Keunggulan Kayu Trembesi dan Karakteristik Kayu Trembesi

  • 2 min read
  • Jul 02, 2020
Keunggulan Kayu Trembesi dan Karakteristik Kayu Trembesi

Apakah Kamu sedang memilih kayu trembesi untuk dijadikan meja? Dan perlu kamu ketahui Kayu trembesi hadir menjadi salah satu pilihan material yang terbaik. Ada banyak keuntungan jika meja di rumah menggunakan kayu ini baik dari sisi tampilan dan juga ketahanannya

Ada beberapa keunggulan dari Meja trembesi selain memperbaiki tampilan yang natural. Pertama produk ini lengkap karena terdiri dari wood filler, wood stain dan juga clear coat. Kedua produk ini terbuat dari bahan dasar air sehingga aman digunakan. Ketiga adalah perlindungan yang maksimal.

Meja dari kayu trembesi yang dilindungi oleh Meja trembesi biasanya akan tahan terhadap serangan, sinar Ultra Violet, rayap dan juga kelembaban yang menyebabkan jamur. Jadi meja pastinya akan bertahan lebih lama dengan tampilan yang tetap natural cerah.

Keunggulan Meja Dari Kayu Trembesi

Apakah Kamu masih ragu menggunakan material kayu trembesi untuk meja trembesi di rumah? Mungkin Kamu belum mengetahui bahwa kayu ini mempunyai beragam keunggulan. Sampai dengan para profesional juga memanfaatkan kayu trembesi sebagai ganti kayu pinus yang kualitasnya lebih buruk.  inilah beberapa keunggulan dari kayu trembesi adalah sebagai berikut:

Seratnya Yang Terlihat Jelas

Kayu trembesi ini sangat mendukung warna kayu yang unik, serat kayu trembesi juga sangat unik mirip seperti kayu jati. Tidak heran jika kayu ini sering disebut sebagai kayu jati muda. Serat kayunya lurus tidak beraturan dan jika dibelah tengah akan terlihat sekali lingkaran kayu.

Jadi banyak sekali orang yang memanfaatkan top table dari kayu trembesi untuk memperlihatkan keindahan seratnya. Kamu bisa dilihat berapa umur dari kayu dengan melihat jumlah lingkaran tahun ini.

Ukurannya Yang Cukup Besar

Kayu trembesi ini bukanlah jenis kayu atau bahan yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan plywood. Dan biasanya kayu trembesi akan dijual utuh dan langsung dibentuk menjadi meja atau kursi demi memperlihatkan keindahan warna dan seratnya. Karena dijual dalam ukuran yang besar, Kamu akan lebih mudah melakukan pembentukan dan berbagai desain bisa diterapkan.

Cukup Keras Namun Mudah Dibentuk

Kayu termasuk dalam golongan kayu keras, tapi tetap mudah untuk dibentuk. Jadi jika Kamu ingin memotong kayu tidak akan cepat menumpulkan pisau pada gergaji. Inilah yang menjadi kelebihan kayu trembesi yang akan mempercepat proses pengolahannya. Sayangnya kelebihan ini tidak bersamaan dengan tingkat keawetan kayu.

Warna Yang Unik

Hal yang unik dari kayu ini bisa dilihat dari warnanya adalah perbedaan dari warna gubal dan terasnya sangat berbeda jauh. Kayu gubal berwarna lebih gelap dari pada bagian terasnya sehingga dapat menciptakan perpaduan warna kontras. Dengan itu penting sekali untuk memberikan warna natural pada kayu ini.

Dua warna sekaligus dalam satu kayu, membuat Kamu mempunyai dua pilihan finishing. Hal pertama harus mempertahankan warna asli. Namun apapun warna yang dipilih, kayu ini tetap akan mempunyai keindahan yang sangat unik.

Karakteristik Kayu Trembesi

Dari tampilannya, kayu trembesi mempunyai bagian tengah yang berwarna gelap seperti cokelat tua dengan sedikit garis hitam. Sementara itu, warna putih gading tampak pada pinggir kayu. Perbedaan warna yang kontras ini membuat orang mudah melihat batasnya.

Dapat dilihat dari beratnya, kayu trembesi sudah setara dengan kayu akasia dan kayu jati. Rata-rata beratnya mencapai 0,6 kg per meter kubik, sehingga ia sudah masuk dalam golongan kayu berat.