Keuntungan Memiliki Deposito Berjangka

  • 2 min read
  • Feb 23, 2021
Keuntungan Memiliki Deposito Berjangka

InvestBro.id telah mempertanyakan eksistensi deposito berjangka kepada milenial. Namun hasilnya nihil, yang mereka tahu bahwa bank hanya penyedia tabungan dan kredit. Padahal bank memiliki banyak produk yang bisa generasi muda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi keuangan.

Deposito dianggap sebagai pilihan investasi konservatif karena dikenakan denda penalti jika melanggar perjanjian. Dalam deposito, Anda menginvestasikan sejumlah uang tetap dengan tingkat bunga tetap. Setelah masa jatuh tempo, Anda menerima jumlah yang disetorkan bersama dengan bunga yang sudah diakumulasi. Berikut yang dipaparkan oleh InvestBro.id tentang Deposito berjangka merupakan pilihan investasi yang disukai karena keuntungan sebagai berikut:

  1. Suku bunga tinggi – Deposito berjangka membantu Anda mendapatkan bunga tinggi atas simpanan uang dibandingkan dengan tabungan sehingga memaksimalkan penghasilan Anda.
  2. Jangka waktu fleksibel – Dengan memilih deposito Anda dapat memilih jangka waktu yang fleksibel. Anda dapat berinvestasi dalam deposito berjangka selama beberapa bulan atau bertahun-tahun sesuai dengan produk investasi yang ditawarkan. Selain itu, jika Anda memilih deposito berjangka yang lebih panjang, Anda dapat memperoleh pengembalian yang lebih tinggi.
  3. Mudah dipahami – Berinvestasi dalam deposito berjangka dan mengoperasikan investasi Anda sangat sederhana dan nyaman. Anda tidak perlu mengetahui seluk-beluk pasar saham untuk mulai berinvestasi dalam deposito berjangka. Apalagi, deposito tidak serumit saham. Maka deposito sangat cocok untuk investasi para pemula.
  4. Pendapatan tetap – Anda dapat yakin tentang pendapatan tetap jika berinvestasi dalam deposito berjangka internasional. Anda dapat memberikan instruksi kepada bank Anda untuk memberikan pembayaran bulanan, tahunan atau di akhir periode jatuh tempo. Anda juga dapat mendepositokan pendapatan deposito berjangka ke rekening lain tanpa menyentuh investasi awal di deposito.
  5. Keamanan dana nasabah – Saat berinvestasi menggunakan deposito berjangka, dana Anda aman di bank. Anda tidak perlu khawatir tentang fluktuasi pasar atau tingkat suku bunga. Tingkat bunga deposito berjangka tetap sama selama tenor. Anda tidak perlu memeriksa volatilitas pasar.
  6. Penarikan yang mudah – Mungkin ada situasi ketika Anda sangat membutuhkan dana saat masa darurat. Bahkan jika Anda menginvestasikan semua tabungan Anda dalam deposito berjangka, Anda dapat melikuidasi kapanpun Anda mau. Namun, Anda mungkin harus membayar sejumlah kecil denda jika Anda melakukan penarikan sebelum waktunya.
  7. Menimbun banyak setoran – Anda dapat memiliki berbagai setoran berjangka untuk berbagai tujuan keuangan Anda. Bank mengizinkan Anda untuk membuka deposito berjangka yang berbeda dengan jangka waktu dan jumlah deposito yang berbeda-beda. Dengan pengaturan seperti itu, Anda menerima jumlah bunga sesuai dengan tingkat suku bunga yang berbeda pada periode waktu yang berbeda.
  8. Cara mudah untuk mulai menabung – Menyimpan uang dalam bentuk deposito menanamkan kebiasaan menabung dalam diri Anda. Di tengah kesibukan berbelanja, rencana perjalanan, dan pesta, Anda juga menyimpan sebagian kecil dari penghasilan Anda untuk masa depan. Deposito membantu Anda mengelola uang dengan lebih baik sekaligus memberikan media yang nyaman untuk menyimpan dana Anda.
  9. Pembayaran bunga fleksibel – Deposito memungkinkan Anda untuk memilih waktu pembayaran bunga. Anda dapat memilih untuk menerima jumlah bunga pada akhir periode jatuh tempo atau tahunan atau bulanan. Ketika Anda memilih pembayaran bunga bulanan atas deposito berjangka, Anda bisa yakin di kemudian hari bahwa akan ada bonus menanti setelah jangka waktu selesai.
  10. Tidak ada biaya layanan – Deposito berjangka adalah investasi tidak terlalu ribet. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun atau memeriksa simpanan Anda saat berinvestasi dalam deposito tetap.