Inilah Perbedaan Obligasi Pemerintah & Korporasi Beserta Keuntungan dan Risikonya

  • 4 min read
  • Oct 04, 2021
Obligasi

Obligasi pemerintah adalah salah satu jenis investasi obligasi selain dari obligasi korporasi. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas dan sama-sama menguntungkan dengan cara yang berbeda. Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan modal yang dimiliki.

Ketahui Perbedaan Antara Obligasi Pemerintah dan Korporasi

Obligasi termasuk surat utang jangka menengah atau jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Obligasi dibayarkan dalam bentuk bunga (kupon) setelah periode tertentu. Ketahuilah risiko dan keuntungannya antara kedua obligasi tersebut untuk Anda bisa pilih dengan tepat.

1. Jenis Penerbit

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) obligasi adalah salah satu bentuk investasi yang bertujuan untuk memberikan pertumbuhan yang stabil dan risiko minim. Yang merilis investasi obligasi pemerintah adalah pemerintah dan penerbit obligasi korporasi adalah perusahaan. Keduanya terbilang stabil karena didukung oleh Pemerintah RI sedangkan obligasi korporasi dikeluarkan oleh BUMN atau perusahaan kenamaan lainnya.

Perbedaan yang merilis obligasi menentukan peluang untuk mendapatkan capital gain (keuntungan) juga resikonya. Tentu tiap investasi memiliki risiko, tinggal Anda memilih apakah mengandalkan pemerintah atau perusahaan tertentu untuk memanfaatkan dan mengembalikan modal Anda.

2. Kupon Obligasi

Obligasi adalah janji pihak penerbit surat obligasi untuk memberi imbalan berupa bunga pada periode tertentu dalam bentuk kupon. Obligasi Pemerintah RI dalam bentuk kupon tetap dengan seri FR atau Fixed Rate dan kupon variable dengan seri VR atau Variable Rate). Obligasi korporasi mengeluarkan kupon tetap, dan juga kupon variabel. Perbedaannya, Obligasi pemerintah memiliki tingkat kupon lebih rendah daripada obligasi korporasi.

3. Kenali resiko

Ada keuntungan obligasi baik yang diterbitkan pemerintah maupun korporasi dan ada juga resikonya. Kalau membandingkan mengenai potensi investasi yang lebih berisiko maka obligasi korporasi memiliki risiko yang lebih tinggi. Ada berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko investasi dengan obligasi korporasi seperti jenis perusahaan dan kondisi pasar.

Obligasi yang dirilis pemerintah lebih rendah resikonya karena dijamin dalam Undang-undang kalau pemerintah akan menjamin bunga dan pembayaran pokoknya.. Bahkan bisa dibilang obligasi yang dirilis pemerintah minim resiko dan cocok bagi Anda yang menginginkan investasi yang dapat diandalkan dan bermain secara aman.

4. Keuntungan Capital Gain

Dari keuntungan, obligasi korporasi lebih berisiko tapi memiliki peluang penghasilan yang lebih besar dibandingkan obligasi pemerintah ketika dijual pada pasar sekunder. Hal ini berkaitan dengan imbal hasil obligasi korporasi yang bisa mencapai lebih dari 11 persen kalau memilih tenor di atas 10 tahun. Semakin lama Anda melakukan investasi, maka semakin besar juga hasil yang bisa diharapkan.

Obligasi dari pemerintah memiliki tenor 2 sampai 3 tahun saja. Investasi Obligasi Negara (ORI) dan Sukuk Retail bisa dilakukan sampai 3 tahun. Saving Bonds Retail (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST) bisa sampai 2 tahun. Kalau membandingkan dengan Obligasi korporasi, durasi investasi obligasi dengan pemerintah lebih singkat.

5. Modal Awal Mulai Investasi

Hal lain yang perlu diketahui antara kedua jenis Obligasi yang ada dari korporasi dan pemerintah adalah besarnya modal untuk bisa mulai ikut melakukan investasi. Obligasi korporasi butuh modal yang yang relatif besar kalau dibandingkan dengan obligasi pemerintah.

Jumlah minimal investasi obligasi korporasi adalah 20 juta rupiah sedangkan obligasi dari pemerintah bisa mulai investasi dengan 1 juta saja. Jadi, fakta ini bisa menjadi poin penting ketika Anda akan melakukan investasi dalam bentuk Obligasi.

Itulah beberapa perbedaan antara obligasi pemerintah dan obligasi korporasi. Keduanya memiliki keuntungan dan resikonya masing-masing. Anda tinggal memilih yang paling pas dengan kebutuhan Anda.

Investasi Obligasi di DBS Treasures

Kembangkan kekayaan Anda dengan bergabung dengan priority banking DBS Treasures yang memiliki beragam pilihan investasi. Bagi Anda yang berminat dengan obligasi pemerintah dapat membelinya melalui DBS Treasures yang memiliki berbagai keunggulan termasuk.

● Diterbitkan oleh Pemerintah

Investasi Anda dijamin dalam Undang-undang

● Tersedia berbagai pilihan

Anda dapat memilih jangka waktu investasi dan mata uang IDR, USD, dan EUR sesuai preferensi Anda.

● Kupon reguler

Pembayaran dilakukan dalam bentuk kupon secara periodik.

Investasi Obligasi Pemerintah dengan DBS Treasures

Obligasi pemerintah yang ditawarkan oleh DBS Treasures adalah berbentuk surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memperoleh pendanaan. Pemerintah sebagai pihak penerbit obligasi akan membayar surat utang yang sudah dikeluarkan sesuai waktu jatuh tempo, berdasarkan tingkat kupon dan jangka waktu obligasi yang sudah disepakati.

Pilihan Pembelian Investasi Obligasi Pemerintah

Ada dua waktu untuk bisa membeli Obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Anda tinggal memilih pilihan terbaik dari opsi yang diberikan.

  • Obligasi Pasar Perdana : Perhatikan waktu yang sudah ditentukan ketika obligasi akan dilepas perdana ke publik (Initial Public Offering). Harga yang bisa dibeli menyesuaikan dengan nilai yang ditawarkan.
  • Obligasi Pasar Sekunder : Ini adalah Obligasi pemerintah diperjualbelikan sebelum jatuh tempo pada investor lainnya di pasar modal. Perhatikan jatuh tempo dan nilai pokok untuk meningkatkan potensi mendapatkan capital gain yang sesuai ekspektasi.

Jenis Investasi Obligasi dengan DBS Treasures

Anda memiliki beberapa pilihan dalam melakukan investasi obligasi pemerintah dengan DBS Treasures. Pilihannya termasuk :

  • Obligasi dengan mata uang IDR Konvensional pilihanya adalah FR & PBS
  • Obligasi dengan mata uang IDR Ritel yakni SR & ORI.
  • Obligasi dengan mata uang USD: INDON & INDOIS.

Fitur & Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah

  • Kupon Reguler
    Peroleh pendapatan reguler dalam bentuk kupon yang dibayarkan berkala sesuai periode investasi yang dilakukan oleh penerbit obligasi yakni pemerintah RI.
  • Potensi Capital Gain
    Beberapa jenis Obligasi pemerintah bisa dijual kapanpun asalkan belum jatuh tempo dan memiliki potensi keuntungan dari kenaikan harga obligasi yang dijual.
  • Kupon kompetitif
    Anda memiliki tingkat kupon yang bersaing di atas rata-rata deposito berjangka.
  • Tanpa biaya tambahan
    Anda tidak akan dibebani biaya tambahan kecuali dari selisih harga jual dan belinya.
  • Transaksi 24/7
    Obligasi pemerintah yang bisa di jual dan beli kapan saja, di mana saja memakai Aplikasi digibank by DBS.

Nikmati berbagai keuntungan investasi obligasi sebagai Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures. Anda dapat mulai investasi obligasi pemerintah dan mulai penempatan dana sesuai dengan ketentuan DBS Treasures. Yuk, bergabung sebagai nasabah DBS Treasures sekarang juga, Anda dapat memperoleh strategi manajemen kekayaan yang menitik beratkan kebutuhan Anda, sehingga keputusan investasi akan sesuai dengan keinginan dan potensi yang dimilikinya.