Home Dunia Islam Inilah 3 Keutamaan Bulan Rajab

Inilah 3 Keutamaan Bulan Rajab

50

Keutamaan bulan rajab. Salah-satu bulan dalam penanggaan islam adalah bulan rajab. Bulan ini begitu dinanti nanti karena banyak keistimewa yang terkandung di dalamnya. Dari namanya saja, Rajab yaitu bulan yang layak dihormati serta dimuliakan. Ibnu Katsir menjelaskan dalam Tafsir Al Qur’an Al ‘Adhim kalau Rajab datang dari tarjib yang berarti menghormat.

Berikut adalah keutamaan bulan rajab :

1. Bulan Haram

Keutamaan Bulan Rajab adalah salah satu bulan dari empat bulan haram (arba’atun hurum). Karena itu bulan Rajab jadi istimewa dibanding bulan-bulan yang lain.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثنَا عَشَرَ شَهرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَومَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرضَ مِنهَا أَربَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ القَيِّمُ فَلَا تَظلِمُوا فِيهِنَّ أَنفُسَكُم

“Sesungguhnya bilangan bulan di bagian Allah itu ada 12 bulan. Semuanya dalam ketentuan Allah di hari Dia membuat langit serta bumi. Diantara (12 bulan) itu ada empat bulan haram. Begitulah (ketentuan) agama yang lurus, jangan sampai anda menzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu…” (QS. At Taubah : 36)

Loading...

Saat menerangkan ayat ini, Ibnu Katsir menyebutkan kalau sangsi melakukan perbuatan dosa di bulan-bulan haram jauh lebih berat dibanding bulan-bulan yang lain, tidak hanya bulan suci Ramadhan. Demikian sebaliknya, amal shalih di bulan-bulan haram pahalanya semakin besar dibanding di bulan yang lain, terkecuali Ramadhan.

“Sesungguhnya melakukan perbuatan zalim di bulan-bulan haram, dosa serta sanksinya jauh semakin besar dibanding lakukan perbuatan zalim di bulan-bulan yang lain, ” kata Ibnu Abbas yang diambil Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

“Amal shalih di bulan haram pahalanya semakin besar, serta kezaliman di bulan ini dosanya juga semakin besar di banding di bulan-bulan yang lain, meski kezaliman di tiap kondisi tetap besar dosanya. ”

Walau diterangkan amal shalih di bulan Rajab semakin besar pahalanya, tidak ada amal spesial di bulan Rajab ini. Baik berbentuk mandi awal Rajab, shalat malam ataupun puasa yang dikhususkan pada tanggal-tanggal spesifik.

2. Bulan yang Dekat dengan Ramadhan

Keutamaan bulan Rajab yaitu bulan yang dekat dengan bulan Ramadhan. Pada Rajab serta Ramadhan cuma dipisahkan dengan Sya’ban. Diantara rutinitas beberapa ulama, mereka mempersiapkan diri menyongsong bulan Ramadhan mulai sejak bulan Rajab. Hal semacam ini dapat diliat dari doa yang amat popular :

اَللَّهُمَّ بَارِك لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعبَانَ وَ بَلِغنَا رَمَضَانَ

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab serta Sya’ban, dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”

Doa itu juga terdaftar dalam kisah Al-Baihaqi serta Thabrani, namun derajatnya dhaif menurut Syaikh Al Albani. Tetapi, ada pula doa semacam dengan matan berlainan dalam kisah Ahmad.

اللَّهُمَّ بَارِك لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعبَانَ وَبَارِك لَنَا فِى رَمَضَانَ

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab serta Sya’ban, dan berkahilah kami dalam bulan Ramadhan” (HR. Ahmad)

Bila satu hadits di ketahui dhaif, tidak bisa dipercaya jadi sabda Rasulullah. Tetapi, bisa saja berdoa dengan doa dalam beragam bhs. Serta banyak ulama yang membaca doa itu. Jadi permintaan pada Allah supaya diberkahi di bulan Rajab, Sya’ban serta dipertemukan dengan bulan Ramadhan.

3. Bulan Isra’ Mi’raj

Meski masih tetap diperselisihkan oleh beberapa ulama, termasuk juga Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfury dalam Ar Rahiqul Makhtum, 27 Rajab dipercaya jadi tanggal terjadinya Isra’ Mi’raj, terlebih oleh beberapa ulama di Indonesia. Isra’ Mi’raj yaitu perjalanan mengagumkan yang lewat momen itu Rasulullah mendapat perintah shalat lima saat. Bila perintah yang beda di turunkan pada Rasulullah lewat malaikat Jibril, spesial untuk shalat lima saat ini, Rasulullah ‘dipanggil’ langsung oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

sepatutnya, di bulan Rajab ini kita melakukan perbaikan mutu shalat kita serta kemudian kita melakukan perbaikan kualitas jiwa dengan puasa wajib di bulan Ramadhan. Karena banyak keutamaan-keutamaan dalan bulan rajab. Wallahu a’lam bish shawab.

Loading...