Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Produsen Batik

  • 2 min read
  • Mar 26, 2021
Produsen Batik

Cara memilih produsen kain batik yang tepat agar bisa mengambangkan bisnis kecil kamu misalnya sebagai pembuat seragam batik, juga harus memerlukan pemikiran strategis. Kamu harus memiliki rasa atau feel yang kuat tentang apa yang sebenarnya kamu akan capai sebagai pengelola bisnis dan bagaimana caranya agar kamu bisa mendapatkan hal tersebut, yaitu dengan cara menentukan pilihan yang tepat dalam memilih produsen atau pemasok kain batik tersebut.

Contohnya jika kamu ingin memanfaatkan waktu dengan baik yang di butuhkah untuk melayani pelanggan kamu, maka hal yang harus kamu pertimbangkan adalah cari pemasok yang menawarkan pengiriman yang cepat selain dari ingin bersaing pada harga saja. Di bawah ini ada beberapa hal yang penting dalam memilih pemasok kain batik untuk bisnis kamu.

Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Produsen Kain Batik

Pada saat kamu memilih pemasok kain batik untuk bisnis kamu, ada baiknya kamu harus melaungkan waktu untuk memastikan apakah kamu telah membuat keputusan yang tepat sebelum terlambat dan hasilnya kamu bisa rugi.

Meski sulit untuk bisa mengabaikan pemasok yang pernah bekerja sama dengan kamu. Bisa jadi hal tersebut bukan pilihan yang tepat untuk bisnis kamu. Jadi sebenarnya yang harus kamu lakukan dalam memilih produsen kain batik adalah:

  1. Cari Pendapat Sebanyak Mungkin

Sebelum kamu memilih pemasok kain batik, hal penting untuk mengumpulkan pendapat orang yang telah paham dengan kain-kain batik, serta menganal dekat dengan pemasok-pemasok kain batik. Penting sekali untuk mengidentifikasi beberapa pemasok untuk menilai kemampuan mereka dan bisa membandingkan harga dengan menetapkan spesifikasi.

Contohnya, pemasok harus bisa menjelaskan bahan yang digunakan, motif batik yang dibuat seperti apa, dan juga desainnya bagaimana. Oleh karena itu keterbukaan antara kamu dan pemasok juga harus dijaga dengan baik.

  1. Penilaian

Hal yang utama dalam memilih pemasok adalah pada penilaian. Untuk biaya sebaiknya jangan dijadikan sebagai pilihan tunggal, tapi sebaiknya kamu harus memerhatikan penilaian seperti di bawah ini:

  • Pelayanan terhadap pelanggan
  • Konsistensi dan komitmen pengiriman barang
  • Daya tanggap pemasok harus tinggi

Saran saya cari pemasok sebanyak mungkin jikalau memang susah ya minimal 2 pemasok saja sudah cukup. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kalau ada salah satu pemasok yang sedang tidak baik atau bahkan sudah gulung tikar. Karena kita tidak tahu kedepannya akan seperti apa, maka dari itu hal ini juga sangat penting untuk kamu lakukan.

  1. Lihat Kualitas Kain Batik

Hal yang juga sangat penting adalah memperhatikan kualitas dari kain batik tersebut, karena jika kualitas batik dari pemasok tidak bagus maka kamu akan kecewa dan juga pelanggan kam juga merasa kecewa juga. Carilah pemasok yang memiliki banyak motif kain batik jadi kamu bisa menentukan banyak pilihan untuk kain batik yang ada di pemasok tersebut.

  1. Bangun Layanan dan Komunikasi yang Baik

Apakah kamu membutuhkan pemasok yang bisa mengirimkan barang secara tepat waktu dan jujur dalam segala hal? Kainbatikbagus.com adalah solusi untuk kamu yang menginginkan pemasok yang tepat waktu dan jujur dalam segala hal. Bukan hanya itu produsen kain batik Solo ini juga memiliki banyak motif batik yang bagus dan kekinian.

Nah, itu tadi hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih produsen batik. Semoga artikel diatas bisa membantu mengambangkan bisnis kamu dan semoga bermanfaat untuk kita semua.