Home Berita Ide Zakat Listrik, Gubernur Jambi Diundang ke Markas PBB New York

Ide Zakat Listrik, Gubernur Jambi Diundang ke Markas PBB New York

91
Loading...

Gema Rakyat – Konsep pemanfaatan zakat untuk pengembangan listrik membawa Zumi Zola ke markas PBB. Dalam rangkaian sidang umum PBB, gubernur Jambi itu diminta berbicara tentang pengelolaan zakat oleh badan zakat untuk pendanaan pembangkit listrik mikrohidro.

Selain itu, ada kerja sama antara PBB dan Bank Jambi. ’’Ini konsep pertama di dunia. Tadi dapat respons positif dari Turki,’’ ujar Zumi kepada Jawa Pos di New York Rabu waktu setempat (20/9).

Di Jambi, terang Zumi, masih banyak desa yang belum teraliri listrik. Dengan pembangkit mikrohidro tersebut, 11 ribu rumah di dua kabupaten bisa terjangkau setrum. Target terealisasinya tahun depan.

Menurut mantan aktor itu, delegasi Turki banyak bertanya karena di negara mereka tak ada badan khusus untuk mengelola zakat.

’’Bayangkan kalau ini diaplikasikan di seluruh negara muslim, pasti dampaknya akan sangat positif,’’ kata pria kelahiran Jakarta, 31 Maret 1980, itu.

Dia pun melaporkan hal tersebut kepada Wapres Jusuf Kalla dan mendapat apresiasi. ’’Kata Pak Wapres, jangan hanya mengeluh pada PLN. Kita harus bisa berinovasi,’’ tambah dia.[Gema Rakyat / jpnn]

Loading...