Kelebihan dari Web hosting

  • 3 min read
  • Sep 29, 2021
Web hosting

Kelebihan Dari Web hosting- Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana sebuah situs web dapat memberikan atau menampilkan informasi? Informasi mana yang dapat Anda simpan dan dapat ditampilkan kembali. Sekarang semua informasi yang disimpan di tempat khusus disebut server web hosting. Hal ini agar informasi dapat diakses oleh setiap orang yang mencari informasi. bagi anda yang belum mengerti apa itu web hosting dan sejenisnya. Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian web hosting dan Kelebihan web Hosting, berikut fitur dan jenisnya.

Memahami Web hosting

Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang apa itu web hosting? Web hosting adalah sebuah alat teknologi berupa komputer yang terhubung ke internet yang digunakan untuk menyimpan data yang berasal dari sebuah website untuk memudahkan Anda mengaksesnya secara online melalui jaringan internet.

Cara Kerja Web hosting

Bagi Anda yang ingin mengakses sebuah website baik Anda pengguna atau alamat IP atau dengan nama domain, Anda harus melaluinya dari browser protokol HTTP. Hal ini akan membuat jaringan internet akan mengirimkan permintaan untuk mengakses server hosting. Setelah itu server langsung mengirimkan informasi file yang diinginkan melalui internet, kemudian diterjemahkan oleh web browser yang akan menampilkan bentuk tulisan atau gambar.

Jenis Layanan Web hosting

Setelah Anda mengetahui cara kerja web hosting, Anda harus mengetahui jenis layanan web hosting. Jenis web hosting yang pertama adalah shared hosting. Bagi anda yang belum tahu apa itu shared hosting? Shared hosting adalah layanan hosting yang menggunakan layanan server yang dibagikan oleh penggunanya.

Layanan shared hosting terbagi menjadi dua yaitu resource dan kapasitas server yang dilakukan secara bersamaan. Sayangnya pengguna ini memiliki akses yang sangat terbatas untuk masuk ke pengaturan server ini, karena penggunaan pengguna ini telah ditentukan oleh pengelola server.

Keuntungan dari Web Hosting

Hosting merupakan layanan online yang memiliki beberapa jenis hosting dengan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa jenis hosting tersebut juga memiliki keunggulan tersendiri yang tentunya menjadi keunggulan utamanya. Berikut ini adalah beberapa jenis web hosting dan kelebihannya.

Hosting Bersama

Shared Hosting merupakan jenis hosting yang banyak digunakan karena cocok untuk blog atau website sederhana. Dengan menggunakan Shared Hosting, Anda dapat berbagi server dengan klien lain di penyedia hosting yang sama.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Shared Hosting:

  • Harganya murah.
  • Dapat dengan mudah digunakan oleh pemula yang tidak tahu bahasa pemrograman.
  • Server yang telah dikonfigurasi sebelumnya.
  • Panel kontrol yang mudah digunakan.
  • Penyedia hosting akan melakukan pemeliharaan dan administrasi server.

Baca juga: membuat website gratis

Hosting VPS

Seperti Shared Hosting, dengan menggunakan VPS Hosting Anda akan tetap berbagi server dengan pengguna lain. Namun, perbedaan antara VPS Hosting dan Shared Hosting adalah penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian ke server Anda sendiri, sehingga lebih menguntungkan daripada menggunakan Shared Hosting.

Hal ini tentunya sangat cocok jika digunakan bagi Anda yang memiliki website bisnis dengan traffic yang cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa keunggulan VPS Hosting:

  • Tanpa harus membeli, Anda sudah mendapatkan ruang dedicated server.
  • Meningkatkan lalu lintas di situs web lain tidak akan mempengaruhi kinerja situs web Anda.
  • Akses root ke server.
  • Dapat dengan mudah dikelola sendiri.

Hosting Awan

Memiliki kelebihan tanpa downtime tentunya menjadikan Cloud Hosting salah satu jenis hosting yang paling banyak digunakan. Tidak hanya itu, jika ada server cloud yang sibuk atau bermasalah, maka traffic di website Anda akan otomatis dialihkan ke server lain. Hal ini dikarenakan Cloud Hosting menggunakan beberapa server yang tentunya sangat memudahkan Anda dalam mengelola website Anda. Berikut ini adalah beberapa keunggulan lain dari Cloud Hosting:

  • Jika salah satu server error, maka tidak akan mempengaruhi kinerja website.
  • Pembayaran dilakukan sesuai dengan jumlah Cloud yang digunakan.
  • Dibandingkan dengan VPS, Cloud Hosting lebih terukur.

Hosting WordPress

Bagi Anda pengguna WordPress dan ingin menggunakan Shared Hosting, WordPress Hosting merupakan hosting yang cocok untuk Anda gunakan karena memiliki fungsi yang hampir sama.

WordPress Hosting juga sering menyediakan berbagai fitur tambahan, seperti theme, tools, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa keunggulan utama WordPress Hosting:

  • Harganya cukup murah karena memiliki fungsi yang sama dengan Shared Hosting.
  • Cocok untuk pemula.
  • Memiliki kinerja yang baik untuk situs web WordPress

Dengan memahami penjelasan di atas, tentunya Anda sudah bisa menjawab pertanyaan tentang apa itu hosting. Menggunakan web hosting adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja website yang Anda kelola, terutama untuk keperluan bisnis.

Kesimpulannya

Banyak penyedia shared hosting yang memiliki layanan berkualitas dengan akses yang cepat dan stabil. Walaupun menggunakan dedicated server, tidak menjamin Kelebihan Web hosting yang lebih baik jika tidak didukung oleh admin server yang berpengalaman.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan web hosting, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika tidak cukup menggunakan shared hosting silahkan gunakan layanan yang sesuai. Demikian ulasan artikel tentang kelebihan dari web hosting semoga bermanfaat.