Home Dunia Islam Inilah 4 Keutamaan Ayat Kursi

Inilah 4 Keutamaan Ayat Kursi

53
keutamaan ayat kursi

Ayat kursi ini mempunyai kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dijelaskan kalau ia adalah ayat teragung yang ada dalam Al-Quran

Hadist Mengenai Ayat Kursi Hadis Mengenai Ayat Kursi Ke Utamaan Ayat Kursi Kelebihan Ayat Kursi Hadis Ayat Kursi

Ayat kursi yaitu ayat yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 255 :

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ لَا تَأخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَومٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرضِ مَن ذَا الَّذِي يَشفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذنِهِ يَعلَمُ مَا بَينَ أَيدِيهِم وَمَا خَلفَهُم وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيءٍ مِن عِلمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفظُهُمَا وَهُوَ العَلِيُّ العَظِيمُ

Loading...

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) tetapi Dia Yang Hidup abadi sekali lagi terus menerus mengurusi (makhluk-Nya) ; tidak mengantuk serta tidak tidur. Milik-Nya apa yang di langit serta di bumi. Tidak ada yang bisa berikan syafa’at di bagian Allah tanpa izin-Nya? Allah ketahui apa-apa yang dihadapan mereka serta di belakang mereka, serta mereka tidak ketahui apa-apa dari pengetahuan Allah tetapi apa yang diinginkan-Nya. Kursi Allah mencakup langit serta bumi. Serta Allah tidak terasa berat pelihara keduanya, serta Allah Maha Tinggi sekali lagi Maha Besar“

Di dalamnya ada pemaparan 3 jenis tauhid : tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, serta tauhid nama serta sifat Allah.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menerangkan, “ayat kursi ini mempunyai kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dijelaskan kalau ia adalah ayat teragung yang ada dalam Al-Quran” (Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim).

Banyak keutamaan dari ayat kursi, berikut beberapa keutamaannya:

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran

Seperti yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah? ” Ubay menjawab, “Ayat kursi. ” beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay lantas berkata, “Wahai Abu Mundzir, mudah-mudahan engkau berbahagia dengan pengetahuan yang engkau punyai. ” (HR. Muslim).

Keutamaan ayat kursi menjadi ayat yang paling agung karna di dalamnya ada nama Allah yang paling agung, yakni Al Hayyu serta Al Qayyum. Tetapi ulama berselisih pendapat manakah nama Allah yang paling agung.

2. Keagungannya Lebih dari Langit serta Bumi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah membuat langit serta bumi lebih dari agungnya Ayat Kursi (karna didalam ayat itu sudah meliputi Nama serta Sifat Allah) ”

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi adalah (satu diantara) kalamullah (pengucapan Allah), sedang kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berbentuk langit serta bumi” (HR. At-Tirmidzi)

3. Salah Satu Bacaan Dzikir Saat sebelum Tidur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari), bacalah Ayat Kursi, pasti Allah juga akan selalu menjagamu serta setan tidak juga akan mendekatimu sampai saat pagi” (HR. Al-Bukhari).

Keutamaan ayat kursi selanjutnya yaitu menjadi dzikir teratur yang di baca saat akan tidur. Tidak hanya itu, ayat kursi termasuk juga bacaan dzikir pagi serta petang.

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi sesudah usai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga terkecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Beberapa hadits diatas menunjukkan keutamaan Ayat Kursi. Jika kita merutinkannya, kita juga akan mendapat keutamaan yang amat banyak. Sebaiknya tiap muslim semangat untuk hal yang berguna untuk dirinya, terkhusus untuk akhiratnya.

Ayat Kursi sendiri tidaklah ayat yang panjang serta susah untuk dihapal. Mudah-mudahan Allah mudahkan kita untuk mengamalkannya. Wallahul Muwaffiq.

 

Loading...