Home Dunia Islam 9 Keutamaan Bulan Ramadhan

9 Keutamaan Bulan Ramadhan

63
keutamaan bulan ramadhan
Loading...

Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan bulan ramadhan adalah  adanya malam Lailatul Qodar. Bulan ramadhan adalah bulan ke-9 pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh kaum muslim serta banyak yang mengatakan bulan seribu bulan. Dan khusus di bulan Ramadhan amal kebaikan kaum muslim akan dibalas dengan barokah pahala yang berlipat-lipat? Bahkan apabila kita melakukan puasa dengan sempurna, saat hari lebaran datang, kita juga akan bersih dari dosa seperti seseorang bayi yang baru lahir kembali. Tidak hanya hal itu, ada beberapa hal-hal lain yang butuh Anda pahami kenapa bulan Ramadhan jadi bulan yang demikian istimewa untuk kaum muslim. Berikut adalah beberapa Keutamaan bulan ramadhan:

Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Ramadhan Bulan Di turunkannya Al-Qur’an

Keutamaan Bulan Ramadhan yang pertama adalah syahrul Quran (bulan Al-Quran). Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan serta keutamaan bulan Ramadhan. Allah Swt berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya :
“Bulan Ramadhan yaitu (bulan) yang didalamnya di turunkan Al-Quran, sebagai panduan bagi manusia serta penjelasan-penjelasan panduan tersebut serta pembeda (antara yang benar dan yang batil). ” (QS. Al-Baqarah : 185).

Di ayat lain Allah Swt berfirman yang artinya :
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam qadar” (QS. Al-Qadar : 1).

Dan banyak ayat yang lain yang menjelaskan bahwa Al-Quran di turunkan pada bulan Ramadhan. Itu sebabnya bulan Ramadhan dijuluki dengan nama syahrul quran (bulanAl-Quran).

2. Bulan Penuh Keberkahan

Bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang berarti :
”Sungguh telah datang pada kalian bulan yang penuh barokah. Pada bulan ini diwajibkan puasa pada kalian.. ” (HR. Ahmad, An-Nasa’i serta Al-Baihaqi).
Dan setiap ibadah yang dikerjakan di bulan Ramadhan, Allah akan melipat gandakan pahalanya.

Dan didalam bulan penuh dengan kemuliaan dan keberkahan ini, tidak hanya keberkahan didalam memetik pahala, tetapi banyak keberkahan yang lain.

3. Malam Lailatul Qodar

Keutamaan Bulan Rahmadhan salah satunya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan satu diantara malam pada malam-malam paling akhir serta ganjil di bulan ramadhan yakni malam lailatul qodar. Pada bulan ramadhan ada sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni lailatul qadar (malam kemuliaan). Saat malam inilah, yaitu 10 hari paling akhir di bulan Ramadhan yaitu ketika di turunkannya Al-Qur’anul Karim.
Sesuai firman Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an surat Al-Qadr ayat 1 sampai 3 yang berarti :
”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Serta tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. ” (QS. AlQadr : 1-3).

4. Bulan Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa

Keutamaan Bulan Ramadhan berikutnya yaitu menjadi sarana penghilangan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi saw bersabda yang berarti :
”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat serta Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa diantara masa-masa itu sepanjang dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Melalui beragam kegiatan ibadah di bulan Ramadhan Allah Swt menghapuskan dosa kita. Salah satunya yaitu puasa Ramadhan, seperti sabda Nabi Saw yang berarti :
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karna penuh keimanan serta mengharap pahala dari Allah Swt, diampuni dosa-dosanya yang sudah lalu”. (HR. Bukhari serta Muslim).

Begitu pula dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir serta tahajud) pada bulan Ramadhan bisa menghapus dosa yang sudah lalu, seperti sabda Nabi SAW yang berarti :
“Barangsiapa yang berpuasa yang lakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan serta mengharap pahala dari Allah Swt, pasti diampuni dosa-dosanya yang sudah kemarin. ” (HR. BukharidanMuslim).

5. Ramadhan Pintu Surga Di buka Pintu Neraka Ditutup

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya yaitu terbukanya pintu-pintu surga serta ditutupnya pintu-pintu neraka dan syaithan-syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta’ala sudah memberi peluang kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan beribadah serta amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan.

6. Dilipat Gandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan

Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda :
“ pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala beribadah haji “ (diriwayatkan oleh Bukhari serta Muslim), Dalam kisah Muslim dijelaskan “…….. menyamai pahala ibadah haji bersamaku “

Ibnu Rajab rahimahullah berkata (Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan kalau banyak guru – gurunya yang berkata : jika sudah dating bulan Ramadhan perbanyaklah berinfaq, karna infaq pada bulan Ramadhan dilipat gandakan seperti infaq fi sabilillah, serta tasbih pada bulan Ramadhan lebih paling utama dari pada tasbih di bulan yang beda)

7. Disyareatkannya I’tikaf Di Bulan Ramadhan

“ Dihalalkan untuk anda saat malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri anda ; mereka yaitu pakaian bagimu, serta kamupun yaitu baju untuk mereka. Allah ketahui sebenarnya anda tidak bisa menahan nafsumu, karenanya Allah mengampuni anda serta berikan ma’af padamu. saat ini campurilah mereka serta ikutilah apa yang sudah diputuskan Allah untukmu, serta Makan minumlah sampai jelas bagimu benang putih dari benang hitam, Yakni fajar. lantas sempurnakanlah puasa itu hingga (datang) malam, (namun) jangan sampai anda campuri mereka itu, tengah anda beri’tikaf dalam mesjid. Begitulah larangan Allah, jangan sampai anda mendekatinya. Sekianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya pada manusia, agar mereka bertakwa “ (Al Baqarah : 187)

Anas radhiallahu anhu berkata :
“ yaitu Nabi shallallahu alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari paling akhir dari bulan Ramadhan, hingga beliau meninggal dunia, lantas istri – istri beliau juga beri’tikaf sesudahnya “ (diriwayatkan oleh Bukhari serta Muslim)

8. Puasa Ramadhan Salah Satu Sebab Masuk Surga

Pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ada dua orang dari bani Qudha’ah yang masuk islam, lantas salah seseorang dari mereka mati syahid, lalu yang satunya meninggal dunia setahun kemudian, salah seseorang teman dekat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : saya punya mimpi lihat surga, lantas saya lihat orang yang meninggal dunia satu tahun lantas itu masuk surga saat sebelum orang yang mati syahid, akupun terheran – heran, ketika pagi hari aku memberitahu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

“ tidakkah kemudian (kurun waktu satu tahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat? “ (diriwayatkan oleh Ahmad serta dishahihkan oleh Albani)

9. Bulan Ramadhan Bulan Ibadah Dan Amal Kebaikan

Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda :
“ barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman serta mengharap pahala juga akan diampuni dosa – dosanya yang sudah lantas “ (diriwayatkan oleh Bukhari serta Muslim)

Berikut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, jika sudah masuk sepuluh hari paling akhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan sarung beliau, menghidupkan malam Ramadhan, serta membangunkan keluarganya.

Demikianlah keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan, tentunya kita jadi semakin semangat untuk menjalankan ibadah serta selalu melakukan perbuatan kebaikan pada sesama.

Loading...