Ingin Ajukan Kredit KTA? Ini yang Perlu Anda Persiapkan!

  • 2 min read
  • Mar 18, 2021
Kredit KTA

Mengajukan pinjaman ke bank kini bisa dilakukan dalam berbagai cara. Bagi mereka yang memiliki barang berharga atau surat berharga, menjaminkannya ke bank bisa menjadi cara yang lebih mudah. Dana pinjaman yang didapatkan pun sesuai dengan jaminan yang diberikan. Lalu bagaimana jika kebutuhan datang saat tak ada jaminan? Jangan khawatir karena sekarang ini ada produk kredit tanpa jaminan atau KTA yang bisa Anda ambil. Kredit KTA ini bisa memberikan nasabah uang pinjaman hingga ratusan juta rupiah tanpa jaminan apapun. Tentu saja tak semua orang bisa mendapatkannya karena persyaratan yang diberikan sangat ketat. Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan, berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan:

  • Kartu kredit.

Sebagian besar bank pemberi KTA akan meminta menjadikan kartu kredit sebagai salah satu persyaratannya. Anda harus memiliki minimal satu kartu kredit yang telah digunakan minimal 1 tahun. Bukan hanya memiliki kartu kredit saja, namun riwayat penggunaan kartu kredit juga harus baik dari segi pembayaran setiap bulan hingga sisa limit yang masih bisa dipergunakan. Bagi Anda yang ingin mengajukan KTA segeralah perbaiki riwayat kartu kredit yang nantinya akan disertakan dalam persyaratan.

  • Riwayat kredit 1 tahun terakhir.

Cek juga riwayat kredit Anda setidaknya 1 tahun terakhir. Cara untuk mengetahui riwayat kredit yang benar dan akurat adalah langsung datang ke kantor OJK di kota Anda untuk mendapatkan SLIK atas nama Anda. Dari SLIK tersebut bisa dilihat riwayat kredit yang Anda miliki. Jika ada catatan kurang baik akan langsung terlihat beserta keterangan dimana kredit yang memiliki catatan buruk tersebut sehingga bisa langsung diselesaikan. Tanpa riwayat buruk dalam urusan kredit, Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan kredit KTA.

  • Alamat rumah dan tempat bekerja.

Tanpa jaminan, membuat bank harus ekstra memilih nasabah mana yang akan diberi pinjaman. Alamat rumah dan tempat bekerja yang jelas dan riil merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi. Bank juga akan lebih suka kepada calon nasabah yang memiliki nomer telepon rumah agar lebih meyakinkan.

  • Nomer telepon genggam.

Selain alamat rumah, nomer telepon genggam atau handphone yang diberikan haruslah aktif selalu. Point ini penting terutama saat proses survey karena bank akan melakukan pengecekan terhadap data Anda dengan menghubungi secara langsung. Karena itu selama proses survey usahakan nomer handphone selalu aktif dan Anda selalu mengangkat telepon yang masuk.

  • Penghasilan dan pekerjaan.

Pastikan Anda memiliki pekerjaan tetap baik swasta, negeri maupun wirausaha dengan penghasilan minimal sesuai dengan ketentuan bank yang digunakan. Ini juga nantinya akan membantu Anda dalam membayar kredit saat sudah dinyatakan lolos dan cair.

  • Formulir permohonan.

Isilah formulir permohonan dengan jelas dan benar sesuai dengan kenyataan agar tidak mengalami kekeliruan saat proses survey.

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mengajukan permohonan kredit KTA agar bisa lolos verifikasi. Perlu diperhatikan bahwa proses persetujuan KTA bisa sangat cepat maupun lebih lambat sesuai dengan data yang Anda berikan dan kebijakan dari bank pemberi KTA. Umumnya proses persetujuan akan membutuhkan waktu antara 2 hingga 14 hari kerja. Jika Anda sudah menerima informasi persetujuan maka tak lama berselang, uang pinjaman akan ditransfer ke rekening Anda yang telah didaftarkan di formulir permohonan KTA yang telah ditandatangani.

Selain di Bank, saat ini ada begitu banyak layanan melalui online perusahaan pembiayaan dan juga pinjaman, dan rata-rata mereka memberikan pinjaman online langsung cair ktp 2021. Tapi Anda tetap harus hati-hati karena ada juga yang tidak resmi dari OJK atau illegal.