Kamu berdomisili di Blitar, Jawa Timur? Ingin melakukan perjalanan wisata ke berbagai daerah, khusus daerah di Bandung? Tapi masih bingung menentukan akomodasi apa yang cocok digunakan sebagai moda transportasi utama menuju Bandung? Kini kamu tak perlu khawatir. Sebab hal tersebut bukanlah sebuah kendala yang cukup berarti lagi.

Pada jaman dulu, mungkin menentukan akomodasi untuk perjalanan jauh, seperti halnya dari Blitar menuju Bandung adalah sesuatu yang cukup sulit ditemukan.  Namun kini, seiring berjalannya waktu banyak hadir berbagai moda transportasi umum yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Bahkan kamu juga bisa dengan mudah menemukan moda transportasi dengan harga terjangkau, tapi diimbangi dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Salah satu moda transportasi yang dimaksud adalah Kereta Api Kahuripan. Dengan naik KA Kahuripan yang super lengkap ini, kamu akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih aman dan nyaman ketika menempuh perjalanan yang cukup panjang itu. Sebab selain fasilitas yang lengkap ( sesuai dengan kelasnya ), kereta api Kahuripan juga memberikan pelayanan yang tak kalah baik, menarik dan yang pasti patut untuk dicoba. Bagaimana? Apakah kamu mulai penasaran dengan moda transportasi satu ini? Untuk mengenal lebih lanjut dengan moda transportasi ini, mari simak beberapa informasi umum mengenai kereta api Kahuripan berikut ini.

Tentang Kereta Kahuripan

Kereta api Kahuripan terkenal sebagai kereta api kelas ekonomi yang dikeluarkan langsung oleh PT KAI ( perusahaan kereta api Indonesia ). Kereta api Kahuripan pun ditugaskan untuk mengawasi daerah operasi VII untuk kawasan Madiun. Sehingga bukan hal yang aneh bila tujuan atau rute utama dari kereta ini adalah perjalanan dari Bandung menuju ke Blitar.

Meskipun kereta api Kahuripan digolongkan ke dalam kereta api jenis ekonomi AC yang ditawarkan dengan harga tiket murah, namun jangan salah dan terkecoh. Hal ini disebabkan kereta api Kahuripan tidak memiliki fasilitas yang murahan seperti harganya. Bahkan dari sisi fasilitas secara umum, kereta api Kahuripan memiliki fasilitas yang bagus dan lengkap. Jadi bukan hal yang aneh bila moda transportasi ini, termasuk ke dalam kategori moda transportasi dengan fasilitas lengkap dan harga yang terjangkau. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh kereta api Kahuripan tersebut, meliputi desain interior gerbong yang nyaman dan bersih, dua buah AC tiap gerbong, toilet di setiap gerbong, serta beberapa fasilitas lain, yang umumnya digunakan oleh kereta api ber-AC lainnya.

Rute Perjalanan Kereta Kahuripan

Kereta api Kahuripan memang memiliki rute utama dari stasiun Bandung ke Blitar ataupun sebaliknya. Dalam satu hari kereta api ini hanya melakukan perjalanan sebanyak satu kali saja. Hal ini dikarenakan untuk sekali perjalanan dari Bandung menuju ke Blitar menggunakan kereta api Kahuripan dibutuhkan waktu selama 14 jam 30 menit ( 14,5 jam ).

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir. Sebab kereta ini, melewati 20 stasiun pemberhentian yang digunakan untuk istirahat. Selain digunakan sebagai tempat pemberhentian sementara, stasiun-stasiun tersebut juga bisa digunakan sebagai titik keberangkatan maupun titik kedatangan. Titik-titik ini pula yang menjadi rute-rute perjalanan yang lebih pendek dari kereta api Kahuripan. Jadi selain rute dari Blitar ke Bandung, ada rute lain yang ditawarkan. Meskipun pada dasarnya rute tersebut, masih masuk ke dalam jadwal dari rute dari Blitar ke Bandung maupun sebaliknya.

Kelebihan Kereta Kahuripan

Setiap moda transportasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dalam kesempatan kali ini, yuk simak beberapa kelebihan dari api Kahuripan yang meliputi :

  1. Menawarkan perjalanan dengan harga terjangkau,
  2. Menyediakan fasilitas terlengkap, sesuai dengan kelasnya,
  3. Memiliki beberapa rute perjalanan pendek yang banyak. Sesuai dengan banyak stasiun pemberhentian yang dilewati serta disinggahi,
  4. Memberikan pelayanan paling baik. Bahkan kru kereta api juga sangat ramah dan sopan, serta
  5. Beberapa kelebihan lainnya.

Itulah beberapa kelebihan dari kereta api Kahuripan. Bagaimana? Tertarikkah kamu untuk mencoba menggunakan kereta api ini, sebagai moda transportasi ketika akan melakukan perjalanan dari Blitar menuju ke Bandung?