Home Dunia Islam 8 Keutamaan Shalat Tarawih

8 Keutamaan Shalat Tarawih

44
keutamaan shalat tarawih
Loading...

Shalat tarawih yaitu shalat sunnah yang dikerjakan pada bulan ramadhan. Seperti kita pahami kalau bulan ramadhan yaitu bulan yang penih barokah serta ditunggu oleh seluruh kaum muslim didunia karna keistimewaannya (baca kelebihan ramadhan). Dengan melakukan puasa ramadhan serta shalat tarawih kita bisa peroleh banyak khasiat serta keutamaan (baca puasa ramadhan serta fadhilahnya, serta keutamaan shalat tarawih). Shalat tarawih yang dikerjakan saat malam ramadhan mempunyai fadhilah yang berlainan disetiap malamnya serta Allah juga akan memberi pahala yang berlipat-lipat pastinya untuk hambanya yang melakukan shalat tarawih dengan rajin serta ikhlas.

Shalat tarawih berjamaah sesungguhnya diawali pada jaman Rasulullah. Saat malam bulan ramadhan, Rasul mendatangi masjid serta melakukan shalat malam serta hal semacam ini dibarengi oleh beberapa shabat. Makin lama makin banyak teman dekat yang mau ikuti shalat malam di masjid dengan Rasul sampai suatu malam Rasul tidaak datang ke masjid serta pada esok harinya beliau bersabda kalau beliau takut umatnya juga akan menduga kalau shalat tarawih hukumnya harus walau sebenarnya seperti di ketahui shalat tarawih dikelompokkan jadi shalat sunnah

hal semacam ini dikuatkan oleh hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari serta Muslim, kalau Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya saya saksikan apa yang kalian perbuat barusan malam. Namun saya tidak datang ke masjid karna saya takut sekali bila shalat ini diharuskan pada kalian’. Siti ‘Aisyah berkata : ‘Hal itu terjadi pada bulan Ramadhan’, ” (HR. Bukhari serta Muslim)

Keutamaan Shalat Tarawih Berjamaah

Shalat tarawih bisa dikerjakan secara berjamaah ataupun sendirian. Meski begitu shalat tarawih berjamaah mempunyai beberapa keutaman shalat tarawih yang perlu untuk diketahui. Salah satunya yaitu :

1. Mendapatkan pahala sholat semalam suntuk

Pahala shalat tarawih berjamaah dengan imam sama juga dengan pahala shalat semalam jemu. Hal semacam ini sesuai sama hadits Rasulullah SAW berikut ini ini

إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَن صَرِفَ حُسِبَ لَهُ بَقِيَّةُ لَي لَتِهِ

“Sesungguhnya bila seorang shalat dengan imam sampai imam usai, ia dihitung mendapat pahala shalat di sisa malamnya. ” (HR. Ahmad)

Dan dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini ini :

إِنَّهُ مَن قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَن صَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَي لَةٍ

“Sesungguhnya siapapun yang shalat dengan imam sampai imam itu usai, ia dicatat sudah kerjakan shalat semalam jemu (semalam penuh). ” (HR. Tirmidzi)

2. Memperoleh pahala shalat berjamaah

Shalat berjamaah yang dikerjakan dimasjid pahalanya dua puluh tujuh derajat dari pada shalat sendirian. Hal semacam ini sama dengan harus shalat berjamaah seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini ini :

حَدَّثَنَا عَب دُ اللَّهِ ب نُ يُوسُفَ قَالَ أَخ بَرَنَا مَالِكٌ عَن نَافِعٍ عَن عَبدِ اللَّهِ بنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ

“Sholat berjamaah lebih paling utama dibanding sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat. ” (H. R. Bukhari)

3. Tingkatkan bersilahturahmi serta ukhuwah islamiyah

Shalat tarawih mempunyai banyak khasiat (baca khasiat shalat tarawih) serta keutamaah salah satunya yaitu tingkatkan bersilahturahmi serta ukhuwah islamiyah di antara kaum muslim. Kaum muslim yang pergi ke masjid serta menunaikan shalat tarawih berjamaah dapat berjumpa dengan sanak saudaranya atau tetangga serta hal semacam ini dapat mmeperkuat rasa persaudaraan serta ukhuwah islamiyah. Seperti kita pahami kalau bersilahturahmi mempunyai banyak keutamaan (baca keutamaan menyambung tali bersilahturahmi) serta diterangkan dalam hadits berikut ini ini :

لَيسَ الوَاصِلُ بِالمُكَافِئِ ، وَلَكِنِ الوَاصِلُ الَّذِى إِذَا قَطَعَت رَحِمُهُ وَصَلَهَا

”Seorang yang menyambung silahturahmi tidaklah seseorang yang membalas kebaikan seseorang dengan kebaikan seumpama. Walau demikian seseorang yang menyambung silahturahmi yaitu orang yang berupaya kembali menyambung bersilahturahmi sesudah di awal ditetapkan oleh pihak beda. ” (HR. Bukhari)

4. Tingkatkan rasa cinta pada masjid

Satu diantara langkah untuk memupuk rasa cinta pada masjid yaitu dengan melakukan shalat berjamaah di masjid termasuk juga melakukan shalat tarawih berjamaah.

Shalat tarawih berjamaah juga akan buat kita terasa tenang ada dalam masjid serta mempunyai argumen untk seringkali berkunjung ke masjid terlebih pada bulan ramadhan. Orang yang suka berkunjung ke masjid dalah satu diantara kelompok yang juga akan dilindungi pada hari kiamat nantinya. Hal semacam ini sesuai sama hadits berikut ini ini :

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحيَى عَن عُبَيدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي خُبَيبُ بنُ عَبدِ الرَّحمَنِ عَن حَفصِ بنِ عَاصِمٍ عَن أَبِي هُرَيرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ عَن النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبعَةٌ يُظِلُّهُم اللَّهُ تَعَالَى فِي ظِلِّهِ يَومَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ إِمَامٌ عَدلٌ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّهِ وَرَجُلٌ قَلبُهُ مُعَلَّقٌ فِي المَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجتَمَعَا عَلَيهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيهِ وَرَجُلٌ دَعَتهُ امرَأَةٌ ذَاتُ مَنصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخفَاهَا حَتَّى لَا تَعلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنفِقُ يَمِينُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَت عَي نَاهُ

“Ada tujuh (kelompok orang beriman) yang juga akan memperoleh naungan (perlindungan) dari Allah dibawah naungan-Nya (pada hari kiamat) yang saat tidak ada naungan, terkecuali naungan-Nya. Mereka, yakni pemimpin yang adil, seseorang pemuda yang menyibukkan dirinya dengan beribadah pada Rabb-nya, seseorang lelaki yang hatinya terpaut dengan masjid, dua orang lelaki yang sama-sama menyukai karna Allah, keduanya berjumpa karna Allah serta berpisah karna Allah, seseorang lelaki yang di ajak melakukan perbuatan maksiat oleh seseorang wanita kaya sekali lagi cantik lantas dia berkata, ‘Aku takut pada Allah, ’ seseorang yang bersedekah dengan sembunyikannya sampai tangan kirinya tidak ketahui suatu hal yang diinfakkan oleh tangan kanannya, serta seseorang lelaki yang berzikir pada Allah dengan mengasingkan diri sendirian sampai ke-2 matanya basah karna menangis. ” (H. R Bukhari)

5. Mendapat pahala jalan ke masjid

Mendapat pahala dengan jalan menuju masjid. Tidak cuma pahala shalatnya saja yang juga akan didapat orang yang melakukan beribadah shalat tarawih tetapi jalan menuju masjid juga juga akan diberi pahala yang besar serta di beri keutamaan di hari kiamat seperti hadits berikut ini ini

“Berilah berita senang pada beberapa orang yang ‘berjalan’ didalam kegelapan malam menuju masjid dengan sinar yang juga akan diperolehnya pada hari kiamat. ” (Shahih HR. Abu Daud serta Tirmidzi)

“Barangsiapa bersuci di tempat tinggalnya lantas pergi ke masjid untuk menunaikan solat yang sudah Allah wajibkan padanya, tiap langkahnya menghapus satu dosa serta langkah yang satunya mengangkat satu tingkat derajatnya. ” (HR. Muslim)

6. Sebagai sarana pembelajaran

Shalat tarawih berjamaah tidak hanya dapat tingkatkan ukhuwah islamiyaj dapat juga jadi arena evaluasi terlebih untuk beberapa pemuda. Sesudah shalat tarawih, imam atau khatib dapat mengemukakan ceramah yang berisikan siraman rohani ataupun informasi islami yang berguna.

7. Meramaikan Ramadhan

Shalat tarawih berjamaah juga akan menaikkan riang situasi bulan ramadhan serta buat bulan ramadhan berlainan dengan bulan-bulan yang lain. Pada bulan ramadhan umat islam baik tua ataupun muda bahkan juga anak-anak dapat mendatangi masjid serta menunaikan shalat bersama dan lakukan aktivitas positif selanjutnya.

8. Menyehatkan jasmani serta rohani

Shalat tarawih berjamaah dapat buat tubuh sehat serta tingkatkan stamina di bulan ramadhan. Hal semacam ini karena pada ketika melakukan shalat tarawih tubuh seperti tengah olahraga serta dampaknya sama dengan lakukan latihan berolahraga enteng yang lain.

Demikianlah keutamaan shalat tarawih berjamaah yang dapat kita pahami serta pastinya dapat kita peroleh apabila kita melakukannya di bulan ramadhan. Mudah-mudahan berguna.

Loading...