Home Berita Indonesia Harus Putus Hubungan Diplomatik dengan Myanmar

Indonesia Harus Putus Hubungan Diplomatik dengan Myanmar

53

Gema Rakyat – Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (PP Parmusi) Usamah Hisyam mendesak Presiden Joko Widodo untuk memutus hubungan diplomatik politik Indonesia-Myanmar.

Usamah menyebut, hal itu harus dilakukan guna meminimalisir ketegangan yang terjadi agar tidak terulangnya pembantaian terhadap umat Islam Rohingya.

“Pemerintah Indonesia bersama negara ASEAN lainnya harus memberikan sanksi kepada Myanmar dengan melakukan embargo ekonomi yaitu mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan ASEAN,” kata Usamah Hisyam dalam rilisnya, Jakarta, Rabu (6/9).

Menurut dia, Myanmar telah melakukan kejahatan kemanuasian luar biasa yang melanggar ketentuan Universal Declaration of Human Rights dan International Covenant on Civil and political Rights.

Loading...

Karena itu, ia juga menilai Myanmar layak diseret ke Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda atas kejahatan kemanusiaannya itu.

“Semoga Allah melaknat pemerintah dan junta militer Myanmar, menghancur-leburkan pendirian, persatuan dan perkumpulan mereka. Serta menjadikan etnis muslim Rohingya berkuasa atas mereka,” tegas Usamah Hisyam.[Gema Rakyat / psi]

Loading...