Inilah Aturan Penggunaan S dan ES dalam Mempelajari Bahasa Inggris

  • 2 min read
  • Aug 14, 2021
Penggunaan S dan ES

Bahasa inggris memang bahasa yang sangat kompleks sekali daripada bahasa Indonesia. Jika dalam bahasa Indonesia ketika jamak maka perlu penambahan adanya kata di belakang kata tersebut. tetapi untuk bahasa inggris tentu sangat berbeda dan terkadang hanya menambahkan dua huruf saja.

Hal-hal seperti ini tentu harus sangat diperhatikan oleh seseorang yang belajar bahasa inggris. Salah satu hal yang paling banyak dibahas dalam bahasa inggris ini adalah penggunaan “s” dan “es”. Keduanya ini sebenarnya bukan kata tambahan tetapi lebih kepada imbuhan dalam bahasa inggris. Berikut ini cara penggunaan “s” dan “es” baik pada kata kerja atau kata benda dalam bahasa inggris.

Penggunaan “s” dan “es”

Dalam bahasa inggris khususnya dalam kata kerja sering kita temui terkait beberapa kata yang menggunakan “s” dan “es”. Misalnya saja, buys, students dan juga kata lainnya sedangkan ada juga yang berimbuhan “es” seperti goes, studies, dan juga beberapa contoh lainnya.

Penggunaan imbuhan tersebut dalam bahasa inggris ini lebih banyak digunakan untuk kalimat present tense. Jadi suatu kalimat dimana yang menjelaskan di masa sekarang dan bukan masa akan datang atau masa lampau. Selain itu, pengguan imbuhan ini juga melekat pada sesuatu yang makna tunggal dan bukan makna jamak

Pada penggunaan kata kerja, untuk imbuhan “s” dan “es” ini juga melekat pada s, o, z, x, ch, dan sh. Dengan kata lain, setiap kata kerja yang bagian belakangnya ada akhiran seperti di atas maka wajib menggunakan “s” dan “es”. Misalnya saja, studies dan juga students, dari kedua contoh tersebut jelas jika akhiran seperti disebutkan di atas selalu menempel pada imbuhan tersebut.

Selain dari itu ada juga yang huruf tertentu bisa berubah ketika di masuki “s” dan “es”. Salah satu contohnya adalah knife akan berubah menjadi knives ketika dimasuki imbuhan di atas. Selain itu juga ada beberapa penambahan lagi terkait penggunaan imbuhan diatas.

Tips Menghindari Kesalahan Penggunaan

Sebagai orang yang pertama kali belajar bahasa inggris tentu akan sangat kesulitan terkait mana kata yang ditambahi –s atau –es. Keduanya ini memang ada aturan tersendiri dalam bahasa inggris agar dalam menyusun kata-kata sesuai dengan grammar. Kesalahan salah satu satu bisa fatal artinya atau bahkan ada makna ganda dalam masalah artinya tersebut.

Untuk itu perlu adanya tips agar kesalahan ini tidak bermakna ganda atau salah dalam penulisan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software tertentu untuk melacak apakah bahasa inggris ini sesuai grammar atau tidak. Selain software sebenarnya ada juga website online yang bisa mengecek terkait imbuhan tersebut.

Dengan memanfaatkan ini tentu akan sangat membantu sekali ketika kamu pusing akan kata kerja atau kata lainnya dalam bahasa inggris. Dengan adanya bantuan software atau website ini tentu sangat baik sekali dalam membantu melancarkan atau mengedit kata-kata yang kurang benar grammarnya.

Tidak hanya di software, di word pun kamu juga bisa melacak kebenaran terkait imbuhan ini. Sehingga, ketika kamu tidak tahu situs atau software mana yang digunakan, kamu juga bisa memilih word sebagai solusinya.

Itulah beberapa kriteria penggunaan e dan es dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui. Pentingnya mengetahui hal ini adalah ketika kamu berkomunikasi lewat email atau media lain dimana tanpa adanya percakapan secara langsung. Jika percakapan secara langsung mungkin masih bisa dimengerti tetapi ketika melalui media tulisan ditakutkan maknanya bisa berubah atau salah dari sisi penulisannya.