Home Berita Jika Takut Lawan Luhut, Eggi Sudjana Akan Buat Gerakan Lawan Anies-Sandi

Jika Takut Lawan Luhut, Eggi Sudjana Akan Buat Gerakan Lawan Anies-Sandi

59
Loading...

Gema Rakyat – Eggi Sudjana mendesak agar pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno konsisten dalam janjinya menolak reklamasi teluk Jakarta.

Eggi meminta agar Anies-Sandi menolak dicabutnya moratorium reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta oleh pemerintah pusat oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim Kamis (5/10) yang lalu.

“Saya inget sekali omongan Anies dalam kampanyenya menolak reklamasi nah kalau itu tidak terbukti saya kecam dia saya lawan dia, dan saya akan buat gerakan melawan dia (Anies-Sandi), karena dia enggak konsisten” kata Eggi yang merupakan pendukung Anies-Sandi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/10).

Egi menantang, pasca dilantik sebagai Gubernur Ibu Kota 16 Oktober 2017 besok, pasangan yang didukung koalisi PKS-Gerindra itu berani untuk menentang kebijakan dari Pemerintah Pusat yang mencabut moratorium reklamasi.

“Kita lihat berani gak dia. Makanya saya ingatkan ke Anies, harus lawan itu kalau tidak anda pemimpin yang gak konsisten karena anda sudab ucap. Tapi kalau lihat gelagatnya diam seperti ini, kayanya gak mampu dan takut,” sambung Eggi.

Jelang pelantikan gubernur DKI yang baru, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mencabut penghentian sementara (moratorium) pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Ia membatalkan pembekuan yang diteken menteri terdahulu, Rizal Ramli. Luhut menyebut pencabutan itu dilakukan sejak Kamis (5/10) kemarin.

“Saya sudah tanda tangani (pencabutan moratorium) pada hari Kamis karena semua ketentuan yang berlaku dari semua kementerian dan lembaga yang terlibat itu tidak ada masalah,” kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Senin (9/10/) kemarin.

Luhut mengaku telah mengirimkan surat itu ke Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat disebut Luhut menyampaikan ucapan terima kasih.

“Kan sudah saya kirimkan, Pak Gubernur bilang makasih,” sebut Luhut.

Selain itu, Luhut mengatakan bila tim Anies Baswedan-Sandiaga Uno telah mendatangi kantornya. Dia ingin agar tentang reklamasi tidak dibikin ribut.

“Iya mereka datang kemari, saya sudah jelasin. Nanti Pak Ridwan (Deputi bidang Koordinasi bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman) brief mereka, jadi nggak usah ribut di luar gitu kalau ada yang tidak setuju, beritahu. Kan yang kaji itu kita-kita semua, jadi jangan buat ada yang aneh-aneh,” papar Luhut.

Luhut juga menanggapi pernyataan Anies yang sempat menyatakan tidak akan melanjutkan reklamasi. Menurut Luhut, keputusan pencabutan itu sudah melalui kajian yang benar.

“Nggak ada itu gubernur. Keinginan itu dari atas. Bahwa ini sudah dilakukan kajian dengan benar. Kalau mereka bisa menunjukkan ada yang tidak benar,” kata Luhut.

Namun untuk lengkapnya, Luhut mengaku akan memaparkan secara detail pada minggu depan.

“Saya akan bikin paparan lengkap setelah balik dari Amerika, minggu depan. Silakan mau tanya apa saja dari A sampai Z, silakan tanya,” demikian Luhut.[Gema Rakyat / rmol]

Loading...