Jangan Khawatir Inilah Tips Mengatur Jadwal Belajar Secara Mudah

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Jadwal Belajar

Ketika menyambut tahun ajaran baru, pastinya anda mau tak mau harus lebih semangat lagi dalam belajar bukan? Apalagi jika anda telah selesai liburan semester panjang, pastinya semangat belajar harus tetap senantiasa dipelihara mengingat biasanya akan sering kendor dan bahkan lali untuk belajar lagi.

Namun tak jarang dari kita yang ingin rajin belajar tetapi malah seringnya terlalu lama berisirahat hingga berujung malas bukan? Eits, tenang dulu ya! Hal tersebut memang manusiawi nah untuk itu jangan khawatir dan panik, sebab anda bisa mengatasi hal tersebut kok! Berikut rangkuman tips mengatur jadwal belajar dari seputarkelas.com.

  1. Pisahkan waktu mengerjakan tugas dan waktu belajar

Tugas yang diberikan oleh guru tak jarang membuat kita menjadi malas untuk belajar apalagi jika jumlahnya sangat banyak dan soalnya sangat sulit bukan? Belum lagi jika sudah menumpuk karena tidak lekas dikerjakan.

Nah untuk mengatasi hal itu  maka alangkah lebih baiknya lagi jika anda memisahkan waktu pada saat sedang mengerjakan dan juga waktu belajar. Dengan begitu anda pun akan menjadi lebih fokus lagi terhadap apa yang sedang anda kerjakan. Bahkan proses belajar anda pun pastinya akan menjadi jauh lebih efektif.

Sebagai contoh anda bisa mengerjakan tugas pada waktu siang hari kurang lebih sekitar jam 1 sampai dua siang. Setelah itu anda bisa menyediakan waktu khusus untuk belajar pada sore hari atau malam hari. Sangat mudah bukan? Jika sudah lakukan hal tersebut secara lebih teratur, disiplin, dan juga konsisten agar anda menjadi terbiasa ya!

  1. Membuat daftar prioritas to do list

Untuk memudahkan anda dalam membuat prioritas terhadap suatu kegiatan maka daftar to do list ini bisa anda gunakan dalam berbagai hal, tak terkecuali dalam mengatur jam belajar sendiri.

Caranya sendiri sangat gampang yaitu anda hanya perlu mencantumkan daftar materi yang harus dipelajari atau tugas mana saja yang terlebih dahulu harus dikerjakan hari ini.  Nah jika sudah melaksanakannya maka anda bisa memberikan centang pada daftar to do list  tersebut.

Pada dasarnya anda tidak harus selalu bergantung pada daftar prioritas to do list ini kok! Melainkan  anda dapat menyesuaikan dengan aktivitas keseharian anda terlebih dahulu seperti apa. Nah, jika sudah selesai mengerjakan prioritas anda tersebut dan jika masih ada sisa waktu maka anda bisa melakukan hal lainnya pastinya.

  1. Menentukan tujuan yang jelas

Agar anda menjadi semakin semangat dalam belajar maka alangkah lebih baiknya lagi jika anda menetapkan tujuan yang jelas atu lebih spesifik. Nah untuk memulainya anda bisa memisahkan tujuan dari masing-masing bidang.

Selain itu anda juga bisa memisahkannya menjadi 2 bagian yaitu eksternal dan juga internal. Sebagai contoh tujuan eksternal untuk memperoleh nilai yang bagus di setiap mapel. Sedangkan tujuan internalnya sendiri agar lebih pintar.

  1. Ikuti bimbel

Tidak sedikit dari kita yang sulit untuk mendisiplinkan diri dalam belajar karena pastinya belum tahu sarana belajar yang bisa mewadahinya. Baik itu bingung karena harus mulai belajar materi mapel dari mana, gaya belajar yang tepat, fasilitas yang dibutuhkan, hingga berbagai macam hal lainnya.

Apabila anda ingin bangkit dari kondisi tersebut dan melumpuhkan saraf kemalasan maka alangkah lebih baiknya jika anda mengikuti bimbel yang bisa menuntun anda mengatur jadwal belajar anda nantinya. Tentunya pilih sarana bimbingan belajar yang tidak membosankan ya!