Home Otomotif Ini 5 Fungsi Pelumas Yang Wajib Anda Ketahui

Ini 5 Fungsi Pelumas Yang Wajib Anda Ketahui

49

Shell baru saja menggelar sebuah workshop tentang bagaimana memilih pelumas yang baik, mengingat perannya yang sedemikian vital
pada kendaraan.

Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, Shofwatuzzaki mengatakan, minimal mesti dibekali pengetahuan menentukan pelumas yang sesuai spesifikasi kendaraan. Ia menyebutkan lima faktor yang membuat pelumas mesin menjadi vital bagi kendaraan.

Pertama berperan untuk melumasi komponen jeroan kendaraan. Pelumas diperlukan untuk melumasi permukaan komponen, mereduksi gesekan, dan memperpanjang usia komponen.

Kedua, pelumas juga berperan melindungi mesin kendaraan. Utamanya adalah melindungi mesin dari efek zat kimia yang berpotensi menimbulkan korosi.

Ketiga, pelumas juga bermanfaat sebagai cairan pembersih mesin. Pelumas mengandung zat khusus yang membantu mencegah partikel kotoran yang menempel. "Kotoran itu bisa membentuk kerak sehingga berpengaruh pada performa mesin,” papar Zaki.

Keempat, mendinginkan mesin juga menjadi tugas pelumas. Suhu mesin dapat terjaga dan stabil berkat pelumas yang tepat. Terakhir, pelumas dapat menghemat bahan bakar karena kinerja mesin tak menjadi berat. Hal ini karena gesekan antar komponen dapat dikurangi.

Loading...