Jangan Abaikan Faktor Ini untuk Memilih Nama Toko Online

  • 2 min read
  • Aug 02, 2021
Jangan Abaikan Faktor Ini untuk Memilih Nama Toko Online

Tidak sedikit yang merasa sulit dalam menentukan nama toko online yang tidak hanya menarik namun mudah diingat. Apalagi, jika produk yang ditawarkan cukup unik atau malah belum pernah sama sekali di tawarkan. Meski demikian, bukan berarti sangatlah sulit untuk menentukan pilihan karena memang tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bahkan bisa memulai dari nama nama toko yang ada di sekitar dimana Anda tinggal. Atau, saat membeli sesuatu di toko online dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Tapi, bagi Anda yang ingin mengetahui kriteria apa saja yang sebaiknya disertakan dalam memilih nama toko online. Maka di artikel ini akan dibahas secara detail dan situs apa yang sebaiknya Anda ikuti untukĀ  mengembangkan toko online Anda sendiri.

Kriteria Nama Toko Online yang Bagus

Tidak ada aturan khusus atau baku dalam membuat nama toko. Sepanjang Anda suka, mencerminkan apa yang dijual dan diterima konsumen maka nama tersebut sudah benar. Namun, jika dikaitkan dengan visi dan misi kedepan. Atau, adanya harapan dari sebuah nama maka ada beberapa kriteria yang harus dipersiapkan. Apa saja itu?

Representatif

Sebagai faktor pertama yang harus dipertimbangkan adalah representatif. Adapun yang dimaksud dengan representatif adalah kemampuan sebuah nama toko dalam menggambarkan usaha atau produk yang sedang ditawarkan.

Artinya, memilih nama toko haruslah tetap menyesuaikan dengan jenis produk yang ditawarkan. Misalnya saja usaha Anda di bidang otomatif, tentu saja pemilihan nama toko pun harus sesuai dengan produk atau jasa. Jika tidak, bukan tidak mungkin banyak pelanggan yang merasa kurang yakin untuk membeli di link yang diberikan. Meski demikian, tidak sedikit juga yang tidak menggunakan nama toko sesuai dengan produk dan ini sah sah saja dilakukan. Jadi, silahkan memilih!

Mudah Diingat

Ini merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih nama toko yang bagus yaitu mudah diingat dan sederhana. Usahakan untuk tidak menggunakan banyak karakteristik atau angka yang justru menyulitkan pelanggan menghafal nama toko. Untuk membuat nama toko yang mudah diingat bisa dengan menggunakan kata gabungan atau kata kata umum yang berkaitan dengan usaha.

Original

Pernah mendengar sebuah kasus yang menggugat salah satu nama brand karena sudah memiliki hak paten terlebih dahulu? Yup, peristiwa ini pernah terjadi dikarenakan salah satu pihak menggunakan nama toko online yang notabene sudah dikenal oleh masyarakat banyak terlebih dahulu. Artinya, hindari menggunakan nama toko yang sudah familiar meski Anda berusaha untuk memodifikasi atau menambahkan beberapa kata. Lebih baik, gunakan nama toko yang asli dan original yang tetap mengacu pada produk yang Anda jual.

Adapun manfaat terbesar dari penggunaan nama toko online yang asli adalah bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan akan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Tidak Menyinggung Pihak Lain

Yup, sebaiknya pilihlah nama toko online yang tidak memberi kesan apapun dalam hal menyinggung satu bisnis. Meski tidak ada larangan dalam memilih nama toko yang mengundang sensasi namun percayalah, hal ini tidak bisa bertahan cukup lama.

Itulah tips atau kriteria dalam memilih nama toko online yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi Wong Cerdas yaitu sebuah situs yang membahas banyak hal menarik dan yang sedang trend khususnya di dunia online. Kelebihannya adalah informasi yang diberikan selalu update sehingga Anda dijamin tidak akan ketinggalan berita. Yuk, buruan!