Investasi Valas: Pilihan Tepat untuk Menjaga Aset

  • 3 min read
  • Oct 04, 2021
Investasi Valas

Keadaan ekonomi suatu negara berpengaruh langsung pada seluruh warga negaranya. Lihat saja pada saat pandemi. Dikarenakan pandemi, pemerintah harus melakukan pembatasan aktivitas untuk rakyat Indonesia tetapi sayangnya, pembatasan ini berdampak buruk terhadap sektor ekonomi. Kegiatan ekonomi menjadi lebih terbatas. Para penjual hanya dapat menjual produk mereka di jam tertentu dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding biasanya untuk para pembeli yang akan datang. Lalu para pembeli, mereka menjadi tidak memiliki waktu seleluasa dulu untuk datang berbelanja. Hal ini juga berlaku sama dengan negara lain, ekonomi mereka juga berada di masa sulit akibat pandemi.

Oleh karena itu, mengelola keuangan dengan baik menjadi salah satu solusi terbaik yang dapat Anda lakukan di masa ini. Salah satu cara untuk mengelola keuangan adalah dengan tidak menyimpan uang hanya dalam satu tempat. Sebaiknya simpanlah uang Anda di beberapa tempat agar Anda dapat menjaga aset Anda dan tidak khawatir mengenai fluktuasi mata uang. Penjagaan aset ini dapat dilakukan melalui investasi valas. Investasi valas adalah investasi valuta asing yang memanfaatkan naik turunnya kurs mata uang asing. Investasi valas ini memiliki beberapa keuntungan lain yang dapat membuat Anda menjadi lebih tertarik lagi untuk berinvestasi:

  1. Mata uang asing sulit terdampak devaluasi

Devaluasi atau penurunan nilai mata uang tidak mudah terjadi di negara-negara yang mata uangnya dapat kita tukarkan sebab mata uang yang dipilih merupakan mata uang dari negara-negara yang memiliki perekonomian cukup stabil, sehingga, kemungkinan penurunan nilai mata uangnya di tingkat internasional sangatlah kecil.

  1. Likuiditas yang tinggi

Bagi Anda yang bekerja atau berminat dalam dunia investasi, kata likuiditas pasti sudah tak terdengar asing lagi di telinga Anda. Likuiditas adalah kata yang menunjukkan kondisi keuangan dari suatu perusahaan. Pada investasi valas sendiri likuiditas digunakan untuk menggambarkan nilai dari sebuah mata uang.

Untuk mata uang asing, mereka memiliki likuiditas yang tinggi. Di mana artinya, mereka dapat dijual atau/dan dibeli dengan mudah. Dapat dikatakan, jika suatu saat Anda tiba-tiba membutuhkan dana, Anda dapat menjual investasi Anda tanpa perlu kebingungan.

  1. Memudahkan Anda dalam melakukan transaksi luar negeri

Jika Anda adalah seseorang yang suka berbelanja dari luar negeri, atau merupakan seorang pelajar di luar negeri, ataupun Anda terkadang harus mengirimkan uang kepada sanak saudara Anda yang tinggal di negara yang berbeda, maka investasi mata uang asing dapat memudahkan Anda untuk melakukan transaksi-transaksi tersebut.

Dahulu pengiriman mata uang asing memerlukan proses Panjang, namun dengan semakin berkembangnya zaman, kita dapat lebih memilih transaksi bank yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Terutama, mengingat fakta bahwa kita masih di tengah masa pandemi, sehingga sebisa mungkin kita harus tetap di rumah agar dapat menjaga kesehatan. Untuk menjawab isu ini, Anda bisa melakukan investasi valas dari digital banking, terutama digital banking dengan aplikasi digibank by DBS. Melalui layanan ini, Anda dapat melakukan transaksi dengan cepat dan mudah dengan digital banking digibank by DBS. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencari dan pergi ke cabang terdekat karena sekarang Anda dapat melakukannya secara online dalam waktu yang bebas selama 24 jam dalam 7 hari. Selain keuntungan aksesnya, di bawah ini merupakan keuntungan lain dari berinvestasi di digital banking digibank by DBS:

  1. Deposito dalam mata uang asing

Anda dapat melakukan deposito dalam 10 mata uang asing, yaitu USD (United States Dollar), SGD (Singapore Dollar), AUD (Australian Dollar), EUR (Euro), GBP (British pound sterling), CAD (Canadian Dollar), CHF (Swiss Franc), HKD (Hong Kong Dollar), JPY (Japanese Yen), dan NZD (New Zealand Dollar). Mata uang euro yang berlaku pada lebih dari 15 negara yang tergabung dalam Uni Eropa, menjadikan euro sebagai mata uang terkuat kedua di dunia setelah doar Amerika.

  1. Penempatan mulai dari USD 100 dengan bunga kompetitif
  2. Tenor yang berlaku mulai dari 1 sampai dengan 12 bulan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Tenor sendiri berarti jangka waktu dari pinjaman kredit yang Anda lakukan. Anda harus membayarkan sesuai dengan jangka waktu yang telah disebutkan dan disetujui.
  3. Akses 24/7 di semua bisa di dalam 1 Aplikasi.

Melalui Aplikasi digibank by DBS Anda diberikan fleksibilitas untuk memiliki akses 24/7 dalam melakukan segala jenis aktivitas investasi.

Jadi, bagi Anda yang masih bingung di mana tempat terbaik untuk menjaga asetmu, jangan ragu lagi untuk melakukannya sekarang juga melalui digital banking digibank by DBS karena melalui digibank by DBS ini Anda dapat melakukan berbagai jenis investasi, termasuk investasi valas atau investasi mata uang asing. Penawaran produk dari digibank by DBS adalah sajian lengkap investasi ala rumah makan padang ini. Selamat berinvestasi!