingkan dengan versi manualnya, tak ada perbedaan sama sekali.

Kami singgung kembali, bahwa Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT ini menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1.197 cc milik Sigra dengan kode 3NR-VE. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 dk dan torsi puncak 108 Nm.

Fokus berbicara transmisi otomatis konvensional yang digunakannya, kasat mata tak ada perbedaan dengan transmisi otomatis versi pendahulunya. Ia masih tetap menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan.

Ketika melihat tuas transmisi miliknya, masih terngiang dengan Ayla pendahulu yang hanya menyediakan pilihan P, R, D4, 3 dan 2. Tombol shift lock pun tetap tersedia untuk bisa menetralkan transmisi dalam posisi mesin mati.

Namun, ketika Anda melihat data literaturnya, barulah Anda mengetahui perbedaannya. Kenyataannya transmisi tersebut mengalami perbedaan dengan unit Ayla pendahulu.

Tercatat di data spesifikasi, roda gigi 2 berukuran 1,526 dan roda gigi 4 di 0,696. Sedangkan pendahulunya roda gigi 2 berukuran 1,960 dan roda gigi 4 dengan 0,969. Lalu untuk roda gigi 1 dan 3 masih berkuran sama dengan pendahulunya.

Hal itu berarti di transmisi Ayla terbaru kini di roda gigi yang lebih kecil di gigi 2 dan 4, hingga efeknya ia memiliki nafas yang lebih panjang di gigi tersebut. Sekadar informasi, bahwa hal ini juga berlaku di mesin 1.000 cc 3 silinder.

Sayangnya perpindahan gigi pada transmisi konvensional tersebut masih terasa mengentak. Meski demikian, kami tidak merasakan entakkan yang sangat kasar pada transmisi tersebut. Jadi masih dalam batas wajar.

Pendapat kami, Ayla akan terasa lebih nyaman jika mengunakan transmisi CVT. Tak hanya itu, dengan transmisi CVT ia juga bisa mencatat konsumsi BBM lebih irit. Tapi harga jualnya menjadi taruhannya, jika teknologi transmisi lebih baik, harga pasti akan melambung lebih tinggi.

 

 

368/30-33(31Mei-13Jun2017)

Loading...