Home Berita Jokowi: Lulusan IPB Banyak Jadi Direktur BUMN, yang Jadi Petani Siapa?

Jokowi: Lulusan IPB Banyak Jadi Direktur BUMN, yang Jadi Petani Siapa?

44

Gema Rakyat – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti fenomena lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang banyak berkecimpung dalam direksi dan manajerial BUMN. Lantas, siapa yang akan jadi petani nanti?

Jokowi mengaku mendapat data banyak direksi dan manajerial di BUMN yang merupakan lulusan dari IPB. Namun sayang, dia mengkhawatirkan semakin minimnya jumlah petani di masa datang.

“Saya cek direksi-direksi perbankan, BUMN, itu banyak yang dari IPB, manajer tengah banyak yang dari IPB. Terus yang ingin jadi petani siapa?” kata Jokowi saat memberikan orasi ilmiah di acara Dies Natalis ke-54 IPB di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/9/2017).

Jokowi mengatakan, pertanyaan itulah yang harus dijawab oleh para mahasiswa IPB. Dengan cara mahasiswa lebih fokus agar nilai tukar petani jadi lebih besar. Karena para mahasiswa IPB lah yang bisa menyiapkan hal itu semua.

Loading...

“Ini pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa-mahasiswa. Ya harus saya sampaikan apa adanya, karena itu data yang saya peroleh. Inilah kunci bagaimana nilai tukar petani itu bisa bertambah,” katanya.

“Siapa yang bisa menyiapkan industri benih? Siapa yang bisa menyiapkan aplikasi modern untuk petani? Siapa yang bisa menyiapkan industri pengolahan beras yang modern, dengan packaging yang menarik? Ya saudara-saudara semua,” tambahnya.

Jokowi juga meminta agar civitas akademika IPB bisa mengajarkan petani untuk bisa meningkatkan nilai tukar hasil panen mereka. Dia juga menyarankan agar petani bisa berkorporasi.

“Tidak mungkin nilai tukar petank dan nelayan naik kalau tidak petani dikorporasikan, peternak dikorporasikan, nelayan dikorporasikan,” katanya.

Jokowi pun memberi contoh korporasi petani yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Di sana para petani bisa memanen dan mengemas hasil panen mereka dengan baik dan menarik, sehingga menambahkan nilai jual.

“PT ini memiliki online store, karena packaging-nya sudah baik, jadi sangat gampang sekali menjual online seperti itu. Cara seperti inilah yang harus dilakukan,” katanya.[Gema Rakyat / dtk]

Loading...