Home Otomotif First Drive Wuling Confero S Terbaru di indonesia

First Drive Wuling Confero S Terbaru di indonesia

248

Bukan perkara mudah bagi Wuling untuk mampu bersaing di pasar Indonesia. Tak lain karena persepsi masyarakat kita yang umumnya kerap memberi hati terhadap mobil-mobil pabrikan Jepang. Kenyataan ini seperti memberi tantangan lebih besar bagi pabrikan non-Jepang termasuk Wuling.

Khusus buat Confero, ia bertarung di segmen Low MPV dan di sana sudah bertengger nama-nama besar seperti Toyota Veloz, Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga yang tentu tak ingin kuenya direbut.

Wuling Motors yang menghadirkan Confero S sebagai mobil pertamanya, seakan ingin mengubah anggapan tersebut. Mobil yang rencananya dirakit secara CKD di Cikarang ini memiliki desain interior berkelas, kelegaan kabin sangat baik, dan ternyata punya fitur-fitur premium yang tidak dimiliki para rivalnya.

Loading...

Memiliki dimensi panjang hingga 4.530 mm yang berarti 330 mm lebih melar dibanding Toyota Veloz sebagai pesaingnya. Ditambah bentuk bodinya yang mengotak. Pastinya menghadirkan ruang kabin yang lebih lega.

Sayang, dimensi kaca samping dirasa terlalu besar. Membuatnya kurang proporsional dibanding bodinya. Mungkin tujuannya untuk membuat visibilitas di kabin terasa baik.

Lanjut ke bagian interior. Nuansa kabin yang didominasi warna beige membuatnya semakin terasa lega. Saat melihat kualitas buatan pada beberapa panelnya juga ternyata tidak buruk. Celah antar sambungan panel juga rapat dan rapi.

Fitur-fitur yang berada di mobil ini kian menjelaskan keseriusan Wuling menyuguhkan mobil yang nyaman bagi keluarga. Sebut saja fitur entertainment MirrorLink yang sudah mendukung peranti Android dan Apple. Koneksi HDMI, Bluetooth, USB, serta SD Card juga tak ketinggalan.

Confero S tersedia dalam dua pilihan format tempat duduk. Yakni 7 dan 8 penumpang. Kebetulan kami mencoba unit 8 penumpang. Legroom terasa begitu luas di baris kedua, ditambah pengaturan sliding. Pada baris ketiganya pun ternyata juga demikian. Tak hanya legroom, headroom juga impresif.

Penasaran dengan impresi berkendaranya, langsung saja kami ambil kunci untuk mencobanya. Oh ya, melalui anak kunci ini, ada fitur menarik. Tekan tombol pembuka lebih dari 3 detik, otomatis semua jendela akan turun secara bersamaan. Fungsinya untuk menurunkan suhu udara di dalam kabin sebelum dikendarai.

Mesin dengan kapasitas 1.485 cc terdengar halus. Sebelum mulai berakselerasi, kami melihat beberapa pengaturan di layar MID. Ternyata mobil ini telah dibekali fitur Tire Pressure Monitoring Sytem. Sebuah fitur yang biasanya hanya dimiliki mobil di atas harga Rp 300 jutaan.

Meski baru tersedia transmisi manual, tapi pedal kopling terasa ringan, begitu juga tuas persneling. Akselerasi awal terasa ringan menggerakkan mobil. Wajar, torsi sebesar 142 Nm ini sudah tersedia sejak putaran 3.800 rpm. Merupakan raihan torsi yang cukup rendah untuk sebuah mesin bensin.

Berdasarkan data spesifikasi, ia hanya butuh jarak 5,5 meter untuk berputar balik. Merupakan radius yang cukup kecil untuk bodi sebesar ini. Bisa jadi karena ia mengandalkan roda belakang sebagai penggerak. Tersedianya kamera parkir belakang juga kian memudahkan.

Jika benar mobil ini dijual dengan kisaran Rp 150 jutaan, maka ia merupakan paket yang sangat menarik untuk dimiliki. Frasa “Murah bukan berarti murahan” sangat cocok untuk melambangkan sebuah Low MPV Wuling Confero S ini.

 

 

372/34-37(26Jul-8Agts2017)

Loading...