Ini Dia, Keuntungan Virtual Event yang Harus Kamu Ketahui

  • GemaRakyat
  • Jan 19, 2022

Di zaman sekarang ini, mengadakan suatu event sudah tidak perlu repot lagi menyiapkan segala sesuatunya. Cukup dengan menggunakan kemajuan teknologi yang ada, segala apapun bisa lebih mudah. Seperti yang sudah dilakukan oleh banyak perusahaan ketika mengadakan suatu event, mereka menggunakan basis event virtual yang saat ini sedang marak digunakan.

Virtual event merupakan istilah dari mengadakan acara atau event secara online memanfaatkan koneksi internet. Acara bisa bersifat kecil atau yang bersifat besar sekalipun, yang dihadiri oleh ribuan orang. Semua bidang boleh mengadakan event dengan teknik ini, Tidak terpaku pada perusahaan besar saja, sejumlah perusahaan kecil, universitas, hingga banyak sektor sudah banyak memanfaatkan event virtual ini. Namun, tentunya teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui sebelumnya. Yuk kita cari tahu.

Kelebihan dari Virtual Event

Umumnya, mengadakan suatu event perlu biaya yang cukup besar untuk menyewa ruangan, konsumsi, transport, dekorasi dan segala persiapan yang berkaitan dengan teknis acara. Dengan adanya jasa virtual event, semua biaya itu bisa dipangkas, bahkan tidak perlu lagi menyiapkan semua keperluan itu. Justru yang diharapkan adalah anda bisa lebih memaksimalkan kualitas acara, seperti penyuguhan materi yang berkualitas, pelayanan yang baik, dan koneksi internet yang stabil, sehingga memberikan pengalaman dan kesan yang baik bagi para audiens yang mengikutinya.

Tempat Berbagi Terbaik

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa virtual event tentu merupakan kegiatan terbaik untuk berpromosi dan memasarkan produk serta berbagi informasi penting kepada banyak orang. Semua itu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan dengan siapa saja di seluruh dunia tanpa mengenal batas. Hal ini sudah pasti akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan yang mengadakan event.

Lebih Ramah Terhadap Lingkungan

Tanpa disadari, mengadakan suatu acara menggunakan event virtual, anda sudah menyelamatkan lingkungan dari emisi CO2 (karbondioksida) yang dihasilkan dari kendaraan yang harusnya dilakukan jika mengadakan event secara tatap muka. Hal ini tentunya lebih ramah lingkungan, karena event bisa diikuti dari tempat tinggal masing-masing.

Mengurangi Biaya Operasional

Lampu adalah salah satu yang menyebabkan biaya operasional menjadi mahal saat mengadakan event secara offline. Saat menggunakan virtual event tidak perlu lagi menyalakan lampu hall atau balai yang besar. Selain itu, ada beberapa biaya lagi yang bisa dipangkas karena memang tidak diperlukan saat mengadakan virtual event yaitu makanan dan minuman, biaya sewa gedung, biaya akomodasi narasumber. Nah dengan begini, sudah jelas bukan kalau virtual event jauh lebih murah dibandingkan dengan event secara offline.

Menjangkau Peserta Lebih Banyak

Keuntungan virtual event yang lain adalah menjangkau peserta lebih banyak lagi. Bagi yang tempat tinggalnya jauh dari dimana event diselenggarakan, tentu saja akan sulit dan lebih banyak biaya lagi untuk hadir di event tersebut kecuali apabila diberi akomodasi selama event tersebut berlangsung. Tetapi hal itu tidak akan terjadi jika menggunakan jasa virtual event karena siapa saja bisa menghadiri event tersebut di mana pun ia tinggal. Bahkan untuk orang-orang yang tinggal di luar indonesia juga tetap bisa menghadiri virtual event itu karena tidak perlu jauh-jauh datang ke Indonesia, caranya mudah sekali hanya sekedar masuk ke dalam website di mana event virtual tersebut dilaksanakan.

Related Post :