Jenis-jenis Domain yang Wajib Anda Ketahui

  • GemaRakyat
  • Jan 27, 2021
Jenis-jenis Domain

Apakah Anda tahu mengenai jenis-jenis domain? Ternyata jenis domain tidak hanya .com saja, meskipun jenis domain tersebut paling populer. Ada beragam jenis domain yang sebaiknya Anda ketahaui. Berikut ulasannya.

TDL (Top Domain Level)

TLD atau Top Domain Level merupakan jenis domain yang paling banyak digunakan. Alasannya adakah, karena domain ini mudah diingat, dan tidak terlalu banyak persyaratan. Domain jenis ini bisa digunakan oleh web organisasi, web pribadi, maupun perusahaan.

Ada beberapa contoh top level domain yang kini banyak digunakan. Diantaranya seperti  .com, .net, dan .web. Domain-domain tersebut tentu sering kali kita jumpai saat browsing di internet.

CCTLD (Country Code Top Level Domain)

Domain jenis ini termasuk dalam jenis-jenis domain yang menggunakan code identitas negara. Berikut ini contoh dari code identitas negara atau country code tersebut.

  • .iD = Negara Indonesia
  • .JP = Negara Jepang
  • .AU = Negera Australia
  • .US = Negara Amerika Serikat

Domain ini tidak hanya bisa digunakan untuk web yang dioperasikan di negara asalnya, namun bisa juga digunakan untuk web yang berasal dari luar negera tersebut. Tujuan menggunakan code indentitas ini adalah untuk menargetkan pasar website mereka. Pengguna website ini juga cukup banyak.

GTLD (Generic Top Level Domain)

Generic Top Level Domain ini adalah domain umum yang bisa digunakan oleh siapa saja. Meskipun pada mulanya domain ini adalah milik AS, namun pada perkembangannya domain bisa digunakan siapa saja, dan syaratnya tidak terlalu rumit.

Jenis domain ini juga cocok untuk Anda yang menyukai domain-domain populer. Akan tetapi, untuk domain-domain seperti .mil atau .edu yang termasuk dalam jenis ini memiliki persyaratan yang cukup sulit.

Sub Domain

Daftar selanjutnya yang akan dibahas dalam jenis-jenis domain kali ini adalah sub domain. Secara sederhana, sub domain ini bisa dipahami sebagai bagian dari domain, atau bisa diibaratkan bagian atau ruangan dari sebuah rumah.

Dalam hal ini terdapat berbagai jenis sub domain. Diantara contohnya sendiri adalah blog, store, news, Event, info, FAQ, contact, promo, katalog, id./.en. Anda bisa memilih penggunaannya sesuai kebutuhan jenis informasi yang akan disebarkan.

Tentukan domain mana yang cocok untuk kebutuhan digital anda. Banyak pilihan, namun domain ekstensi spesifik juga akan memberikan banyak keuntungan untuk usaha online anda.

Related Post :